Bahaya Etilen Glikol dan Dietilen Glikol dalam Obat Sirup

 

Dampak Bahaya Etilen Glikol dan Dietilen Glikol dalam Obat Sirup

Pengertian - Apa itu Etilen Glikol dan fungsinya?

Zat kimia Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) adalah bahan kimia tidak berwarna dan tidak berbau, namun memiliki rasa  manis. Bahan kimia ini tidak boleh dikonsumsi dan bisa menimbulkan efek racun bagi tubuh jika tertelan.

Umumya, Etilen Glikol digunakan sebagai campuran bahan kimia dalam produk rumah tangga, seperti:

  1. Antibeku (antifreeze)
  2. Cairan pencuci mobil
  3. Produk de-icing
  4. Deterjen
  5. Minyak rem kendaraan
  6. Bahan pelarut industri
  7. Cat
  8. Kosmetik


Apabila  zat ini sampai tertelan, maka akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya. Efek bahaya Etilen Glikol dan Dietilen Glikol bagi kesehatan

Dilansir dari WHO, Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) beracun bagi manusia dan bisa berakibat fatal jika dikonsumsi. Kedua zat ini memiliki efek toksik bagi tubuh yang bisa menimbulkan:

  1. Sakit perut
  2. Muntah
  3. Diare
  4. Tidak bisa buang air kecil
  5. Sakit kepala
  6. Perubahan kondisi mental
  7. Gagal ginjal akut
  8. Kematian

Terlebih, dalam sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi Dietilen Glikol bisa menyebabkan komplikasi sistemik dan neurologis yang parah, meliputi:

  1. Kejang
  2. Neuropati perifer
  3. Gagal ginjal dan hati
  4. Koma

Jadi, Anda sudah mengetahui bahaya Dietilen dan Etilen Glikol bagi tubuh jika tertelan, apa lagi jika terkandung dalam obat batuk si Kecil. Untuk itu, Anda harus selalu teliti sebelum menggunakan obat.

Dapat diperhatiakan Anda membeli obat di apotek resmi dan selalu membaca informasi lengkap pada kemasan. Bila ragu, tanyakan lebih lanjut kepada apoteker dan berkonsultasi dengan dokter.