9 Manfaat dan Khasiat "MINUMAN TUAK" dipercaya Untuk Kesehatan

 

tuak



Tuak merupanan minuman khas Sumatra Utara yang di olah dari hasil fermentasi air nira, kelapa, beras dan minuman buah yang memiliki kandungan gula. Namun minuman memiliki kadar alkohol yang rendah, bahkan lebih rendah dari bir maupun anggur sekalipun (Namun tetap saja bisa bikin puyeng bila di kosumsi terlalu banyak.,.hehehe minum tuak juga ya).

Selain membuat kepala oleng alias memabukan jika diminum dalam jumlah yang banyak, pendapat sebagian masyarakat, minuman ini ternyata mempunyai sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh. Yaitu kandungan yang terdapat dari ramuan ini meliputi berbagai vitamin, protein, mineral, karbohidrat, fosfor, kalsium, saponin, sukrosa dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Inilah manfaat minuman tuak bagi kesehatan apabila di kosumsi dengan tepat.
1. Sebagai Obat Penenang
Bagi penderita insomia atau penyakit susah tidur ada baiknya untuk mencoba ramua fermentasi ini, apabila anda mengalami masalah sulit tidur (insomia) anda dapat mengkonsumsi minuman ini karena dapat dimanfaatkan sebagai obat tidur atau penenang.

2. Susah buang air besar.
Kurangnya mengkonsumsi sayuran atau buah yang berserat dapat menyebabkan terjadinya sembelit, karena kurangnya serat dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari. Rasa tuak yang pahit di anggap dan dipercaya oleh masyarakat sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit ini, jika anda mengkonsumsinya dengan dosis yang wajar maka permasalahan ini dapat teratasi.

3. Menurunkan Demam
Ramuan ini juga di percaya dapat menurunkan demam pada anak dan orang dewasa. Sistem kekebalan tubuh dapat terganggu yang disebabkan deman. Sebagian peminum ramuan ini percaya dapat mengatasi demam dengan meminum ramuan ini.

4. Memberikan Efek Kehangatan dan Kesegaran

Bagi masyarakat yang berdomisi di daerah pegunungan yang memiliki suhu cuaca yang dingin, ramuan ini juga dapat memberikan efek hangat yang berasal dari dalam tubuh setelah anda mengkonsumsi minuman ini.

5. Melancarkan ASI

Menurut pengakuan masyarakat setempat ramuan ini juga dapat mempelancar ASI bagi ibu-ibu yang baru saja melahirkan, Apabila terjadi oksidasi pada ibu menyusui maka produksi ASI pada ibu akan berkurang, sehingga kualitas ASI akan menurun, dengan ramuan ini apabila dikonsumsi oleh ibu menyusui dapat bermanfaat untuk mencegah perubahan atau oksidasi atau nutrisi selama menyusui.

6. Menghilangkan Stress
Tekanan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dapat membuat perubahan suasana hati seseorang, bagi anda mengalami perubahan suasana hati menjadi buruk maka dianjurkan bagi anda untuk mencoba mengkonsumsi Tuak agar dapat mengembalikan suasana hati menjadi baik kembali.

7. Diabetes
Diabetes salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kematian, dengan  mengkonsumsi tuak secara teratur dengan dosis yang rendah dapat mengurangi kadar gula darah anda.

8. Menjaga Kesehatan Tulang
Menjadi tua itu salah satu proses kehidupan, tulang  di usia yang berproses sangat membutuhkan vitamin untuk kepadatannya. Bertambahnya umur mempengaruhi kepadatan tulang akan semakin menurun atau rapuh. Tua dan Tuak mempunyai hubungan dekat dan sangat dianjurkan oleh masyarakat setempat untuk  mengkonsumsi tuak, dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh untuk menjaga kepadatan tulang.
9. Melancarkan Sistem Pencernaan
Aktifitas sehari-hari mempengaruhi pola makan seseorang dan dapat menyebabkan sistem percernaan menjadi terganggu dan rentan mendapatkan penyakit, tuak juga dipercaya dapat mengatasi permasalahan pencernaan yang terganggu dengan cara mengkonsumsi secara tepat.
 
Demikianlah 9 manfaat dari mengkonsumsi minuman jenis tuak, namun di balik itu semua bagi anda yang ingin mencoba, tetaplah harus dalam batasan yang tepat, karena tuak dalam efek nyatanya dapat membuat anda menjadi mabuk dan sulit untuk mengontrol diri anda sendiri,  Anda bisa mengkonsumsi minuman ini dalam batas wajar sehingga tidak membahayakan dan justru bermanfaat bagi tubuh.