Cara Gampang Membedakan Emas Asli dan Palsu

Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu

Nikekuko.com -  Logam mulia merupakan salah satu alat investasi yang banyak digunakan masyarakat. Hal ini karena nilai jualnya cenderung stabil dan tidak fluktuatif. Namun sayangnya, marak terjadi kasus pemalsuan perhiasan. Agar dapat menghindarinya, Anda harus tahu cara membedakan emas asli dan palsu.

Perbedaan beserta cara membedakan emas asli dan palsu secara manual maupun dibakar. Yuk simak!

Perbedaan Emas Asli dan Palsu
 

Untuk hal, pembahasan mengenai cara membedakan emas asli dan palsu, terlebih dahulu Anda harus mengenali perbedaan keduanya, yakni sebagai berikut.

    Warna Emas Asli dan Palsu 

Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu

Dapat kita bedakan terletak pada warnanya. Umumnya, yang asli memiliki warna kuning mengkilap dan berkilau. Akan tetapi sebaliknya berbeda dengan emas palsu yang terbuat dari kuningan sehingga warnanya lebih kusam dan gelap.

    Reaksi Terhadap Asam 

 

Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu

Pada saat ditetesi asam, emas asli tidak akan bereaksi apa-apa, sedangkan untuk yang palsu biasanya mengeluarkan gelembung-gelembung kecil.

    Bunyi 

Bila pada emas asli ketika diketuk dengan koin biasanya akan berdenting panjang dengan nada tinggi. Akan tetapi berbeda dengan logam lain yang suaranya lebih pendek.

    Harga
 

Lalu untuk perbedaan selanjutnya terletak pada harga. Pada emas asli tentu dijual dengan nominal yang jauh lebih tinggi.  Sehingga, jangan mudah tergiur dengan harga murah.


Setelah mengetahui perbedaan mendasar antara keduanya, berikut ini cara membedakan emas asli dan palsu yang dapat Anda lakukan.

    Lihat Fisik Emas 


Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu

 

Jika  Anda cukup sering membeli emas, tentu sudah familiar dengan ciri fisiknya. Biasanya, logam mulia ini berwarna kuning mengkilap. Dari pada itu, terdapat tanda berupa cap bertuliskan kadarnya.

Biasanya, kadar emas menggunakan satuan fineness, yakni senilai 1-999 atau 0.1-0.999. Selain itu, digunakan juga satuan karat seperti 10k, 18k, atau 24k.

    Cek Sertifikat Emas

 

Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu

 Tips membedakan emas asli dan palsu yang satu ini tergolong mudah dan cepat. Pertama-tama, letakkan sertifikat di bawah sinar ultraviolet. Kemudian, amati perubahan warnanya.
 

Jika kertas tersebut memunculkan garis warna-warni seperti blok berwarna hijau dan watermark perusahaan pencetak sertifikat, maka kemungkinan besar emas tersebut asli.

    Digigit 

 

Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu

 

Cara membedakan emas asli dan palsu secara manual adalah dengan menggigitnya.  Oleh sebab logam mulia yang satu ini memiliki sifat lunak, untuk melihat keasliannya, perhatikan apakah ada bekas gigitan tertinggal disana. Bila Anda menjumpainya kemungkinan besar perhiasan Anda asli.

    Menggoreskan pada Keramik

Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu

 

 Selajutnya pengecekan berikut ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan perhiasan. Goresan emas asli tidak akan meninggalkan bekas pada keramik, sedangkan jika terlihat goresan kehitaman, maka diindikasikan logam mulia tersebut palsu.

    Meneteskan Asam Nitrat

 

Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu


Tips membedakan emas asli dan palsu yang satu ini terbilang akurat namun juga berbahaya bagi pernapasan, yakni dengan meneteskan larutan asam nitrat ke permukaan emas.

Bila tidak berubah warna, maka logam mulia tersebut asli, namun jika warnanya berubah menjadi hijau, maka material sebenarnya adalah besi. Begitu pula apabila permukaannya berubah menjadi kuning dan putih susu, diindikasikan bahwa perhiasan Anda terbuat dari kuningan dan perak.

    Dekatkan dengan Magnet

 

Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu


Selanjutnya debfan cara dengan maknet. Umumnya, logam mulia ini bersifat non magnetis, oleh karena itu, apabila Anda mendekatkannya dengan magnet, maka tidak akan ada reaksi apapun. Akan tetapi cara tersebut tidak menjamin keasliannya, sebab masih banyak logam non magnetis lain yang biasa digunakan sebagai material untuk memalsukannya.

    Menggunakan Aplikasi CertiEye 


Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu

 

Namun, apabila perhiasan Anda merupakan produk Antam, cara membedakan emas asli dan palsu cukup mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi berteknologi CertiEye milik perusahaan ini.
 

Anda bisa unduh aplikasi ini, lalu pindai barcode pada emas. Hasil pemindaian akan menunjukkan keaslian logam mulia tersebut.

    Mengecek Kepadatan Emas

 

Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu


Tips membedakan emas asli dan palsu secara manual yang satu ini cukup mudah dilakukan. Cukup menyiapkan gelas takar berisi air, lalu masukkan perhiasan, setelah itu lihat perubahan volume air.
 

Lalu, hitung kepadatan emas dengan cara membagi massa dengan volume yang telah Anda temukan. Jika hasilnya mendekati 19 gram per milimeter, maka dapat dipastikan logam mulia tersebut asli. Walaupun butuh ketelitian ekstra, namun hasilnya cukup akurat.

    Membakar Permukaan Emas

  

Cara Gampang Membedakan Emas Asli den Palsu

Dengan cara membedakan emas asli dan palsu dengan cara dibakar tidak direkomendasikan karena dapat merusak permukaan emas. Tetapi, apabila Anda tetap ingin mencoba, maka amati perubahan warna permukaannya.Jika menjadi hitam, dapat dipastikan perhiasan tersebut tidak murni atau bahkan palsu.

Di sebabkan emas asli tidak meninggalkan bekas gosong ketika dibakar. Akan tetapi hati-hati, apabila perhiasan Anda merupakan campuran, pengecekan dengan cara ini berpotensi merusaknya sehingga harga jual menurun.

Itulah tips mengenai cara membedakan emas asli dan palsu yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Walau  menguntungkan, jangan sampai Anda tertipiu.