Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

 

Manfaat Puasa  Bagi Kesehatan Tubuh

Nikekuko.com -  Department of Health and Human Service, menyebutkan bahwa manfaat puasa bisa meningkatkan kondisi kesehatan pada seseorang yang mengalami penyakit tertentu. 

 

Adapun penyakit tersebut antara lain diabetes, obesitas, penyakit jantung, gangguan saraf, hingga kanker. Bermacam manfaat yang didapatkan saat berpuasa, membuat banyak orang menjadikan puasa sebagai gaya hidup. Lalu, apa saja manfaat puasa untuk kesehatan? dilansir dari beberapa sumber, berikut penjelasan lengkapnya.

 

Berikut manfaat Puasa Bagi Kesehatan 

 

1. Bisa membantu menurunkan berat badan Telah banyak studi yang menyebutkan bahwa puasa merupakan salah satu cara aman untuk menurunkan berat badan. 

Adapun puasa selama beberapa jam dalam sehari dapat membuat tubuh membakar sel lemak lebih efektif dibandingkan cara diet normal. 

Pada saat berpuasa, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi pengganti gula.Dengan alasan inilah yang membuat banyak atlet menjadikan puasa sebagai salah satu cara menurunkan kadar lemak sebelum kompetisi.

2. Dapat mengontrol kadar gula darah Manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan lainnya yaitu bisa membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Pada saat berpuasa, tubuh akan mentoleransi gula dengan baik termasuk glukosa yang ada dalam karbohidrat.  

 

Di dalam penelitian menyebutkan bahwa, puasa bisa meningkatkan kemampuan insulin untuk mengirim perintah kepada sel tubuh agar menyerap glukosa dari darah. Menyebabkan, kadar gula darah tetap terjaga.

3. Peningkatan  kemampuan metabolisme tubuh Pencernaan yang tidak baik bisa mempengaruhi kemampuan metabolisme dalam membakar kalori dan lemak tubuh. Diantara  manfaat dari puasa yaitu membantu mengatur serta memperbaiki fungsi pencernaan. Pada saat kita berpuasa, maka sistem pencernaan akan istirahat karena tidak ada makanan yang masuk. Keadaan inilah yang membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik dalam membakar kalori.

4. Selanjutnya, bisa menjaga nafsu makan Manfaat puasa lainnya yaitu membantu mengatur nafsu makan agar tetap normal. Hal ini sangat berguna untuk seseorang yang memiliki berat badan berlebih. Pada seseorang yang mengalami obesitas biasanya tubuhnya sulit mengatur hormon pemicu lapar. Dampaknya, mereka cenderung akan mengonsumsi makanan secara berlebihan.
 

Sehingga dengan berpuasa, maka tubuh akan secara otomatis mengatur produksi hormon pemicu lapar dan hanya akan melepaskan hormon tersebut saat tubuh benar-benar lapar. Oleh karenanya, konsumsi makanan menjadi lebih terjaga. Bukan hanya itu saja, puasa juga membuat seseorang menjadi lebih cepat kenyang. Sehingga berat badan akan lebih terjaga.

5. Dapat meningkatkan kinerja otak Selain berguna untuk memelihara pencernaan, manfaat puasa juga baik untuk mejaga kesehatan otak. Kegiatan menjalankan berpuasa diketahui bisa mendukung produksi protein yang berguna dalam pembentukan dan perkembangan saraf. 

Lalu,protein akan mendorong sel induk di otak untuk menghasilkan sel baru. Disebabkan bisa memicu reaksi kimia yang berguna untuk kesehatan otak. Bukan itu saja, fungsi protein lainnya juga bisa melindungi sel otak dari kelianan atau perubahan yang bisa memicu penyakit. Ada beberapa penyakit tersebut antara lain penyakit alzheimer dan parkinson.

6. Bisa meningkatkan kekebalan tubuh Ketika tubuh terserang infeksi, sebaiknya perbanyak istirahat dan kurangi kerja organ tubuh. Bertujuannya yaitu agar daya tahan tubuh bisa bekerja lebih baik dalam melawan penyebab infeksi tersebut. 

 

Diantara cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh yaitu dengan berpuasa. Puasa bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena dapat mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas, mengurangi peradangan, hingga mencegah pembentukan sel kanker. Maka dari itu, manfaat puasa sangat baik untuk tubuh. 

 

7. Dapat memperbaiki pola makan Seseorang yang memiliki pola makan tidak teratur, bisa menjadikan puasa sebagai cara untuk memperbaiki pola makan. Diantaranya puasa dapat membuat diri agar tidak makan terlalu banyak dan membuat tubuh hanya makan di jam tertentu saja. Oleh karena itu, pola makan menjadi lebih teratur.

8. Memelihara kesehatan kulit dan mencegah jerawat Siapa sangka jika puasa juga berguna untuk memelihara kesehatan kulit hingga mencegah jerawat. Aktivitas berpuasa bisa membantu regenerasi kulit karena tubuh tidak bekerja terlalu keras.  Hal ini, tubuh juga menjadi lebih mudah dalam mengeluarkan racun, termasuk racun penyebab jerawat. Dengan ini dapat membuat berupasa baik untuk memelihara kesehatan kulit dan mencegah jerawat. 

 

9. Upaya menjaga kesehatan mental Selain bermanfaat untuk memelihara kesehatan, puasa juga berguna untuk menjaga kesehatan mental. Aktivitas berpuasa dapat membantu seseorang merasa lebih terhubung dengan kegiatan yang dilakukannya.  

 

Dari itu, manfaat puasa juga bisa menenangkan diri. Aktivitas puasa membuat sistem pencernaan bersih, sehingga tubuh memiliki banyak energi untuk beraktivitas. Bisa merasakan  tubuh yang ringan dan pikiran yang jernih akan membuat seseorang merasa lebih baik. 

 

Oleh karena itu, kesehatan mental tetap terjaga, inilah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan. Dapat disimpulkan dalam ulasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa berpuasa tidak hanya bernilai ibadah namun juga berguna untuk kesehatan. Supaya bermanfaat puasa semakin terasa, ada baiknya kita mengimbanginya dengan pola hidup sehat salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.