Fungsi dan Pengertian dari Pembangunan Titik Nol dari Suatu Wilayah

Fungsi dan Pengertian dari Pembangunan Titik Nol dari Suatu Wilayah
Bupati Rejang Lebong Melakukan Titik Nol Pembangunan Jalan Kartini Curup

Akhir-akhir ini bertebaran foto titik nol. Sementara yang dimaksud adalah, titik mengawali atau titik nol kilometer. Lalu apa maksud dan fungsinya?

Titik nol adalah titik yang menjadi acuan atau marka tanah untuk menentukan jarak dari satu kota ke kota lainnya atau dari suatu wilayah.

Umumnya, baik di Indonesia dan kota-kota di dunia, titik nolnya terletak di alun-alun atau lapangan besar di pusat-pusat kota dan ditandai dengan tugu atau monumen.

Di area itu di antaranya berdiri gedung pusat pemerintahan, rumah ibadat utama dan kantor pos besar.

Misalnya, Tugu Monas. Tugu ini , sejak tahun 1980 menjadi Titik Nol kota Jakarta. Sebelum Jakarta dijuluki sebagai kota metropolitan, letak titik nol kilometernya berada di Menara Syahbandar yang sekarang berdekatan dengan Museum Bahari di Jalan Pasar Ikan No.1, Jakarta Utara.

Sedangkan, untuk penentuan lokasi titik nol kilometer, ditentukan dengan cara merujuk pada koordinat geografis .
Nantinya titik ini ditetapkan sebagai titik pusat atau titik mulai dari suatu wilayah.

Fungsi titik nol kilometer ini selain menjadi patokan saat pengukuran jarak antar wilayah hingga negara, juga sebagai referensi lokasi pembangunan berbagai infrastruktur di suatu wilayah.

Pada beberapa lokasi di Indonesia, titik nol kilometer bahkan sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, dalam bentuk tugu.

Dulu, penomoran jalan berpatokan pada titik nol tersebut. Semakin dekat dengan tugu, maka nomor jalan semakin kecil. Sebaliknya, semakin jauh dengan tugu , nomor jalan pun akan semakin besar.

Dengan demikian, orang yang berada di tengah kota bisa melakukan orientasi.Sejumlah titik nol kilometer di Indonesia sudah menjadi obyek wisata.Misalnya yang ada di kab. Rejang lebong yakni Wisata Titik Nol Ulu Musi.

Seberapa pentingkah titik nol kilometer pada sebuah kota ?

Titik Nol Kilometer adalah penanda atau titik di mana suatu tempat yang ditetapkan diberi tanda 0 Kilometer, artinya untuk tanda mulai menghitung jarak dari satu tempat ( kota ) ke tempat ( kota ) yang lain. Maka dari itu Titik O Kilometer itu sangat penting.Di beberapa negara, Kilometer Nol ( juga sering ditulis km 0 ) atau sebutan dalam bahasa lainnya, merupakan sebuah lokasi (umumnya di ibu kota negara), di mana jarak secara tradisional diukur.

Sebutan yang sama juga ditetapkan untuk setiap jalan (seluruh lokasi di jalan itu memiliki nomor, tergantung jaraknya dari lokasi tersebut), dan untuk setiap kota (umumnya di pusat kota digunakan untuk titik nol kilometer ).