Gejala Stroke Ringan Jangan Dianggap Sepele

 
Gejala Stroke Ringan Jangan  Dianggap Sepele
ilustrasi gb nikekuko.com

Nikekuko.com - Gejala Stroke ringan memang bisa sembuh dalam waktu singkat. Akan tetapi, agar tidak telat diobati kenali tanda stroke ringan yang harus diwaspadai. Ministroke atau stroke ringan dikenal juga sebagai transient ischemic attack (TIA).
 
Berdasarkan dari beberapa sumber kesehatan stroke ringan atau ministroke terjadi ketika bagian otak mengalami kekurangan aliran darah sementara. Pemicu stroke ringan adalah gumpalan darah di arteri yang terhubung ke otak. Sehingga terjadi penyumbatan, penyumbatan ini besifat sementara dan aliran darah dapat kembali normal dengan cepat. 
 
Transient ischemic attack /TIA menyebabkan gejala mirip stroke biasa, tetapi kondisi ini bisa sembuh dalam waktu singkat, beberapa jam hingga 24 jam. Bila stroke biasa, dapat menyebabkan gejala dan komplikasi permanen. 
Ada beberapa tanda-tanda stroke ringan Dikutip dari Verywell Health, berikut macam tanda-tanda stroke ringan yang paling umum:
 
1. Dapat dirasakan pada mati rasa pada wajah, tangan, dan/atau kaki di satu sisi tubuh.
2. Lambat atau sulit untuk memahami bahasa lisan 
3. Susah untuk berbicara 
4. Sering pusing atau vertigo yang tidak dapat dijelaskan 
5. Kehilangan penglihatan pada satu atau kedua mata 
6. Penglihatan ganda atau penglihatan kabur 
 
Indikasi stroke ringan yang spesifik bergantung pada bagian otak yang terpengaruh, misalnya: Pada yang menderita stroke ringan di area otak yang mengontrol gerakan tangan, mungkin Anda dapat mengalami kesulitan menulis. Juga ditemui yang mengalami stroke ringan di batang otak yang menampung pusat keseimbangan gaya berjalan, kontrol suara, dan gerakan mata, mungkin Anda akan mengalami vertigo (sensasi gerak dan pusing), kesulitan berbicara, atau penglihatan ganda. 
 
Bila Anda atau orang dekat Anda mengalami tanda-tanda stroke ringan seperti di atas, segera periksa ke dokter. Supaya dapat diketahui, stroke ringan adalah "serangan peringatan" yang tanda-tanda stroke yang lebih parah. Berdasarkan studi, satu dari tiga orang yang mengalami stroke ringan bakal mengalami stroke yang lebih parah dalam satu tahun. Oleh sebab itu, segera evaluasi kesehatan dan lakukan pengobatan jika Anda merasakan tanda-tanda stroke ringan di atas.