Pengertian Inkuiri

inkuiri


Nikekuko.Online- Inkuiri adalah suatu disiplin dalam meneliti, mencari dan menemukan sendiri, seorang ilmuwan selalu ingin menyelidiki atau mencari apabila menghadapai fenomena tertentu. Sikap ini dinamakan sikap inkuiri. Sebenarnya inkuiri merupakan sikap naluriah yang dibawa anak sejak lahir. Apabila sikap ini tetap dibina, artinya diberikan peluang, maka seorang anak akan gemar meneliti sehingga ia dapat menemukan (discover) sesuatu.


Apresiasi terhadap hasil penyelidikan yang berupa penemuan perlu diberikan oleh guru agar meneliti atau menyelidiki menjadi kegemaran anak. Karena keterampilan mental, motorik, dan kreativitasnya, anak tidak hanya dapat menemukan (discover) saja tetapi juga dapat menemukan (invent) suatu karya.


Perlu dijelaskan disini perbedaan antara discover dan invent, secara harfiah to discover berarti membuka tutup, artinya, sebelum dibuka tutupnya sesuatu yang ada didalamnya belum dapat diketahui orang. Sebagai contoh perubahan pandangan dari geosentrisme menjadi heliosentrisme dalam astronomi, Nicolaus Cpernicus memerlukan waktu bertahun-tahun guna melakukan pengamatan dan perhitungan untuk menyatakan bahwa bumi berputar pada porosnya, bahwa bulan berputar mengelilingi matahari dan bumi, bahwa planet-planet lain juga berputar mengelilingi matahari. Kesalahan besar yang ia lakukan adalah bahwa ia yakin semua planet  (termasuk bumi dan bulan) mengelilingi matahari dalam bentuk lingkaran. Penemuan ini menggugah Tycho Brache melakukan pengamatan lebih teliti terhadap gerakan planet. Data pengamatan kemudian membuat Johanes Kepler akhirnya mampu merumuskan hukum-hukum gerak planet yang tepat. Penemuan ketiga tokoh ini merupakan discovery dan cara seperti ini digunakan dalam proses pembelajaran dengan istilah metode penemuan.

Kemudian  contoh invention adalah penemuan Thomas Alva Edison (1847-1931), dengan penemuan bola lampunya dan penyempurnaan teknologi dimasa lalu hingga sekarang yang terus dikembangkan oleh ilmuan masa kini dan seterusnya 


Tentu saja sikap inkuiri tersebut tidak lepas dari ketekunan dan ketelitian yang terlatih, ketekunan merupakan senjata ampuh bagi ilmuwan karena tanpa ketekunan dan ketelitian, eksperimen yang "membosankan" ditinjau dari segi waktu tidak akan memberikan hasil yang diinginkan, disamping itu para ilmuwan telah menunjukkan kegagalan dalam kegiatan discover- invent, hal ini membuktikan bahwa sifat ketekunan dan ketelitian sangat besar dimiliki para ilmuwan.