Jenis Jeram Di Dunia Rafting

Jenis Jeram Di Dunia Rafting

NIKEKUKO.COM - Ketika melakukan Arung Jeram pasti banyak sekali sungai yang memiliki jeram dengan tingkat kesulitan sendiri. Pada dunia arung jeram terdapat berbagai macam jeram mulai dari Drop, Double Drop, Undercut dan lain-lain. Pada saat ini kita akan belajar tentang macam-macam jeram di dunia rafting.

1. Drop

Jenis ini, Drop merupakan jeram yang terbentuk akibat terjadinya penggerusan dasar sungai yang akan membentuk seperti tangga menurun pada dasar sungai. Apa bila tinggi penggerusan berbeda dan terlalu besar akan membentuk seperti air terjun kecil atau biasa disebut hidrolik. Keadaan ini jika terjadi akan berbahaya karena akan menyedot dan menarik perahu kalian, karena tekanan yang besar ke dasar sungai.

2. Double Drop


Sedangkan Double Drop merupakan arus sungai yang arusnya bisa melampaui dan melewati batu besar yang membentuk terjunan yang besar secara berurutan. Apa bila kalian melewati tipe jeram ini bisa menyebabkan perahu tertarik dan bisa maju kecuali kalian mendayungnya dengan sekuat tenaga.

3. Undercut

Pada jenis, Undercut merupakan arus memotong yang berbahaya dan ditakuti oleh para rafter, karena banyak yang berpendapat jika sudah masuk ke arus itu tidak akan bisa keluar. Sedangkan, Jeram yang bertipe undercut memang jaram ditemui disungai. Pada arus undercut  kelihatan seperti pusaran air yang pelan, tetapi pusaran dibagian dalam sangatlah. Agar bisa keluar dari arus itu gunakan teknik renang hole atau bola.

4. Edi/ Edies

Padda jenis, Edi atau Edies merupakan kondisi air yang tenang di pinggir sungai, terbentuk karena sungai berbelok dan ada bebatuan besar. Kondisi bebatuan itu mencegah arus sungai yang besar masuk sehingga bisa membuat airnya tenang. Umumnya Edies digunakan sebagai parkir boat dan juga sebagai tempat kita istirahat ketika hanyut dengan memegang sesuatu yang ada disekitar edies.