Tips Menjaga Kebahagian Diri Sendiri

Tips Menjaga Kebahagian Diri Sendiri

Nikekuko.com -  Melewati dan menjalani kehidupan dengan segala hal tak terduga di dalamnya bisa sangat melelahkan, bukan hanya secara fisik tapi juga mental. Oleh karena itu mengapa setiap dari kita perlu menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri. Namun bagaimana cara memulainya? Beberapa tips menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri yang bisa dicoba.

1. Pahami diri sendiri

Terkadang dari kita terjebak dalam pola pikir persaingan dan membandingkan diri sehingga lupa untuk memeahami diri sendiri. Memahami diri sendiri bisa sesederhana memutuskan bahwa kamu layak dihargai. Lakukan dengan berlatih berpikiran positif dan menyanjung pencapaian yang telah kamu lakukan. Meski bagaimana pun kamu tidak akan bisa menemukan kepuasan dengan melihat kehidupan orang lain.


2. Murahlah untuk selalu tersenyum

Menjalani hidup janganlah terlalu serius. Banyak hal lucu dan menyenangkan di sekitar kita yang sebenarnya bisa membuat bahagia. Jika kehilangan selera humor adalah hal yang berbahaya, karena kamu akan cenderung melihat hal negatif dan buruk ketimbang yang baik. Lantas belajarlah menciptakan sudut pandang yang lebih santai, menemukan hal-hal lucu dan bisa menghiburmu.Oleh sebab itu, dengan sendirinya kamu akan merasa lebih bahagia menjalani hidup.
 

3. Pastikan tetap selalu bersyukur

Terkadang alasan yang membuat banyak orang tidak bahagia adalah kurangnya rasa syukur. Sering menginginkan hal yang lebih dari ini, lebih dari itu dan lain sebagainya. Sehingga tidak sadar ada banyak sekali hal kecil yang perlu disyukuri, sesederhana bisa melihat wajah kedua orangtua hari ini, menikmati sarapan yang lezat atau bisa bernapas dengan lega tanpa merasa hidung tersumbat di pagi hari.


4. Luangkan waktu untuk keluar rumah
 

Pada seseorang  sering merasa stres dan berpikiran negatif jika terlalu lama berada di dalam rumah. Lantas cara terbaiknya adalah jalan-jalan keluar rumah. Dengan melihat apa yang terjadi di sekitarmu, mendapatkan udara segar, menikmati sinar matahari, berinterasi dengan orang lain dan menyadari bahwa ada banyak hal yang ternyata bisa kamu syukuri selama ini. Sesederhana berputar mengelilingi jalanan perumahan bisa sangat menyenangkan.

5. Lupakan sejenak akan ponsel

Tips terbaik untuk menciptakan kebahagiaan yang sering kita lupa di zaman sekarang adalah puasa memegang handphone. Segala sesuatu yang terjadi di media sosial yang bisa sangat menguras pikiran, kita bisa memangkas sumber stres tersebut dengan tidak memedulikan apa yang terjadi di dunia maya. Kembali fokus pada kehidupan nyata, kamu bisa melakukan hobi baru di rumah, memasak, menari, melukis, berkumpul dan ngobrol lebih sering dengan keluarga, teman dan pasangan atau hal lain yang bisa membuatmu lupa dengan adanya ponsel.

6. Olahraga
 

Kegiatan olahraga bukan hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh tapi juga kesehatan mental. Pada saat rajin olahraga, menggerak tubuh dengan berbagai aktivitas menyenangkan, maka secara alami tubuh akan membakar kalori dan melepaskan hormon kortisol si penyebab stres. Secara alami  tubuh akan melepaskan endorfin yang menciptakan kebahagiaan dan rasa puas di dalam diri. Akan lebih banyak meningkatkan asupan oksigen ke dalam otak sehingga membantu mengurangi kecemasan, Depresi, dan meningkatkan kebahagiaan ketika kita olaraga.