Mengungkap Kualitas Sperma Sehat, Siap Membuai Sel Telur

www.N i k e k u k o.com

Mengungkap Kualitas Sperma Sehat, Siap Membuai Sel Telur

Mempelajari ciri-ciri sperma sehat? Oleh sebab ini penting untuk diketahui pria untuk bisa membuahi sel telur. Masalahnya, dari jutaan sel sperma yang dilepaskan ke saluran reproduksi wanita, hanya sedikit yang berpotensi mencapai saluran tuba. Dikarenakan sebagian besar sperma yang lainya mengalami ejakulasi mati atau tidak mampu membuahi sel telur.
 

Ciri-Ciri Sperma Sehat yang Harus Diketahui Pria
Adapun kualitas sperma sendiri meliputi motilitas (kemampuan untuk mencapai sel telur), struktur, dan volume air mani. Pada jumlah dan konsentrasi sperma per ejakulasi bervariasi secara individual, beberapa orang mungkin memiliki jumlah sperma yang rendah atau tidak ada sperma sama sekali.
Ada beberapa faktor yang memengaruhi kesehatan dan kualitas sperma, yaitu:
 

1. Kuantitas Sperma
Sebagian besar kesuburan dilihat pada jumlah air mani yang dikeluarkan dalam satu ejakulasi mengandung setidaknya 15 juta sperma per mililiter. Sangat sedikit sperma saat ejakulasi mungkin membuat lebih sulit untuk hamil karena lebih sedikit calon yang tersedia untuk membuahi sel telur.
 

2. Struktur (Morfologi)
Adapun sperma normal memiliki bentuk berupa kepala oval dan ekor panjang, yang bekerja sama untuk mendorongnya. Walaupun bukan faktor sepenting jumlah atau pergerakan sperma, semakin banyak sperma yang Anda miliki dengan bentuk dan struktur normal, semakin besar kemungkinan untuk subur.
 

3. Gerakan Sperma

Selanjutnya, cara untuk mencapai dan membuahi sel telur, sperma harus bergerak – menggeliat dan berenang melalui leher rahim, rahim, dan saluran tuba wanita. Didalam gerakkan Ini dikenal sebagai motilitas. Maka kualitas sperma yang bagus dapat dilihat dari gerakan sperma. Bisa dikatakan subur jika setidaknya 40% sperma yang Anda keluarkan bergerak.

Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sperma
Dengan mengetahui ciri-ciri sperma sehat, ketahui juga cara meningkatkan kuantitas dan juga kualitas sperma. Diantaranya adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Ada  beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas dari sel sperma yaitu:
 

1. Menjaga Berat Badan
Biasakan untuk menjaga berat badan ideal dengan menjaga pola makan dan juga dengan melakukan aktivitas fisik. Karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan indeks massa tubuh (BMI) dikaitkan dengan penurunan jumlah sperma dan pergerakan sperma.
 

2. Menghindari Infeksi Menular Seksual (IMS)
Bermacam jenis infeksi menular seksual seperti gonore dan yang lainnya dapat menyebabkan kemandulan pada pria. Maka untuk melindungi diri Anda sendiri, usahakan hanya melakukan hubungan monogami dengan pasangan yang tidak terinfeksi.
 

3. Kelola Stres
Stres juga dapat menurunkan fungsi seksual dan mengganggu hormon yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma. Maka dari itu, melakukan pengelolaan stres dan juga mencegah terjadinya stres yang berkepanjangan penting untuk dilakukan
 

4. Aktivitas Fisik
Seperti berolahraga dapat meningkatkan kadar enzim antioksidan yang kuat, yang dapat membantu melindungi sperma. Sehingga usahakan untuk tetap bergerak, dengan cara berolahraga atau lewat aktivitas fisik lainnya.
 

5. Tidak Merokok
Apabila Anda adalah perokok, usahakan juga untuk berhenti merokok. Dikarenakan pria yang merokok lebih cenderung memiliki jumlah sperma yang rendah. Tentunya  berkorelasi dengan tingkat kesuburan pria.
 

6. Tidak Mengkonsumsi Alkohol
Tidak atau membatasi asupan alkohol atau mencoba berhenti mengkonsumsinya mungkin baik untuk Anda. Dikarenakan minum alkohol dalam jumlah banyak dapat menyebabkan produksi testosteron berkurang, impotensi dan penurunan pada produksi sel sperma.
 

7. Hindari Penggunaan Pelumas 

Hindari penggunaan pelumas saat berhubungan seks. Bila perlu, pertimbangkan untuk menggunakan baby oil, minyak canola, putih telur, atau pelumas yang ramah kesuburan.

