Pentingnya Desain Produk Untuk Menarik Konsumen

nikekuko.online- Kemajuan teknologi mendorong suatu perusahaan harus mengembangkan produk yang berkualitas dan mampu bersaing dalam pemasaran, bukan hanya teknologi saja yang harus di kedepankan seiring dengan pengetahuan SDM suatu perusahaan dalam menciptakan karya seni yang menghiasi desain suatu produk yang menarik untuk membujuk konsumen secara tidak langsung.



Desain suatu produk mampu menghipnotis konsumen sehingga Pembisnis saat ini dituntut untuk merancang kemasan suatu produk yang akhirnya mampu bersaing dalam memenangkan minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Pertanyaannya, Bagaimana Desain Produk Mampu menarik Minat Konsumen?

Dalam desain suatu produk, perusahaan harus mengutamakan desain suatu kemasan berbeda dengan yang lain tanpa harus mengesampingkan peran kemasan dengan pola yang sederhana namun mampu menciptakan emosional dan menarik perhatian konsumen, suatu kemasan haruslah mempunyai nilai plus untuk setiap kemasan produk.

Kemasan produk diharapkan dapat mewakili nama (brand awareness) suatu perusahaan dengan tetap memperhatikan kualitas produk, dan dapat memberikan rasa kepercayaan kepada calon konsume baru, dan juga kemasan tetap memberikan informasi kepada konsumen dengan label produk, data expire, bahan yang terkandung, maupun alamat suatu perusahaan dengan tetap menjaga mutu dari barang yang di dalamnya.

"Faktor yang harus di pertimbangkan dalam mendesain kemasan suatu produk"

  • Keamanan, kemasan tersebut harus mampu menjaga kualitas barang yang ada didalam terhadap kemungkinan yang tidak diingikan pada saat akan di distribusikan. 
  • Biaya produksi, kemasan baru juga harus mempertimbangkan biaya dalam mendesain kemasan agar terhindar selisih dari nilai jual yang telah di putuskan.
  • Pendistribusian, kemudahan dalam pendistribusian juga harus diperhitungkan dari tingkatan distributor, pengecer dan pada saat kemasan tersebut berada dalam keadaan terbaik ke konsumen.
  • Komunikasi, kemasan juga sekaligus sebagai media komunikasi suatu brand, dan mempunyai kemampuan untuk mudah dipahami oleh konsumen.
  • Ergonomi, kemasan sangat mudah untuk di pegang dan dibawa oleh konsumen.
  • Estetika, daya tarik secara visual memaksimalkan mutu dan daya tarik.
  • Identitas, kemasan harus didesain untuk memwakili suatu brand yang bersifat memberikan identitas suatu produk yang dapat membedakan dengan produk sejenis.
  • Promosi, kemasan juga berperan aktif dalam mempromosikan produk itu sendiri.
  • Lingkungan, kemasan juga dituntun untuk ramah lingkungan.

Kemasan yang baik, harus mampu mempengaruhi minat konsumen, dengan mendesain kemasan yang kreatif diharapkan bisnis suatu perusahaan memiliki peningkatan penjualan, inovasi terhadap kemasan juga dapat mewakili perusahaan untuk dapat berkembang dan mampu bersaing dalam bisnis yang sama sekalipun.

Terima Kasih semoga bermanfaat