Tips Menghilangkan Sifat Egois, Agar Tak Dibenci Orang

 

Tips Menghilangkan Sifat Egois, Agar Tak Dibenci Orang

Nikekuko.com -  Pada dasarya sifat Egois dalam diri seseorang, terkadang menjadi masalah yang perlu untuk diatasi. Masalahnya jika sifat egois ini terus di pelihara, maka dapat menyebabkan berbagai masalah di dalam kehidupan.

Kemungkinan yang awalnya, anda memilki banyak teman, namun karena sikap egois anda yang begitu tinggi, akhirnya membuat anda dijauhi oleh teman-teman anda.

Karena itu, maka penting disini untuk kita belajar bagaimana menghilangkan sifat egois yang ada di dalam diri kita. Berikut adalah  tips menghilangkan sifat egois dalam diri dengan mudah.
 

1. Mengalahkan Ego Sendiri

Tidak boleh membiarkan diri anda dikuasai ego secara berlebihan. Pada semua orang sejatinya pasti akan membela dirinya sendiri. Terkait benar atau salah, pasti setiap orang akan membela dirinya sendiri.

Meskipun demikian, setiap orang juga perlu mengalahkan egonya. Tak selamanya apa yang di pikirkanya benar. Namanya manusia tidak ada yang sempurna, pasti ada salahnya juga. Oleh karena dari itu ego ini haruslah diatasi.
 

2. Bersikap Lebih Dewasa

Memiliki pribadi yang lebih dewasa, juga merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan sifat egois di dalam diri. Usia dewasa merupakan kondisi di mana seseorang mampu berpikir bijaksana serta mampu bertindak bijaksana.

Hendaklah mulailah anda rubah tingkah anda, dari yang awalanya masih kekanak-kanakan, menjadi pribadi yang lebih dewasa, maka anda pun bisa menghilangkan sifat egois anda.

3. Mengintrospeksi Diri
 

Selanjutnya jangan pernah anda menganggap diri anda selalu benar. Semestinya kita semua pasti pernah salah. Kita pasti akan melakukan berbagai macam kesalahan, baik itu disengaja maupun tidak. Terkadang juga yang bisa melihat kesalahan itu, orang lain, bukan diri kita.

Oleh sebab itu, lakukan introspeksi terhadap diri anda.  Dengan evaluasi apakah anda sudah melakukan kebenaran atau tidak. Perlu di tanyakan juga kepada teman terdekat anda, apakah apa yang anda lakukan itu sudah benar atau tidak.
 

4. Mendengar Nasehat Teman Terdekat
 

Sahabat atau teman dekat adalah orang yang biasanya menjadi tempat di mana kita sering mencurahkan atau menceritakan masalah yang sering kita hadapi. Juga tanyakan kepada teman dekat anda, apa solusi dari sifat egois anda.

Nasehat atau pendapatnya sangatlah anda perlukan, biasanya seorang teman yang baik tidak akan menjerumuskan temanya kejalan yang salah, kalau memang salah ,mereka pasti akan berusaha memberikan saran terbaik untuk temannya.
 

5. Menjadi Pribadi yang Penyabar

Tips yang terakhir, untuk menghilangkan sifat egois adalah, dengan cara menjadi pribadi yang penyabar.  Mepunyai sifat pribadi yang selalu sabar dalam menghadapi berbagai persoalan. Dapat menahan diri dari sifat egois yang begitu tinggi.

Memang agak sulit, tapi tidak ada salahnya untuk di coba. Jika pun anda masih belum bisa menghilangkan sifat egois anda, percayalah seiring dengan berjalanya waktu, semua pasti akan teratasi. Apabila anda terus konsisten, menjalaninya dengan baik.
 

Mempunyai sifat egois dalam diri terkadang sulit untuk diatasi, namun walaupun sulit, bukan berarti tidak bisa diatasi. Bisa menerapkan kelima tips yang sudah saya jelaskan diatas, mudah-mudahan anda bisa menghilangkan sifat egois dalam diri anda.

Demikian artikel saya tentang cara menghilangkan sifat egois dalam diri, semoga bermanfaat.