Daftar Makanan Penyubur Sperma

 
Adapun penerapan cara di atas, mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk sperma bisa menjadi salah satu cara memperbanyak sperma yang juga bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa pilihan makanan penyubur sperma yang perlu dikonsumsi:
 

1. Telur
Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa telur merupakan makanan super yang bisa meningkatkan jumlah sperma. Dikarenakan telur kaya akan vitamin E dan protein, yang membantu pergerakan sperma.Dengan  mengkonsumsi telur juga melindungi sperma dari radikal bebas, sehingga Andakan peluang terjadinya pembuahan. Dan telur juga kaya akan seng, yang dikenal dapat meningkatkan motilitas sperma. Dari itu juga telur mudah didapat, telur juga sangat mudah untuk diolah sehingga bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk menjaga kesuburan
 

2. Coklat Hitam
Ternyata coklat hitam bisa menjadi makanan terbaik untuk meningkatkan jumlah sperma.  Didalam kandungan biji kakao, sebagai bahan dasar coklat ini dipenuhi dengan kandungan antioksidan. Terkandung pada cokelat hitam  enzim yang disebut L-Arginine yang membantu meningkatkan volume sperma. Rupanya menikmati makanan penutup yang tinggi gula, cobalah mengkonsumsi coklat hitam sebagai gantinya.
 

3. Buah Pisang
Pada buah yang satu ini kaya akan Vitamin B1 dan C serta magnesium, yang mampu meningkatkan motilitas sperma dan membantu produksi sperma. Buah Pisang juga mengandung enzim langka yang disebut Bromelain, yang membantu meningkatkan jumlah dan motilitas sel sperma. Dan mereka juga bisa mengatur hormon seks dan memperbaiki suasana hati Anda.
 

4. Bawang Putih
Bumbu dapur yakni bawang putih mengandung allicin yang diperlukan untuk merangsang sirkulasi darah ke bagian kanan. Dan darah mengalir bebas ke organ seksual dan melindunginya dari kerusakan. Enzim Selenium, yang merupakan enzim penting lainnya yang ditemukan dalam bawang putih membantu meningkatkan motilitas sperma.
 

5. Sayur Bayam
Dalam mengkonsumsi sayuran berdaun hijau baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini mereka dapat membantu mengatur banyak aktivitas dalam tubuh. Terbukti sayuran hijau dapat membantu produksi sperma. Sayuran bayam kaya akan asam folat yang penting untuk perkembangan sperma bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Anda konsumsi.
 

6. Buah Delima 

Siapa yang tak kenal dengan buah  Delima yang terkenal sebagai sumber antioksidan yang kaya ini juga dikenal bisa meningkatkan gairah seks.  Dari pada itu buah ini juga dapat membantu meningkatkan tingkat sperma dan juga kualitas produksi sperma. Dapat mengkonsumsi buah delima dalam bentuk mentah atau juga dalam bentuk jus.
 

7. Biji Labu
Dalam kandungan biji labu kaya akan antioksidan, fitosterol, dan asam amino yang meningkatkan kesuburan pria. Dan juga biji labu juga dapat membantu meningkatkan jumlah sperma, motilitas, dan kejantanan secara keseluruhan.
 

8. Wortel
Si kuning yang sehat yakni Wortel kaya akan sumber beta-karoten, yaitu salah satu jenis antioksidan yang juga dapat menjaga kesehatan sperma dengan melindunginya dari radikal bebas. Juga dapat membantu mobilitas sperma sehingga membantunya mencapai sel telur.
 

9. Daging Sapi 

Pada daging sapi merupakan sumber seng yang bagus untuk tubuh.  Dari pada itu daging merah seperti daging sapi juga kaya akan asam folat dan selenium, yang membantu meningkatkan kesehatan dan juga produksi serta mobilitas sperma.
 

10. Minyak Zaitun 

KPemakaian atau konsumsi minyak zaitun secara teratur dapat membantu Anda meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Dapat membuat kadar kolesterol jahat tetap rendah, meningkatkan aliran oksigen ke testis, dan membantu pembentukan sperma yang lebih sehat.


11. Buah Tomat 

Buah Tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan yang dikenal dapat meningkatkan struktur dan aktivitas sperma. Dengan mengkonsumsi secara teratur dapat meningkatkan kesuburan pada pria.
 

12. Buah Berry 

Buah beri seperti raspberry, stroberi, cranberry, dan blueberry mengandung antioksidan kuat. Memiliki nutrisi anti inflamasi seperti quercetin dan resveratrol, yang bisa membantu meningkatkan kualitas dan produksi sperma.