Manfaat Cobek Batu Gunung Merapi bagi kesehatan

cobekan batu merapi
Cobek Batu Gunung Merapi


Para pencinta kuliner dengan cita rasa pedas sudah sangat faham dengan ragam menu sambal. Cukup dirasa dengan lidah terasa perbedaan akan rasa nikmat pedasnya,  meskipun racikannya terlihat sama namun rasanya dapat dibedakan. Hal ini pasti ada cobek yang menjadi kunci rahasianya. Sebab, cobek memiliki fungsi untuk menghaluskan cabai dan bumbu yang menjadi bahan utama pembuat sambal yang enak.


Namun tahukah anda apa itu cobek? Cobek merupakan alat yang terdiri atas dua bagian yang tak terpisahkan, cobek yang berbentuk pipih sedikit cekung serta lebar yang disebut wadah/cobek, wadah ini berguna untuk meletakan bahan-bahan yang akan dihaluskan. Sedangkan untuk menghaluskannya digunakan Ulekan atau anak batu, atau munthu. Kali ini kita membahas khusus cobek batu.


Cobek Batu ada beberapa macam jenis dan tipenya, kali ini kita memperkenalkan cobek batu berasal dari daerah sekitar gunung Merapi Jawa Tengah yang berbatasan dengan D.I.Y, Desidede (Distributor cobek batu gunung Merapi) mengatakan bahwa, dari beragam jenis cobek, ada salah satu cobek yang diyakini memiliki keunggulan dalam membuat bahan makanan, yakni cobek batu alam Gunung Merapi.


 

cobek batu merapi
Pengrajin Cobek Batu Merapi


Tentunya cobek batu memiliki manfaat dan keunggulan tersendiri dibanding dengan jenis cobek lainnya, yakni memiliki kualitas yang kuat, tahan lama dan tidak mudah rontok, sehingga bahan makanan yang dihaluskan tidak akan tercampur dengan serpihan batu (berpasir) dari cobek tersebut dan cobek asal Gunung Merapi terkenal sebagai cobek yang berkualitas tinggi.

Tak hanya itu, cobek batu juga telah dikenal handal dalam proses menghancurkan/ menghaluskan bahan makanan, seperti racikan bumbu, cabai, bawang, yang menjadi dasar pembuatan sambal. Jadi cobek batu ini memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan peralatan modern, yakni cita rasa tinggi yang berbeda hingga terapi kesehatan. Pasalnya, alat tradisional berpori-pori tersebut sebenarnya memberikan manfaat tersendiri buat kesehatan. Tak percaya? Coba simak dulu penjelasannya di bawah ini, ya!

Sumber foto Desidede

Manfaat Kesehatan  dalam Pemakaian Cobek Batu Gunung Merapi


Walaupun alat yang satu ini super jadul dan berat, ada beberapa pertimbangan yang bisa membuat Anda mempertahankan si cobek batu. Di antaranya:
 

Masakan Lebih Enak, Hati Lebih Happy!
 

Konsep menumbuk dan mengulek dengan cobek batu berbeda dengan food processor alias blender bumbu.  Ketika mengulek, Anda menekan rempah dan bahan hingga hancur (gepeng) dan mengeluarkan  sari patih minyak alaminya. Makin banyak yang dilumatkan, makin banyak pula minyak alami yang dihasilkan. Berbeda dengan konsep food processor. Mata pisaunya akan memotong-motong bahan hingga sekecil mungkin. Sari patih yang dihasilkan pun tidak terlalu banyak (cenderung lebih kering).  Selain itu, dilansir dari The Health Site, pergerakan blender elektrik akan menyalurkan panas pada bahan yang diolah.  Alhasil, proses tersebut akan sedikit mengubah cita rasa. Misalnya saat membuat bahan halus dari jahe dan bawang putih. Panas yang dihasilkan justru membuat rasa bawang putih sedikit pahit. Itulah kenapa, sebagian orang berpendapat masak pakai alu dan cobek batu bikin makanan lebih lezat dibanding pakai alat elektrik.

 

Melenturkan Otot Pergelangan Tangan

 

Anda tak perlu beli dumbel kalau mau mengencangkan dan menguatkan otot lengan. Lebih rajinlah membantu keluarga untuk memasak di dapur, khususnya ketika ada bagian tugas mengulek racikan dengan cobek batu!

Kalau otot lengan kanan sudah lebih oke, tangan Anda pun jadi lebih kuat saat membawa barang berat. Yang penting, meski bisa menguatkan otot lengan, namun hindari mengulek secara berlebihan, ya. Sebab, dr. Devia Irine Putri mengatakan, “Terlalu sering mengulek juga bisa menyebabkan carpal tunnel syndrome. Gejalanya adalah kesemutan, nyeri, bahkan mati rasa pada tangan dan jari Anda. ”Jika sindrom tersebut terlanjur terjadi, maka tangan harus diistirahatkan. Bila perlu, gunakan penyangga pada pergelangan tangan.  

Menghilangkan Stres dan Menyalurkan Emosi Negatif


 

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, manfaat cobek batu tak cuma dirasakan ke fisik, melainkan ke psikis juga. 

“Selain bisa membantu menghilangkan stres, masak pakai cobek batu juga bisa menyalurkan emosi negatif, misalnya amarah,” jelasnya. Psikolog Ikhsan menambahkan, “Dalam proses mengulek atau menumbuk, ada energi dan emosi yang tersalurkan dari tubuh ke objek yang ada. Jadi, emosi yang ada tidak terpendam atau tersimpan di tubuh kita.”
 


Jadi, itu dia tiga manfaat masak pakai cobek batu untuk kesehatan. Untuk mengetahui tips masak sehat lainnya, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

Bagi Anda yang berdomisili di kota Rejang Lebong dan sekitarnya yang ingin memiliki  cobekan batu yang berkualitas, tidak perlu repot untuk pergi ke Gunung Merapi,. cukup kunjungi Desidede , yang beralamatkan di Jl. Thambrin, depan Mesjid Darussalam Kel. Air Rambai Curup Kab, Rejang Lebong atau bisa langsung Chat via WA 0853-8329-8778, kisaran harga sangat terjangkau mulai dari 75K hingga 600K (bagi yang di luar kota Ongkir di sesuaikan ya,.)