Misteri Kamar 308 Hotel Inna Samudera Beach

 

Misteri Kamar 308 Hotel Inna Samudera Beach

Nikekuko.com - Pernah dengar misteri dan mitos yang mengelilingi kamar Nyi Roro Kidul di Hotel Inna Samudra? Cerita rakyatnya ini memang enggak pernah gagal bikin bulu kuduk berdiri!Kawasan Pelabuhan Ratu menawarkan keindahan pantai yang cocok menjadi tempat singgah untuk melepas rasa penat. Selain keindahan alam yang memikat, salah satu yang menjadi daya tarik destinasi ini adalah keberadaan kamar khusus yang dipersembahkan untuk ratu pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

Kamar tersebut berada di dalam bangunan Hotel Grand Inna Samudra Beach, tepatnya di kamar 308 yang menyimpan misteri. Kamar itu sekilas tidak berbeda dengan kamar lainnya. Bedanya, ruangan tersebut didominasi oleh warna hijau pada dinding, karpet, lantai, hingga gorden yang memberikan kesan mistis. Pasalnya, warna hijau diyakini adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul. 


Misteri Kamar 308 Hotel Inna Samudera Beach
foto Hotel Inna Samudra

Hotel Inna Samudra merupakan tempat wisata tersembunyi di Pelabuhan Ratu yang selalu menarik perhatian para turis, terutama mereka yang senang dengan hal-hal mistis.

Pasalnya, di dalam hotel megah ini terdapat satu kamar yang diagungkan dan tidak diperbolehkan disewa untuk orang biasa. Diberi nomor 308, ruang sakral tersebut ternyata adalah kamar Nyi Roro Kidul , ratu gaib penguasa Pantai Selatan.

Penasaran bagaimana tampilan jejak Ratu Pantai Selatan di Hotel Inna Samudra?

1. Kamar Nyi Roro Kidul Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Walaupun diselimuti oleh aura mistis, kamar Nyi Roro Kidul bernomor 308 itu ternyata tidak pernah sepi pengunjung.

Semua orang yang liburan ke Pelabuhan Ratu kebanyakan mampir ke Hotel Inna Samudra hanya demi melihat langsung tampilan dan isi kamar Nyai Pantai Selatan yang melegenda itu.

Menurut orang-orang yang sudah berkunjung, kamar yang dibalut dengan warna hijau tersebut kental dengan bau dupa, sesajen, dan bunga melati.

Di dalam kamar beraura mistis ini, kamu akan disuguhi banyak lukisan Nyi Roro Kidul, kursi sofa berbalut kain hijau dan pajangan baju kebaya yang konon sering dipakai oleh penjaga Pantai Selatan itu ketika mengunjungi hotel.

2. Cerita Seram Lukisan Nyi Roro Kidul

Salah satu daya tarik kamar 308 Hotel Inna Samudra adalah lukisan besar yang memperlihatkan keelokan dan kekuatan Nyi Roro Kidul.

Warna hijau yang mendominasi komposisi lukisan membuat pajangan kamar ini mencolok mata, belum lagi ukurannya yang cukup besar membuat kita tidak bisa memalingkan mata.
Menurut penjaga hotel yang sudah bekerja di Inna Samudra selama puluhan tahun, banyak turis yang mengaku merasa diperhatikan ketika sedang berada di dalam kamar.

 Kebanyaan pengunjung untuk menyampaikan hajat tertentu dalam hidupnya seperti meminta jodoh dan rezeki. Sebagian dari mereka juga terkadang meninggalkan barang-barang berharga di ruangan itu sebagai tanda persembahan dan tanda terima kasih kepada sang ratu.


3. Nyi Roro Kidul Sering Meninggalkan Barang-barang Kesayangan di Kamar 308

Bukan hanya lukisan saja yang mitosnya melegenda di Sukabumi.

Rakyat setempat percaya bahwa Nyi Roro Kidul sering membawa perhiasan kesayangannya ke Hotel Inna Samudra dan meninggalkannya di sana.

Beberapa barang berharga milik Nyai termasuk mahkota, kalung emas, gelang, mutiara laut, selendang, dan masih banyak lagi.

Konon, perhiasan dan barang-barang berharga yang disimpan di balik kaca tersebut hanya bisa disentuh oleh Sang Ratu dan bila ada orang yang mencoba mencurinya, mereka akan diterpa sebuah kutukan dahsyat.

4. Kejadian Aneh yang Menimpa Pelukis Lukisan Nyi Roro Kidul

Beberapa lukisan yang dipajang di dalam kamar 308 merupakan karya dari Basuki Bawono dan Basuki Abdullah.

Kedua pelukis tersebut pernah menceritakan pengalaman mistisnya ketika sedang melukis Nyi Roro Kidul.

Suatu saat ketika Basuki Abdullah meninggalkan lukisannya untuk kering, Ia melihat sebuah tusuk konde dan keris yang tiba-tiba muncul di samping lukisan.

Selain itu, Ia juga melihat bayangan kencana Ratu Kidul yang terlihat melewati rumahnya.


5. Banyak yang Minta Jodoh dan Rezeki di Kamar Nyi Roro Kidul

Selain cerita misteri dan mitosnya, kamar 308 Hotel Inna Samudra juga dikenal sebagai ruang sakral tempat orang-orang meminta jodoh dan rezeki.

Percaya atau tidak, banyak turis yang meninggalkan nama mereka serta pasangan di dalam kamar itu demi hubungan yang langgeng.

Tidak sedikit juga yang berani menginap demi bertemu langsung dengan Kanjeng Ratu.