Daftar Barang yang Dibatasi dan Dilarang Dalam Dunia Penerbangan

Daftar Barang yang Dibatasi dan Dilarang Dalam Dunia Penerbangan

Barangkali sebagian belum tahu kita jika ada beberapa barang, yang biasa pakai sehari-hari, ternyata tidak bisa bawa masuk ke dalam tas bagasi kabin maupun terdaftar (checked bag).

Tranportasi udara yakni pesawat merupakan moda transportasi yang sangat kompleks, maka prosedur kesalamatannya pun ketat. Oleh karena itu tak heran ada beberapa barang yang diatur jumlahnya untuk dibawa, bahkan ada barang tertentu yang tidak boleh dibawa sama sekali. Lalu, apa saja barangnya? Berikut daftar barang yang dilarang di pesawat.

  1. Cairan, aerosol, gel, dan serbuk (Cairan kimia dan beracun seperti baterai basah cair yang mengandung asam asidik dan alkali juga tidak boleh dibawa. Ini juga termasuk substansi korosif atau pemutih seperti air keras, klorin, semprotan pelumpuh seperti mace, cairan merica, gas airmata, dan material radioaktif. Material yang dapat menular atau membahayakan biologis seperti darah yang terinfeksi, bakteri dan virus.
  2. Alkohol
  3. Disinfektan berbasis alcohol dan produk sanitasi lainnya
  4. Pemantik dan korek api
  5. Benda yang dapat mengembang
  6. Makanan (Anda juga dilarang membawa makanan benda berbau tajam. Misal, buah durian, buah nangka dan terasi masuk ke dalam benda-benda yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin karena aromanya yang menyengat.
  7. Pelurus rambut, gunting kuku dan alat pedikur lain umumnya tidak diperkenankan untuk dibawa.
  8. Tas pintar
Daftar Barang yang Dibatasi dan Dilarang Dalam Dunia Penerbangan

Sedangkan, barang yang diawasi, yang diperbolehkan dalam bagasi kabin

Barang-barang berikut tidak dapat dikemas dalam bagasi terdaftar tetapi diperbolehkan untuk bagasi tangan apabila memenuhi persyaratan.
Rokok elektrik

Barang yang diawasi, yang diperbolehkan dalam bagasi terdaftar

Barang-barang berikut tidak diperbolehkan dalam bagasi kabin, tetapi dapat dikemas dalam bagasi yang didaftarkan apabila memenuhi persyaratan.

  1. Pistol, senjata api, dan peralatan lain yang menembakkan proyektil
  2. Benda tajam atau bersudut tajam
  3. Peralatan pertukangan
  4. Benda tumpul
  5. Barang yang diawasi memerlukan verifikasi visual

Namun, ada barang tertentu yang boleh Anda bawa ke dalam pesawat, disimpan dalam bagasi terdaftar dan/atau bagasi kabin. Tim Layanan Pelanggan  di Maskapai harus memverifikasi barang dengan cara melihat langsung barang tersebut sebelum barang dibawa dalam perjalanan, untuk memastikan barang tersebut dikemas secara aman.

Barang  memerlukan verfikasi visual sebelum memulai perjalanan

Silakan menghubungi Layanan Pelanggan untuk informasi lebih lanjut, dan saat di sana, pastikan Anda memberi tahu bahwa Anda membawa salah satu barang ini.  Setelah memeriksa bahwa keadaaannya aman untuk terbang, akan memberi Anda persetujuan yang diperlukan.

Daftar Barang yang Dibatasi dan Dilarang Dalam Dunia Penerbangan

Barang-barang yang disita 

Pihak maskapai senantiasa berusaha memenuhi keinginan pelanggan, namun mereka meminta Anda untuk mematuhi peraturan di atas agar keselamatan Anda tidak terganggu.

Pihak maskapai tidak bertanggung jawab atau berkewajiban secara hukum atas barang penumpang yang disita oleh petugas keamanan bandara. Oleh karena mereka bertindak sesuai dengan peraturan internasional dan pemerintah.

Pihak maskapai tidak dapat menjamin pengembalian barang Anda yang disita. Akan tetapi, jika petugas keamanan mengembalikan barang tersebut, dengan senang hati pihak maskapai akan menyimpankannya untuk Anda dengan total jangka waktu pengambilan 7 hari.