Telur Cokelat Kinder Sudah Ditarik dari Peredaran di Beberapa Negara, Ada Kandungan Salmonella

 

Telur Cokelat Kinder Sudah Ditarik dari Peredaran, karena Mengndung Salmonella

Nikekuko.com - Grup perusahaan makanan Italia Ferrero telah menarik jajanan telur cokelat Kinder Surprise dari rak pasaran Inggris dua minggu sebelum perayaan Paskah. Langkah ini dilakukan setelah ada kemungkinan ditemukan hubungan dengan puluhan kasus salmonella yang dilaporkan. Informasi saja, salmonella adalah penyakit akibat infeksi bakteri salmonella pada saluran usus.

Penyakit ini dapat menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella. Penyakit ini sangat terkait dengan kondisi higienitas perorangan dan lingkungan.

Bersumber Reuters, penarikan tersebut mempengaruhi telur Kinder Surprise tunggal dan multipak, makanan populer yang dipasarkan untuk anak-anak yang berisi mainan koleksi kecil di dalam cangkang cokelat.

 

"Kami secara sukarela menarik batch terpilih Kinder Surprise sebagai langkah pencegahan, karena kami telah mengetahui kemungkinan hubungan dengan sejumlah kasus salmonella yang dilaporkan," demikian pernyataan resmi Kinder. Ferrero mengatakan cokelat yang terkena dampak diproduksi di Belgia dan penarikan dapat diperluas ke negara lain.

Menurut Badan Keamanan Kesehatan (FSA) Inggris, setidaknya terdapat 63 kasus penyakit yang terkait dengan produk telah diidentifikasi, sebagian besar adalah anak-anak di bawah 5 tahun.

“Kami tahu bahwa produk khusus ini populer di kalangan anak kecil, terutama menjelang Paskah, jadi kami akan mendesak orang tua dan wali anak-anak untuk memeriksa apakah ada produk yang sudah ada di rumah mereka yang terdampak oleh penarikan ini,” Tina Potter, Kepala Insiden FSA.


 Salmonellosis juga dapat ditularkan dari satu individu ke individu lain yang terkena penyakit salmonellosis. Gejala mulai timbul 8–72 jam setelah bakteri masuk dan menginfeksi usus. Pada umumnya gejala biasanya terjadi selama 4–7 hari.

 

Gejala Salmonellosis

Orang yang terinfeksi oleh bakteri Salmonella dapat mengalami gejala-gejala, antara lain:
Diare, Mual dan muntah, Demam dan menggigil, Keram perut, Sakit kepala dan Terdapat darah dalam tinja.