Mencari Planet lain Untuk Kelangsungan Kehidupan Masa Mendatang

Mencari Planet  lain Untuk Kelangsungan Kehidupan Masa Mendatang


Nikekuko.com
- Kadang kalah kita bertanya-tanya apakah ada kehidupan lain di alam semesta ini? Pertanyaan ini sudah ada sejak berabad-abad lampau. Ilmuwan berupaya mencari jawaban atas pertanyaan ini.
 

Namun, sampai sekarang jawabannya masih sama. Kita belum menemukan kehidupan lain di luar Bumi. Kita hanya mengenal kehidupan seperti yang ada di bumi, tidak ada contoh lain. Kita tidak tahu apakah ada kehidupan lain selain yang kita kenal.

Semua kehidupan di bumi butuh air dalam wujud cair. Bumi memang cocok karena dua pertiga bagian permukaannya merupakan lautan.

Agar bumi bisa punya air yang cair (bukan berwujud es ataupun uap), planet kita ternyata mengelilingi matahari pada jarak yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat. Berada pada jarak ideal ini penting supaya air tidak menguap habis atau malah jadi es. Jarak ini kita sebut zona laik huni atau sering dikenal sebagai Goldilocks zone.

Sehingga, syarat pertama, mencari planet yang bisa mendukung air dalam wujud cair. Berarti syarat berikutnya, planet itu harus ada di zona laik huni. Untuk mempermudah, kriterianya dipersempit dengan mencari planet yang mengitari bintang serupa Matahari dan tentunya masih ada syarat lainnya seperti komposisi atmosfer seperti di Bumi. Planet seperti ini kita sebut Planet layak huni.

Pencarian pun dilakukan baik di Tata Surya maupun di bintang lain. Planet Mars merupakan target terdekat. Misi antariksa yang dikirim untuk mengorbit bahkan menjelajah Mars menemukan kalau planet ini pernah punya periode basah tapi kemudian terjadi perubahan yang membuat Mars menjadi gurun tandus seperti sekarang.

Robot penjelajah yang dikirim menemukan jejak molekul organik di Mars. Namun kita belum menemukan apakah kehidupan pernah ada di planet merah itu atau tidak.
 

Dari hasil pengamatan dan misi antariksa juga memperlihatkan kandidat objek yang punya air di bawah permukaan. Bukan planet melainkan asteroid serta bulan atau satelit dari planet di Tata Surya. Air di bawah permukaan ditemukan di Asteroid Ceres, Europa (satelit Jupiter), dan Enceladus (satelit Saturnus).

Bukan itu saja, hasil pengamatan sampai misi Huygens yang menjejak Titan bulannya Saturnus juga memperlihatkan kalau objek ini mirip dengan Bumi purba. Apakah ada kehidupan? Belum ditemukan.

Pencarian planet di bintang lain juga tidak mudah. Planet itu sangat kecil. Jauh lebih kecil dibanding bintang.
 

Dengan menemukan planet di bintang lain, para astronom mengembangkan teknik deteksi tidak langsung. Jadi bukan langsung melihat planet seperti ketika kita melihat planet-planet di Tata Surya dengan mata telanjang ataupun dengan teleskop.

Seperti diketahui, planet yang bisa dilihat dengan mata telanjang hanya Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Untuk melihat Uranus dan Neptunus harus menggunakan teleskop.

Astronom mendeteksi planet di bintang lain dengan metode kecepatan radial dan metode transit. Dengan metode kecepatan radial, para astronom mencari planet dengan mendeteksi goyangan bintang yang disebabkan oleh planet atau lewat transit ketika bintang meredup sesaat ketika planet lewat di depan bintang.

Bersamaan dengan perkembangan teknologi, metode mendeteksi planet secara langsung juga sudah dilakukan. Namun hanya terbatas pada bintang-bintang dekat.

Hasilnya, para astronom menemukan planet-planet di bintang lain. Tidak hanya lewat pengamatan dengan teleskop di Bumi tapi juga dengan teleskop di luar angkasa. Sampai saat ini sudah ada 5.000 planet di bintang lain yang sudah ditemukan dan masih ada ribuan kandidat lain yang masih menunggu untuk dikonfirmasi.

Menariknya, planet-planet yang ditemukan juga beragam dan bahkan ada tipe planet yang tidak ada di Tata Surya, seperti Jupiter panas, Neptunus mini, dan Bumi-super.

Bukan itu saja, planet-planet ini rupanya tidak hanya mengitari bintang serupa Matahari, melainkan bintang yang lebih panas dan lebih besar dari Matahari maupun bintang yang lebih kecil dan lebih dingin dari Matahari.

Mulai dari semua planet yang sudah ditemukan, hanya ada 59 planet yang dikategorikan planet laik huni yang berpotensi mendukung kehidupan atau planet batuan di zona laik huni bintang. Dari 59 planet tersebut, hanya 20 yang seukuran Bumi sedangkan lainnya merupakan planet Bumi super atau setipe Mars.

Benar saja planet dengan potensi punya air dalam wujud cair belum cukup. Astronom masih harus mencari tahu apakah planet ini memiliki atmosfer yang berpotensi mendukung kehidupan.

Mungkinkah kita menemukan planet Bumi lain dan kehidupan lain? Jawabannya, ya mungkin saja.