Mendeteksi Penyakit Lewat Bau Kentut

 

Mendeteksi Penyakit Lewat Bau Kentut

Nikekuko.com - Umumnya kentut adalah proses alami pada tubuh manusia. Akan tetapi jika kentut berbau tidak sedap, patut diperhatikan adanya masalah kesehatan pada tubuh. Cara tubuh mengeluarkan gas yang masuk dalam atau diproduksi tubuh yang kita sebut kentut. Bisa tersimpan 0,5 hingga 1,5 liter gas pada saluran pencernaan dalam tubuh manusia.
 

Ketika makan, berbicara, mengunyah, bahkan menelan bisa ada beberapa gas yang ikut masuk ke dalam tubuh. Sehingga beberapa bakteri bisa secara normal tinggal di dalam usus manusia dan mengeluarkan gas.


Angin atau gas-gas tersebut akan menumpuk dalam saluran cerna dan harus dikeluarkan dengan cara kentut. Meskipun kentut merupakan hal yang normal, tapi aroma tidak sedap bisa jadi adanya masalah pada kondisi pencernaan. Terdapat kentut yang berbau akan memiliki kandungan dimethyl sulfide, sulfur, hidrogen sulfida, dan methanethiol.


Adanya kandungan tersebut, kentut yang berbau tidak sedap bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

Simak, berikut beberapa masalah kesehatan yang ditandai dengan kentut yang berbau tidak sedap.

1. Intoleransi Laktosa

 

Sebagian manusia bisa mengonsumsi susu yang mengandung tinggi laktosa.
Manusia dengan masalah intoleransi laktosa tidak memiliki cukup enzim untuk memecah laktosa yang masuk dalam tubuh.  Dampaknya, akan ada bakteri di usus yang menyerap laktosa dan menghasilkan gas yang berbau tidak sedap.
Hal ini membuat kentut berbau tidak sedap, orang dengan intoleransi laktosa juga bisa mengalami sakit perut.

2. Malabsorbi Karbohidrat

 

Terdapat juga masalah malabsorbsi karbohidrat yang disebabkan tidak mampunya tubuh mencerna karbohidrat dengan optimal.Kondisi ini ringan, masalah ini bisa menyebabkan sakit perut hingga perut kembung.

Namun sebaliknya dalam kondisi berat, masalah ini akan disebut dengan penyakit celiac.

Menimbulkan gejala dari penyakit celiac adalah nyeri dan kaku sendi, tulang menjadi lemah dan rapuh, hingga kejang-kejang.

3. Infeksi Saluran Cerna

Pada saat mengalami infeksi saluran cerna, kita juga bisa mengeluarkan kentut dengan bau tidak sedap.

Hal ini menimbulkan, Infeksi saluran cerna biasa disebabkan oleh bakteri atau virus yang menginfeksi saluran pencernaan.

Pada saat masalah ini terjadi, bisa jadi akan mengalami sakit perut, demam, hingga diare. Bila terjadi dalam waktu lama, penting untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

4. Sembelit

Sembelit atau  kontipasi akan membuat fases menumpuk dan tertahan di usus dalam waktu lama. Dalam kondisi ini akan membuat bakteri berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan kentut menjadi berbau tidak sedap.
Itu tadi empat masalah kesehatan yang bisa ditandai dengan kentut yang berbau tidak sedap.