5 Tips Atasi Kecewa Ketika Tidak Dihargai Orang Lain

 

5 Tips Atasi Kecewa Ketika Tidak Dihargai Orang Lain

Nikekuko.com - Perasaan tidak dianggap ini bisa jadi menyakitkan karena datangnya dari reaksi orang-orang terdekat atau familiar. Terasa dikhianati. Tips pertama untuk lepas dari pikiran negatif ini adalah dengan menghapus pikiran bahwa selama ini belum melakukan hal yang tepat.

Walaupun begitu, tak jarang muncul perasaan kecewa dan sakit hati ketika perbuatan baik yang kita lakukan tidak dihargai oleh orang lain. Bagi kamu yang sudah terlanjur sakit hati karena tidak dihargai oleh orang lain, simak tips berikut ini ya!

    Berilah Waktu untuk Dirimu Sendiri
Kecewa, rasa sakit hati karena tidak dihargai biasanya akan membuat kita menjadi sulit dan malas untuk percaya kepada orang lain.Bila perasaan itu muncul, berilah waktu untuk dirimu sendiri. Dapat kamu  melakukan hal-hal yang kamu sukai tanpa kehadiran orang lain. Tips ini bisa membantu menetralkan kembali perasaanmu, loh.

    Hargai Diri Sendiri
Sebelum mengharapkan orang lain menghargaimu, sebaiknya hargai diri kamu sendiri terlebih dahulu. Tak perlu mengharapkan pujian ataupun penghargaan dari orang lain atas apa yang telah kamu lakukan. Karena, hal itu bisa membuatmu kecewa jika kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.Hal ini, tidak ada salahnya memberi “hadiah” kepada diri sendiri atas apa yang telah kita lakukan.

    Tulus Saat Melakukan Kebaikan
Pada saat kita melakukan kebaikan kepada orang lain harus dilandasi dengan hati yang tulus dan ikhlas. Bila kita tulus dalam melakukan kebaikan, kita tidak akan mengharapkan pujian ataupun balasan dari orang lain. Oleh sebab itu, hati kita akan terasa lebih tenang.

    Hargai Orang Lain

Bila kita ingin dihargai, maka hargailah orang lain terlebih dahulu. Dengan menghargai orang lain bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, seperti mengucapkan terima kasih kepada orang lain yang telah memberikan bantuan, katakan “tolong” saat meminta bantuan, dan katakan “maaf” ketika tidak sengaja melakukan kesalahan.

    Kendalikan Pikiranmu
Pada saat sakit hati dengan orang lain, biasanya akan muncul pikiran-pikiran negatif. Kamu bisa alihkan pikiran negatif tersebut dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif, seperti membaca buku, menonton film, memasak, atau menyalurkan hobi lainnya.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk atasi sakit hati ketika tidak dihargai orang lain. Semoga dapat membantu ya!.