Perbedaan antara rencana strategi dan rencana strategik

Perencanaan strategis adalah suatu rencana jangka panjang yang bersifat menyeluruh, memberikan rumusan ke mana suatu organisasi/ perusahaan akan diarahkan, dan bagaimana sumberdaya dialokasikan untuk mencapai suatu tujuan selama jangka waktu tertentu dalam berbagai kemungkinan keadaan lingkungan.

Perencanaan strategic atau juga disebut sebagai strategic plans juga merupakan suatu proses pemilihan tujuan organisasi, penentuan strategi, kebijaksanaan, program strategi yang diperlukan untuk tujuan tersebut.


Rencana strategis adalah pernyataan rencana spesifik mengengai bagaimana untuk mencapai ke arah masa depan yang akan diambil oleh entitas, sedangkan perencanaan strategis adalah proses pemutuskan program yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang akan dialokasikan ke setiap program jangka panjang selama beberapa tahun kedepan, hasil dari proses perencanaan strategis berupa dokumen yang dinamakan strategic plan yang berisi informasi tentang program beberapa tahun yang akan datang.


Manajer memerlukan jenis perencanaan khusus yang disebut perencanaan strategis, perencanaan strategis ini akan digunakan untuk menentukan misi utama organisasi dan membagikan ke sumberdaya yang diperlukan untuk mencapainya.

Pemikiran strategis individual mencakup penerapan pertimbangan berdasarkan pengalaman untuk menentukan arah dimasa depan. Pemikiran strategis organisasional adalah koordinasi pikiran kreatif menjadi suatu perspektif bersama yang memunkinkan organisasi melangka ke masa depan dengan suatu sikap untuk memenuhi kebutuhan semua pihak yang berkepentingan. Tujuan pemikiran strategis adlah membantu mengeksploitasi tantangan dimasa depan, jadi bukan hanya sekedar untuk mempersiapkan diri untuk satu kemungkinan yang terjadi di kemudian hari.