Pengertian - Baby Blues? Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Pengertian - Baby Blues? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nikekuko.com - Limpahan kebahagiaan seorang Ibu sangat terasa bahgia setelah si kecil lahir. Si kecil yang sudah begitu lama dirindukan, yang selama ini hanya bisa disentuh dari luar perut Ibu, kini betul-betul bisa dipeluk, digendong, dan disusui. Baby begitu mungil, terlihat lucu dan mengemaskan, dan perlu perlindungan, sehingga Ibu sungguh jatuh hati dan ingin melindunginya.

Akan tetapi ternyata dalam beberapa hari setelah kelahirannya, Ibu merasa sangat lelah. Terkadang muncul dengan tiba-tiba Ibu menangis tanpa alasan yang jelas, merasa sedih luar biasa, padahal Ibu merasa seharusnya berbahagia dengan kedatangan si kecil. Kondisi pisikitis Ibu juga berubah, menjadi sangat mudah tersinggung dan marah, padahal biasanya tak seperti ini. Juga jadi sulit berkonsentrasi, sehingga melakukan berbagai kesalahan yang tak biasanya dilakukan. Banyak saran atau masukan, “Tidurlah, kamu perlu beristirahat,” akan tetapi Ibu sulit memejamkan mata walaupun yakin si kecil telah pulas.

Apa itu baby blues?

Jika Ibu merasakan itu semua sekitar 5 hari setelah kelahiran si kecil, sangat mungkin Ibu mengalami ‘baby blues’. yang menjadi pertanyaan apa itu baby blues? Baby blues syndrome atau sindrom pasca melahirkan adalah sejenis depresi ringan yang dialami oleh Ibu yang baru melahirkan. Bukan berarti Ibu harus mengalami baby blues, namun normal saja jika Ibu merasakannya. Umumnya 70-80% Ibu mengalaminya.


Macam-macam penyebab sindrom baby blues

 
Terjadinya perubahan hormon, seperti biasa, adalah yang paling disalahkan, dianggap sebagai penyebab utama baby blues. Bermacam hormon yang dibutuhkan saat hamil perlahan menghilang dari tubuh Ibu, digantikan hormon yang dibutuhkan oleh tubuh Ibu saat ini. Gara-gara perubahan hormon itulah emosi Ibu jadi campur-aduk.


Namun demikian, tidak hanya perubahan hormon lho yang menyebabkan baby blues. Terjadinya perubahan kondisi atau keadaan Ibu juga bertanggung jawab sebagai penyebab baby blues. Biasa tadinya hanya Ibu dan papa berdua saja, kini ada si kecil, yang tentunya membutuhkan tanggung jawab tambahan dan tumbuh-kembangnya kadang menimbulkan berbagai kecemasan. 

 

Ditambah lagi perubahan pada rutinitas harian Ibu. Biasanya memulai hari dengan mandi dan sarapan pagi, kini harus menambah panjangnya daftar dengan memasukkan aktivitas seperti menyusui dan memandikan si kecil. Hubungan atau relasi antara papa dan Ibu yang sebelumnya hanya sebagai suami dan istri, kini juga mengalami penambahan, sebagai papa dan Ibu. Adanya segala perubahan ini membuat sindrom baby blues muncul.


7 cara mengatasi baby blues syndrome

 

Diantara untuk menghilangkan baby blues adalah tubuh yang fit. Kondisi Ibu yang habis melahirkan mungkin masih kelelahan setelah melewati proses melahirkan yang panjang dan menegangkan. Sebab  itu, cara mengatasi baby blues salah satunya adalah Ibu perlu lebih banyak beristirahat.  

Dapat di usahakan tidur setiap kali si kecil tertidur. Walau bisa tidur 10 menit? Ini lebih baik dibandingkan sama sekali tak tidur. Dapat juga menambah vitalitas dengan cara mengasup makanan dan minuman bergizi. Dengan menghangatkan tubuh bersama dengan si kecil yang perlu dijemur, sambil sekaligus menghirup udara segar.

 

Adanya kerjasama dengan orang lain juga amat sangat dibutuhkan, janganlah menjadi supermom di saat-saat ini.  Bisa minta bantuan dari orang lain (bisa Ayah, ataupun asisten rumah tangga) untuk mengurus makanan dan kerapihan rumah, sehingga tak membuat Ibu lebih lelah. Apabila ada tamu bertandang, minta bantuan papa atau nenek-kakek untuk menemui mereka, saat Ibu sedang beristirahat.
 

1. Konsumsi Makanan Favorit
Bisa dengan cara mengatasi baby blues adalah dengan melakukan hal-hal yang Ibu sukai. Diantaranya yakni dengan konsumsi makanan favorit. Namun, pastikan makanan tersebut tetap sehat.

2. Refreshing atau Jalan-jalan di Sekitar Rumah

Bisa dengan menghirup udara segar dan berjalan ke sekeliling rumah adalah salah satu cara mengatasi baby blues. Ibu bisa bekerja sama dengan Ayah atau keluarga yang berada di rumah.
 

3. Tidur Cukup
Diantara penyebab baby blues adalah stres. Sehingga, pastikan Ibu terhindar dari stress saat mengasuh anak.


4. Olahraga Rutin
Diantara cara alami mengatasi syndrome baby blues adalah dengan berolahraga rutin. Cukup waktu sebentar saja tak usah berlama-lama, namun tetap pastikan Mama konsisten dan rutin saat olahraga.
 

5. Bicaralah dengan Pasangan tentang Suasana Hati Ibu

Selanjutnya cara menangani baby blues yang utama adalah terbuka terhadap pasangan. Pada waktu Ibu merasakan ada tekanan atau merasa suasana hati tidak enak, Ibu bisa berkomunikasi dengan pasangan.
 

6. Istirahat
Walaupun tidak terpejam, Ibu bisa beristirahat dengan tidak melakukan kegiatan apa pun dalam satu hari. Akan tetapi, pastikan Ibu tetap mendapatkan dukungan dari pasangan.
 

7. Minta Bantuan kepada Ahli

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan, namun hasilnya belum menunjukkan yang maksimal. Ibu dapat berkonsultasi lebih lanjut pada ahli atau expert yang biasa menangani permasalahan ini.