Panduan Belajar Saham untuk Pemula dari Nol


Panduan Belajar Saham untuk Pemula dari Nol

NIKEKUKO.COM - Dulu banyak orang berpikir bahwa bermain saham adalah hal yang ribet, sulit dan membutuhkan modal yang besar. Mengawali berinvestasi saham juga dinilai tampak seperti hal berat yang menyeramkan, padahal cara membeli saham sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya harus mengikuti cara bermain saham untuk pemula berikut ini.

Cara Bermain Saham bagi Pemula


Mengawali kamu memasuki cara bermain saham bagi pemula, sebaiknya kamu perlu tahu terlebih dahulu mengenai saham. Lalu, Saham merupakan tanda atau surat bukti penyertaan modal dari satu orang atau badan kepada perusahaan atau perseroan terbatas untuk mendapatkan keuntungan berupa capital gain atau dividen. Sedngkan kita mengenal Capital gain adalah selisih antara harga wajar dan harga jual saham yang akan anda dapatkan jika anda menjual saham yang anda miliki dan mendapatkan laba.  

 

Baca juga :   Pengertian Very Important Person (VIP),   Macam-Macam Jenis Koneksi Wide Area Network (WAN)

 

Dividen adalah imbal hasil yang didapatkan pemilik perusahaan (investor) dari pembagian laba perusahaan sesuai dengan persen saham yang dimilikinya. Sedangkan, dividen dibagikan setahun sekali sesuai dengan hasil rapat umum pemegang saham yang disepakati.

Usai mengenal apa itu saham, sekarang kamu akan menuju ke cara bermain saham untuk pemula.

    Memahami Ilmu Dasar Saham


Mendalami  apa itu saham, syarat-syarat pembelian, keuntungan yang akan didapat dan risiko yang menyertainya merupakan langkah awal yang paling penting untuk anda lakukan ketika bermain saham. Kalau kamu belum paham, nantinya anda bisa salah langkah saat berinvestasi. Oleh karena dalam saham, terdapat konsep high risk hig return. Yang artinya adalah, semakin besar keuntungan yang akan anda dapat maka risiko yang akan anda hadapi juga semakin besar. Kamu bisa mempelajari cara bermain saham untuk pemula pada aplikasi simulasi trading yang banyak disediakan oleh perusahaan sekuritas.

    Memilih Broker


Tips atau cara bermain saham untuk pemula yang selanjutnya adalah kamu harus memilih perusahaan broker atau sekuritas saham yang tepat.Kamu harus memastikan dulu apakah perusahaan broker yang anda pilih telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tetukan atau pilih broker yang memiliki aplikasi trading agar memudahkan anda bermain saham. Pada perusahaan sekuritas atau broker ini akan membantu anda untuk membuka rekening saham, membuka rekening dana nasabah hingga melakukan transaksi saham sampai akhir.

    Memilih Saham yang Akan Dibeli


Kamu, harus memilih terlebih dahulu saham apa yang ingin kamu beli sebelum membeli saham. Kamu bisa memilih jenis saham yang anda mau terlebih dahulu kemudian memilih perusahaan yang akan anda beli. Selain mempertimbangkan keuntungan dari saham, anda sebaiknya memilih saham dengan risiko yang paling rendah. Mesti diperhatikan untuk mempertimbangkan strategi diversifikasi saham agar risiko anda terbagi dan tidak mengalami rugi besar ketika situasi tidak diinginkan terjadi.

    Transaksi Pembelian Saham


Setelah memilih saham yang ingin kamu beli, saatnya melakukan transaksi pembelian saham. Kamu bisa melakukannya pada aplikasi trading saham online yang dimiliki perusahaan sekuritas tempat anda mendaftar. Umumnya dalam aplikasi tersebut telah terdapat langkah yang harus anda lakukan, sampai informasi-informasi penting yang akan membantu anda seperti informasi pergerakan saham, informasi perusahaan dan masih banyak lainnya. Maupun jika perusahaan sekuritas tidak memiliki aplikasinya, anda bisa mendatangi kantor perusahaan sekuritas tersebut.

    Rajin Memantau Keadaan Pasar

Usai semuanya beres, anda hanya perlu berdiam dan memantau keadaan pasar. Suasana pasar biasanya dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, sosial dan masih banyak faktor lainnya. Kamu harus cermat untuk melihat naik turunnya harga saham di pasar agar anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk menjual kembali saham anda, membeli lagi untuk menambahkan persentase kepemilikan atau menyimpan saham anda tanpa melakukan tindakan apapun.

 

Baca juga :  Mengenal Lebih Dekat, Bursa Saham Di Asia

 

Itulah  tutorial lengkap mengenai cara bermain saham untuk pemula. Kiranya artikel diatas bisa menjelaskan secara rinci tentang cara bermain saham. Moga bermanfaat dan selamat berinvestasi.