19 Perusahaan Farmasi Mengklaim Produknya Bebas dari EG dan DEG

Kabar menggemparkan Kemenkes mengimbau penyetopan sementara obat sirup di apotek dan meminta tenaga kesehatan tidak meresepkan sediaan tersebut kepada masyarakat. Instruksi ini menyusul adanya lonjakan kasus gagal ginjal misterius yang menyerang 200-an anak, dikaitkan dengan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).

Saat ini masih dilakukan investigasi mengenai produk yang dimaksudkan dan belum ada hasil resmi yang diumumkan. Akan tetapi, sejumlah perusahaan farmasi sudah ramai-ramai mengklaim produk obat sirup mereka tidak mengandung EG dan DEG.
Berikut daftar beberapa perusahaan farmasi yang telah mengeluarkan pernyataan resmi, mengklaim produknya bebas etilen glikol-dietilen glikol:

1. Tolak Angin Cs

PT Sido Muncul memastikan produk Tolak Angin tidak mengandung senyawa yang dikait-kaitkan dengan gagal ginjal akut, yakni etilen glicol dan dietilen glicol.

Produk Tolak Angin dengan sediaan cair ini disebut menggunakan rempah-rempah khas Indonesia dan tidak mengandung senyawa EG dan DEG.

2. PT Bintang Toedjoe


Pada kemasan sachet cair diklaim tidak mengandung EG dan DEG.Hal ini pada produk yang dimaksud antara lain Bejo Jahe Merah, Komix, Komix Herbal ini dijelaskan Pada Produk-produk Bintang Toedjoe.

3. Kalbe Farma


Memastikan sejumlah produk obat cairnya bebas dari kandungan dua senyawa berbahaya tersebut. Akan halnya pada beberapa produk yang dimaksud, antara lain beberapa varian obat batuk Woods, serta obat suspensi Promag.

4. PT Pharos Indonesia


PT Pharos Indonesia menyatakan 2 produk obat sirupnya tidak mengandung bahan baku Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG). Pada kedua produk tersebut adalah Proris Suspensi variant Jeruk (60 ML) dan Proris Suspensi Forte (50 ML) varian Strawberry.

5. PT PIM Pharmaceuticals

 PT PIM Pharmaceuticals mengklaim 5 produk sirupnya tidak mengandung EG dan DEG.  Juga termasuk di antaranya paracetamol sirup dengan komposisi 120 mg/5 ml.

6. PT RAMA

PT RAMA mengklaim 9 produk obat sirup tidak mengandung EG dan DEG. Tercatat diantaranya paracetamol drops, Remco Cough, dan Tera F Sirup.

7. PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk.


PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, mengklaim 8 produk obat sirup tidak mengandung EG dan DEG. Semuanya produk tersebut adalah Tempra Drops. 

8. PT Combiphar

Mengklaim hingga saat ini tidak menerima laporan adanya kasus AKI dalam salah satu produknya yaitu OBH Combi dan tetap terus melakukan memantau efek samping obat dan perkembangan kasus.

9. PT Sanofi

Mengklaim 7 produk obat sirup tidak mengandung EG dan DEG. Termasuk diantaranya adalah obat sirup Bisolvon kids, extra, dan solution.

10. PT Dexa Medica


Mengklaim semua produk obat sirup yang terdaftar atas nama perusahaan tersebut tidak menggunakan bahan baku EG dan DEG dan terus melakukan pemantauan rutin terhadap keamanan produk dan melaporkan secara berkala.

11. PT SOHO Industri Pharmasi


 PT SOHO Industri Pharmasi, mengklaim semua produk obat sirup yang terdaftar atas nama perusahaan tersebut tidak menggunakan bahan baku EG dan DEG. Semua obat tersebut berbahan dasar herbal dan multivitamin serta tidak menggunakan bahan baku paracetamol

12. PT Sanbe


Mengklaim 48 produk obat sirup tidak mengandung EG dan DEG. Tercantum diantaranya adalah Sanmol.

13. PT Deltomed

PT Deltomedmengklaim semua produk obat sirup herbal tidak mengandung EG dan DEG karena 100 persen herbal dan bersertifikasi OHT dan Jamu. Termasuk diantaranya adalah OB Herbal.

14. Konimex


Mengklaim 33 produk obat sirup tidak mengandung EG dan DEG. Tercantum diantaranya Termorex Baby dan Plus.

Dari pada itu, Konimex juga sudah memberikan tanggapan (pada link berikut) terkait laporan BPOM RI yang menyebutkan Termorex sirup dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik 60 ml mengandung Etilen Glikol di luar ambang batas aman.

15. PT Natural Nutrindo


PT Natural Nutrindo  mengklaim 3 produk obat sirup tidak mengandung EG dan DEG. Termasuk diantaranya Nordic Naturals Baby's DHA dan Children's DHA Liquid.

16. PT Novell Pharmaceutical Laboratories

Mengklaim 44 produk obat sirup tidak mengandung EG dan DEG. Termasuk diantaranya Glitaven Syrup.

17. PT Deltomed Laboratories
 

Mengklaim produknya tidak mengandung etilen glikol dan dietilen glikol. Beberapa produk termasuk di antaranya Antangin JRG, OB Herbal, Imugard Junior, dan Kojima Madu Habbatussauda.

18. PT Gratia Husada Farma

Memastikan sejumlah produk obat cairnya tidak menggunakan dua senyawa berbahaya tersebut. Produk yang dimaksud, yakni seluruh produk Hufagripp termasuk Hufagripp Pilek serta Hufagripp Flu dan Batuk.

19. PT Tempo Scan Pacific, Tbk

Memastikan produk mereka tidak mengandung senyawa yang dikait-kaitkan dengan gagal ginjal akut, yakni etilen glicol dan dietilen glicol.

Adapun produk yang dimaksud yakni seluruh merek bodrexin dan Contrexyn termasuk bodrexin Flu dan Batuk serta bodrexin demam.