Surat Al-Quran Apa Saja Sebagai Bacaan Saat Sholat Dhuha ?

 

Surat Al-Quran Apa Saja Sebagai Bacaan Saat Sholat Dhuha ?

Nikekuko.com -  Pada saat menjalankan sholat fardhu atau sunah, diharuskan untuk membaca surat Al-Quran setelah membaca Al-Fatihah pada rakaat pertama dan kedua. Kecuali sholat lima waktu yang wajib dilakukan umat Muslim, ada sholat sunah yang biasa dilakukan Rasulullah SAW. Sholat Dhuha adalah salah satu yang diwasiatkan Rasulullah untuk kita lakukan.

Bisa hanya dua rakaat minimal yang harus dijalankan, berikut beberapa surat Al-Quran sebaiknya anda baca ketika melakukan sholat dhuha:

1. Surat Al-Waqiah

2. Surat Asy-Syams

3. Surat Ad-Duha

4. Surat Al-Kafirun

5. Surat Quraisy

6. Surat Al-Ikhlas

Pastinya kita boleh membaca surat apa saja dari surah-surah yang ada dalam Al-Quran. Tetapi dalam sholat tertentu, seperti sholat Dhuha, kita dianjurkan membaca surat-surat tertentu setelah surah Al-Fatihah.

Didalam kitab Al-Taqriratus Sadidah disebutkan bahwa terdapat empat surah Al-Quran yang dianjurkan untuk dibaca dalam surah sholat Dhuha, yaitu surat Al-Syamsi, Al-Dhuha, Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.

Habib Hasan bin Ahmad bin Muhammad bin Salim al-Kaf berkata sebagai berikut : Dalam dua rakaat sholat Dhuha dibaca surah Al-Syamsi, Al-Dhuha, Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.

Didalam kitab Hawasyi Tuhfatil Muhtaj disebutkan bahwa jika kita melaksanakan sholat dua rakaat, maka lebih utama membaca surah Al-Syamsi pada rakaat pertama dan surah Al-Dhuha pada rakaat kedua.

Berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Baihaqi dari Uqbah, dia berkata:

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kami melaksanakan dua rakaat sholat Dhuha dengan membaca dua surah, yaitu Al-Syamsi dan Al-Dhuha.

Untuk itu jika kita melaksanakan sholat Dhuha lebih dari dua rakaat, maka dua rakaat pertama disunnahkan membaca surah Al-Syamsi dan Al-Dhuha, dan dua rakaat selanjutnya membaca surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.

Contohnya kita hendak melaksanakan sholat Dhuha enam rakaat dengan tiga kali salam, maka dua rakaat pertama kita disunnahkan membaca surah Al-Syamsi dan Al-Dhuha, sementara sisa rakaat selanjutnya kita disunnahkan membaca surah Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

Sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut:

Pada sisa rakaat dibaca surah Al-Kafirun pada rakaat pertama, dan surah Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

Pelaksanaan sholat dhuha dilaksanakan pada waktu dhuha yang mana ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbit sampai waktu sholat dzuhur tiba.