Cara Tepat Mengatasi Badan Lemas dan Mual Usai Bepergian

 

Cara Tepat Mengatasi Badan Lemas dan Mual Usai Bepergian
Cara Tepat Mengatasi Badan Lemas dan Mual Usai Bepergian

Menghadapi perjalanan jauh seringkali membuat kamu kelelahan hingga badan lemas dan mual. Apabila terus diforsir untuk beraktivitas, badan justru bisa makin drop dan berujung sakit. Maka dari itu, kamu semestinya istirahat sejenak untuk mengisi ulang energi yang sudah habis.

Diantara penyebab tubuh lelah setelah bepergian adalah kurang tidur.Oleh sebab itu, segera istirahat usai sampai dirumah. Usahakan tidur cukup setidaknya enam sampai delapan jam setiap malam. Jauhi yang namanya begadang yang justru bisa membuat tubuh lemas.

Cara Mengatasi Badan Lemas Setelah Bepergian

Selain istirahat dengan tidur cukup, berikut tips lain untuk mengatasi badan lemas:

1. Lakukan dengan mandi di pagi hari
 
Beristirahatlah dengan cukup, segera mandi di pagi hari agar tubuh menjadi segar. Aktivitas mandi di pagi hari nyatanya bisa memperlancar sirkulasi darah sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Karena, mandi di pagi hari akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak. Sel-sel ini yang berfungsi menangkal serangan berbagai virus dan bakteri  penyebab penyakit.

2. Mengkonsumsi minum air putih

Sedikit  minum bisa membuat tubuh dehidrasi sehingga membuat badan semakin lemah. Lantas, cukupi kebutuhan cairan dengan rutin minum air putih minimal delapan gelas sehari. Dikarenakan, air putih adalah pilihan terbaik ketimbang lainnya karena tidak ada tambahan apapun. Jauhi dengan meminum teh atau kopi yang mengandung kafein. Kandungan zat ini bisa menyebabkan gangguan tidur sehingga mengganggu waktu istirahat. Bukan itu saja, kafein juga bisa memicu asam lambung sehingga mual bisa semakin parah.

3. Pijat

Bepergian juga kerap membuat tubuh pegal-pegal. Nah, pijat adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya. Pijat memberikan efek relaksasi santai sekaligus menghilangkan stres.

Oleh karena, praktek ini dapat mempengaruhi sistem saraf perifer, meningkatkan rangsangan dan konduksi impuls saraf serta mempercepat proses regenerasi (pemulihan) saraf. Adapun efek terhadap saraf tersebut mampu  melemahkan dan menghentikan rasa sakit. Alhasil, pegal-pegal bisa teratasi.

4. Rileks dengan aromaterapi
 
Sifat relaksasi dan menenangkan yang dimiliki oleh aromaterapi. Aromanya juga ampuh untuk mengurangi rasa mual. Dapat memilih aroma minyak peppermint yang menyegarkan sehingga mampu mengembalikan energi yang hilang. Dengan dihirup, aromaterapi juga bisa dioleskan pada atubuh sambil dipijat.

5. Lakukan pola makan

Meski sedang kelelahan, kamu tetap tidak boleh melewatkan waktu makan. Melewatkan waktu makan justru bisa memicu asam lambung sehingga memperparah mual. Tentukan makanan yang kamu konsumsi sehat dan bergizi seimbang. Boleh menikmati makanan mewah, berlemak atau makanan cepat saji. Akan tetapi, usahakan jangan sampai berlebihan. Dengan diimbangi dengan buah dan sayur.

Pada buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Serat di dalamnya juga menjaga pencernaan tetap lancar. Sehingga, kamu tidak mudah sakit dan lebih berenergi.