Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa? Lalu, Bagaimana Cara Untuk Mengatasinya?

 

Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa? Lalu, Bagaimana Cara Untuk Mengatasinya?

Nikekuko.com - Selain makan dan minum yang disengaja terdapat pula beberapa hal yang bisa bikin pahala puasa kalian berkurang loh! Pasti kalian juga gak mau kan kalau pahala puasa kalian berkurang secara cuma-cuma?

Nah, mari kita simak yuk hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa agar Sunner puasanya tidak sia-sia hingga penghujung hari!

    Muntah
 
Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa? Lalu, Bagaimana Cara Untuk Mengatasinya?

Pada saat anda sedang melakukan puasa, pasti sering kali merasakan rasa mual yang diakibatkan karena perut yang kosong. Sebab kita menahan rasa lapar dari matahari terbit hingga terbenam, sehingga rasa lapar pun melanda. Kondisi mual yang tidak tertolong pun membuat kita ingin muntah ketika sedang berpuasa. Jika merasakan hal seperti itu boleh saja memuntahkannya dan tidak perlu membayar puasa ganti, anda boleh melanjutkan puasa apabila merasa sanggup.  Beda dengan kalian melakukan muntah dengan sengaja, itu sudah dapat dipastikan puasa kalian batal sehingga pahala yang kalian dapatkan akan berkurang.

Upaya menghindari terjadinya rasa mual berkelanjutan hingga muntah, kalian harus menjaga kondisi tubuh kalian, Maka makanlah secukupnya saat sahur dan apabila kalian memiliki penyakit maag atau asam lambung, minumlah obat kalian agar mengantisipasi terjadinya muntah ketika sedang berpuasa.

    Emosi
Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa? Lalu, Bagaimana Cara Untuk Mengatasinya?

 

Kondisi dengan perasaan emosi memang tidak pernah lepas dari diri seseorang. Sering kali rasa emosi dapat dikeluarkan ketika terjadi suatu hal yang menjengkelkan. Di bulan Ramadan ini mengajarkan kita untuk menahan segala hawa nafsu, salah satunya hawa nafsu emosi. Jika saat berpuasa kita mengeluarkan emosi, hal tersebut dapat mengurangi pahala puasa kalian meskipun tidak batal.

Pada saat sedang emosi terkadang diri kita sulit untuk dikontrol dan dapat melakukan hal yang keji. Hal tersebut pun masih banyak yang mempertanyakan apakah dapat membatalkan puasa atau tidak, namun dapat dipastikan pahala yang didapatkan berkurang meskipun tetap melanjutkan berpuasa.

Supaya menghindari tidak emosi saat berpuasa terapkanlah rasa sabar dan ikhlas pada diri kalian, karena hal itu salah satu kunci agar kita dapat meredakan rasa emosi. Jauhkan diri dari perasaan hal-hal negatif yang dapat memancing rasa emosi kalian ya, Sunners!

    Tidur Berlebihan
 
Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa? Lalu, Bagaimana Cara Untuk Mengatasinya?

 

Aktivitas tidurnya orang yang berpuasa memang adalah bentuk ibadah, namun tidur yang berlebihan sangat bertentangan dengan ajaran yang dilakukan Rasulullah SAW.  Pada waktu sedang berpuasa bukan berarti kalian dapat bermalas-malasan. Kita semua diberikan waktu untuk berlomba menambah pahala dengan melakukan ibadah sepanjang bulan suci Ramadan. Tidur yang berlebihan sangat tidak dianjurkan, karena dapat mengurangi pahala yang dimana seharusnya kalian bisa mendapatkan pahala yang jauh lebih banyak.

Supaya kalian tidak bermalas-malasan dengan tidur yang berlebihan, aturlah waktu kalian dengan baik dengan baik serta diiringi dengan waktu beribadah sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

    Mengeluh Lapar
 
Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa? Lalu, Bagaimana Cara Untuk Mengatasinya?

Pada waktu siang hari rasa lapar sering dialami oleh setiap orang, karena kebiasaan makan siang yang diterapkan. Tetapi, ketika rasa lapar itu muncul saat berpuasa kita hanya dapat menahannya. Waktu menjalankan puasa kita sangat dilarang mengeluhkan rasa lapar tersebut, karena dapat mengurangi pahala berpuasa kita. Meskipun, kita pun sudah meniatkannya untuk berpuasa, sehingga mengeluh lapar termasuk hal yang dapat melemahkan niat kita sebelumnya.

Sebab itu, kalian dapat melakukan hal-hal produktif sehingga tidak merasakan lapar karena asyik melakukan hal tersebut dan tidak akan mengeluhkan rasa lapar ketika sedang berpuasa.