Ditemukan di Produk Dry Shampoo Terkandung Benzena, Pemicu Kanker

 

Ditemukan di Produk Dry Shampoo  Terkandung Benzena, Pemicu Kanker

Sebagian produk shampo kering atau dry shampoo ditarik dari peredaran. Yakni perusahaan multinasional asal Inggris, Unilever menarik merek sampo kering mulai dari Dove hingga TRESemme. Diperkirakan produk ini mengandung benzena, senyawa kimia yang bisa menyebabkan kanker.

Lantas apa sebenarnya benzena? Mengapa bisa ditemukan dalam produk dry shampoo yang saat ini justru banyak digunakan?

Benzena merupakan cairan tidak berwarna yang mudah terbakar dan Benzena juga mudah menguap di udara saat terkena panas.

Senyawa Benzena banyak digunakan sebagai produk tekstil hingga rumah tangga. utamanya untuk pembuatan bahan kimia lainnya, termasuk plastik, pelumas, karet, pewarna, deterjen, obat-obatan, hingga pestisida. Tak elak jika zat ini ditemukan pada produk dry shampoo.

Meski demikian, benzena merupakan bahan kimia yang berbahaya. Jika terpapar tingkat tinggi dapat menyebabkan efek kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.

Dampak jangka pendek paparan benzena

Pada saat Anda terpapar benzena dalam dosis tinggi, sistem saraf akan terganggu. Dampaknya akan muncul rasa kantuk, pusing, sakit kepala, tremor, kebingungan, atau tidak sadarkan diri.

Bila Anda tidak sengaja mengonsumsi benzena maka akan mual, muntah, iritasi lambung, pusing, kejang, dan detak jantung yang cepat. Pada kasus ekstrim, menghirup atau menelan benzena yang sangat tinggi bisa mematikan.

Dampak jangka panjang paparan benzena 

Dampak  jangka panjang dari paparan benzena dapat merusak sumsum tulang.  Adapun ini bisa menyebabkan berbagai penyakit yang cukup berbahaya. Timbulnya penyakit-penyakit itu misalnya;

1. Anemia dan tubuh memar

Terkontaminasi benzena yang tinggi bisa memengaruhi produksi sel darah merah. Hal ini berhunungan dengan sumsum tulang yang rusak.

Jika jumlah trombosit darah yang rendah, yang dapat menyebabkan memar dan pendarahan yang berlebihan.

2. Masalah imunitas

Pada jumlah sel darah putih terganggu akibat paparan benzena. Besaran sel darah putih yang rendah dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan bahkan dapat mengancam jiwa. 

3. Mengganggu organ reproduksi

Pada wanita yang menghirup benzena dalam kadar tinggi selama berbulan-bulan memiliki periode menstruasi yang tidak teratur dan penyusutan ovarium, tetapi tidak diketahui secara pasti apakah benzena menyebabkan dampak ini.
Belum diketahui apakah paparan benzena mempengaruhi janin pada wanita hamil atau kesuburan pada pria.

Mengapa bisa ditemukan dalam produk shampo?


Benzena sebenarnya tidak digunakan untuk memproduksi barang-barang konsumsi seperti sampo dan kondisioner kering, tabir surya aerosol, anti perspirant, atau pembersih tangan.
Akan tetapi diambil dari beberapa sumber jika Benzana selalu ada kemungkinan kontaminasi. Hal ini disebabkan benzena memang digunakan dalam banyak produksi bahan kimia. Pada kasus penarikan yang dilakukan Unilever pada 18 Oktober, penyelidikan internal menemukan propelan aerosol dalam kaleng semprotan jadi sumber kontaminasi.