Kenapa Sering Terjadi Gempa Bumi

gempa bengkulu



nikekuko.online- Bengkulu merupakan salah satu wilayah Indonesia yang sering sekali tercatat sebagai daerah paling banyak terjadi gempa bumi, Apa sih penyebab dari gempa bumi tersebut ?

 

Lapisan permukaan bumi yang bernama litosfer yang terdiri dari lempengan tektonik (dikupas dari situs resmi NASA gempa terjadi karena kulit bumi bergeser), Lempengan ini secara alami terus bergerak di setiap waktu, ada 8 lempengan yang sangat aktif di bumi yaitu;
 

  1. Lempengan Indo-Australia
  2. Lempengan Pasifik
  3. Lempengan Amerika Utara
  4. Lempengan Amerika Selatan
  5. Lempengan Antar tika
  6. Lempengan Nazca
  7. Lempengan Eurasia
  8. Lempengan Afrika


Lempengan ini bergerak menjauh bahkan bertabrakan satu sama lainnya.

Sementara itu wilayah Indonesia secara keseluruhan berada di antara ketiga lempengan tersebut yaitu lempengan Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Menurut data yang di ambil dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) negara kita secara keseluruhnya, berada di bawah ancaman gempa besar maupun kecil.

Kepulauan Sumatra merupakan salah satu wilayah yang paling rawan terhadap gempa adalah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, dan Lampung.

Pertanyaan yang sering muncul, Mengapa gempa bumi sering terjadi di pulau Sumatra? jawabnya adalah karena pulau Sumatra yang juga dikenal dengan nama Andalas berada di batas Konvergen yang mana Lempengan Sunda megathrust ditundukan di bawa lempengan Indo-Australia, dilansir dari laman Facts Of Indonesia. Lempengan terus bergerak miring pada kecepatan 60mm/tahun dari komponen belahan didorong oleh patahan-patahan di pulau Sumatra.

Gempa bumi juga dapat di pengaruhi oleh aktivitas gunung berapi aktif, interaksi dari pergerakan lempengan juga dapat memicu terjadinya gempa bumi karena keduanya ini dinilai saling berkaitan. Magma panas dalam gunung berapi aktif dapat memberikan tekanan pada daerah sekitar yang membuat wilayah tersebut menjadi retak dan memicunya menjadi gempa.

Kekuatan alam tidak bisa kita duga dan tak ada yang mampu menahannya, kita sebagai manusia yang lemah tak akan kuasa bila yang kita khawatirkan terjadi menimpa kita, sebagai mahluk yang lemah kita harus terus berdoa agar kita tidak mendapatkan cobaan tersebut. (Lilo)