Pengertian dan perbedaan pelatihan, pendidikan, dan Pengembangan SDM

nikekuko.online- Pengertian Pendidikan  adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mebentuk suasana belajar untuk peserta didik secara aktif dalam rangka pengembangan potensi dirinya, dalam prosesnya peserta tersebut memiliki kemampuan berdasarkan spiritual, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia,  kepribadian, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pengertian Pendidikan dapat juga ditafsirkan sebagai usaha sadar yang secara sistematis untuk mencapai nilai kehidupan atau  untuk kemajuan lebih baik lagi.

Secara sederhananya, definisi pendidikan merupakan proses pembelajaran, bagi peserta didik untuk dapat mengerti dan paham, dan mampu berpikir secara kritis dengan landasan yang bersumber.

Pelatihan merupakan suatu kegiatan dalam prosesnya telah dirancang untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) melalui sistem kegiatan identifikasi, menelaah serta proses belajar yang terencanakan. Hal tersebut dilakukan melalui usaha untuk membantu mengembangkan keterampilan yang diperlukan agar dapat melaksanakan tugasnya, baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

Pengembangan adalah upaya dalam meningkatkan kemampuan, moral, teoritis, teknis yang di cocokkan dengan kebutuhan melalui DIKLAT dengan memperhatikan potensi peserta didik.

Tujuan dari Pengembangan Staff 

1. Bertujuan untuk meningkatkan level produktivitas kerja karyawan pada setiap tingkat organisasi. contohnya, sering kali terbukti mampu meningkatkan keterampilan dan motivasi .

2. Pesatnya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan mengharuskan setiap elemen harus menyesuaikan dengan hal tersebut, dan meng up-grade pengetahuan di setiap elemen suatu organisasi agar terhindar dari ketertinggalan ilmu pengetahuan dan cara menggunakan teknologi.

1. Jelaskan apa yang dimaksud paradigma pembelajaran

Suatu Model pembelajaran yaitu pola berpengaruh dalam praktik pengembangan Sumber Daya Manusia di USA. Paradigma ini memiliki tiga acuan yang berbeda : 

1. Proses Interaksi individual yang berpusat pada peningkatan individual.

2. Proses Interaksi berbasis kinerja yang berpusat pada peningkatan kinerja individual melalui belajar.

3. Proses Interaksi sistem menyeluruh yang berpusat pada peningkatan kinerja keseluruhan melalui mekanisme belajar.

Paradigma pembelajaran berfokus pada pembelajaran untuk menghasilkan kinerja.

2. Jelaskan apa yang dimaksud paradigma Kinerja

Paradigma kinerja merupakan sesuatu yang berhubungan dengan peningkatan kinerja, dan teknologi kinerja.

Pandangan sistem kinerja memiliki 2 pendekatan :

1. Pendekatan peningkatan kinerja berfokus terutama pada sistem kinerja dilevel individu.

2. Peningkatan kinerja sistem merupakan pandangan terluas mencakup campuran dari belajar dan non belajar yang terjadi pada semua level.

Pembelajaran Mempengaruhi Kinerja SDM

Contoh dalam kinerja organisasi, pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan secara terukur. Pembelajaran juga mampu meningkatkan potensi produktifitas kinerja karyawan yang nantinya akan berpengaruh pada peningkatan kinerja organisasi. Semakin baik suatu program pembelajaran yang up date kepada anggota organisasi, maka akan semakin baik pula sistem kinerja organisasi dalam mencapai tujuan utama organisasi tersebut. 

Menurut "Wibowo" (2007th), ada beberapa cara pendekatan yang berbeda untuk dapat manfaatkan sebagai barometer kinerja suatu organisasi,  contoh seperti: "Balanced Scorecard" yang dikembangkan oleh "Kaplan dan Norton", dimana salah satu cara pandang yang digunakan dalam pengukuran yaitu proses pembelajaran dan pertumbuhan. Untuk melukiskan pembelajaran dan pertumbuhan sumbernya berasal dari faktor sumber daya manusia (SDM), sistem dan prosedur organisasi. Termasuk dalam perspektif ini adalah pelatihan pegawai dan budaya perusahaan yang berhubungan dengan perbaikan individu dan organisasi.

Terima kasih semoga bermanfaat