5 Tips dalam Olahraga Arung Jeram

5 Tips dalam Olahraga Arung Jeram
gambar ilustrasi olahraga arung jeram

NIKEKUKO.COM - Andai kamu mendengar kata arung jeram atau rafting, tentunya kamu akan membayangkan petualangan yang seru dan tentunya memacu adrenalin. Akan tetapi, hal tersebut dapat diantisipasi jika kamu mengikuti prosedur keselamatan dengan baik dan benar.

Sedangkan Arung jeram sendiri adalah permainan sekaligus olahraga menyusuri sungai yang memiliki arus deras. Pada setiap tim terdiri dari 5-6 orang dengan menaiki perahu karet.
 

Rute perjalanan sungai ini  sering kali Anda akan menemukan aliran deras yang menurun seperti air terjun di sungai yang biasa disebut dengan jeram. Agar dapat melakukan olahraga ini, kamu dapat menghubungi provider kegiatan outdoor yang kompeten dan memiliki lisensi.

Apa bila kamu merasa kesulitan untuk mencarinya, kamu bisa mencari promo hotel yang bekerjasama dengan provider kegiatan outdoor yang menawarkan kegiatan arung jeram atau rafting ini. Hal yang perlu dipersiapkan, serta yang harus dipertimbangkan untuk mengikuti arung jeram ini. Adapun, ulasannya sebagai berikut.

1. Persiapkan Diri

Dalam mengikuti arung jeram, kamu harus dalam keadaan prima. Yakinkan Anda dalam keadaan sehat bugar dan tidak ada riwayat penyakit yang rawan untuk berkegiatan outdoor. Oleh karena arung jeram adalah olahraga yang menguras banyak tenaga. Kamu harus menjaga diri tetap di atas perahu dan mendayung hingga akhir permainan. Dari pada itu, siapkan nyali kamu. Pastikan diri bahwa kamu bisa menerima tantangan ini. Kamu tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang karena ada instruktur dan pelampung yang akan menjaga agar Anda tetap berada di permukaan air.

2. Ikuti Instruksi dengan Baik

Pada awal  berarung jeram, kamu akan dibekali materi sekilas tentang arung jeram. Kamu harus memperhatikan dengan baik karena ini menyangkut keselamatan bersama. Sehingga Instruktur akan menjelaskan semuanya. Berawal dari peralatan, Anda akan dijelaskan nama dan fungsi peralatan seperti helm, pelampung, dayung, dan perahu karet. 

 

Yakinkan kamu menyimak bagaimana cara memakai semua peralatan tersebut. Selain itu, kamu akan diajari bagaimana caranya mendayung. Mengenai, gerakan mendayungnya seperti maju dan mundur. Lalu, kamu juga akan dibekali instruksi lapangan untuk menyeimbangkan perahu, seperti pindah ke kanan dan ke kiri. Juga ada instruksi untuk merunduk seperti “boom”. Artinya  adalah kamu harus meringkuk dalam perahu supaya tidak terlempar jatuh ke sungai. Apabila kamu terlempar, kamu akan diinstruksikan agar tidak panik dan menunggu bantuan datang.

Baca juga : Wisata Titik Nol Arum Jeram - Body Rafting Cawang Lama, Rejang Lebong

3. Pakaian

Pakailah pakaian yang sulit menyerap air. Oleh  karena air yang terserap pakaian akan membuat kamu kedinginan. Dari pada itu, kamu juga perlu menggunakan alas kaki. Yang paling nyaman adalah menggunakan sandal gunung. Kamu perlu memakainya karena jika kamu terjatuh, kaki kamu tidak akan terluka oleh batu-batuan di bawah air. Kamu juga sebaiknya menanggalkan hal-hal yang tidak perlu dibawa, kecuali memang tahan terhadap air. Dengan barang-barang tersebut contohnya, telepon selular, kamera, tas, dan jaket.

4. Perlengkapan
 

Hal-hal perlu diperhatikan banyak perlengkapan yang disediakan oleh provider untuk kamu kenakan. Pakai dan pilihlah helm dan pelampung sesuai dengan ukuran kamu.Buat helm, pilih ukuran yang pas dengan kepala kamu. Dengan cara memastikan bahwa tali berada di bawah dagu, tidak menyeberang dagu.  Dengan mengatur kekencangannya jangan sampai terlalu mencekik leher kamu, tetapi juga cukup aman agar tidak terlepas. Pada perlengkapan pelampung, pastikan ukurannya sesuai dengan badan kamu. Untuk lebih aman, kencangkan tali sesuai dengan instruksi yang telah diberikan. Kamu juga akan dibekali dengan dayung. Yakinkan dayung dalam keadaan baik dan dapat digunakan.


5. Pemanasan 


Baca juga :  Tarif Naik Balon Udara di Cappadocia Turki

Hal yang perhatikan adanya pemanasan, yaitu hal yang mutlak diperlukan ketika akan melakukan bentuk olahraga apapun. Untuk pemanasan dapat dilakukan dengan sederhana dimulai dari kepala, tangan, hingga kaki. Pemanasan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kram dan cidera saat arung jeram. Dari pada itu, pastikan bahwa pemanasan dilakukan secara bersama-sama dan semua orang turut serta agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Begitulah tips berarung jeram yang mudah dan aman. Mengawali berarung jeram, jagan lupa berdoa agar senantiasa diberikan keselamatan selama mengarungi derasnya arus sungai. Semoga bermanfaat.