Warganet Heran Hujan Hebat, Jakarta Belum banjir


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya memprediksi hujan eksrem akan terus menguyuri Jakarta sejak 28 Januari hingga 2 Februari 2021, meskipun begitu ibu kota terus menerus di guyuri hujan lebat sejak 29 Januari 2021 malam hingga 30 Januari 2021, belum ada laporan di Jakarta tergenang banjir meskipun hujan cukup lebat.

Banyak pertanyaan warganet yang heran, dikutip di berbagai akun twitter.



@thatod,."kok Jakarta belum banjir ya??

@Yosefaja,. "Hujan lebat keluhannya ya banjir, belum muncul tuh?

@Tagi, "Jakarta ujan mulu belakangan ini, tapi ga banjir ya? Heran

Tidak sedikit warganet juga memuji kinerja pasukan oranye dan biru milik PemprovDKI Jakarta yang di pimpin Gubernur Anies Baswedan.



Jakarta tidak tergenang oleh banjir seperti tahun-tahun sebelumnya, karena program penanganan banjir berjalan secara optimal, kata wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria. "Seperti yang kita ketahui, ini sudah di akhir Januari 2021. Alhamdulillah, kita belajar dari tahun sebelumnya, biasanya genangan banjir sudah begitu luas, ini semua karena program yang kita buat untuk penanganan banjir berjalan dengan baik, kata Riza

Program penanganan banjir dengan cara pengerukan sungai, perbaikan pompa dan polder, terobosan codetan, bekerja optimal di akhir tahun 2020, akan tetapi khususnya untuk banjir ini, yang lebih penting peran serta masyarakat yang turut serta dalam kesadaran mengenai sampah dan kebersihan lingkungannya masing-masing agar tetap terjaga," ujarnya.



Anies Baswedan menyatakan upaya dalam pencegahan banjir akan percuma, solusi bagi banjir di kawasan Jakarta adalah penambahan waduk, Volume air yang masuk ke Jakarta juga perlu di tahan, justru yang harus dibereskan adalah bagaimana caranya air yang masuk ditahan di hulu dan antara hulu dan Jakarta, sehingga volume air yang masuk ke Jakarta dapat di kendalikan. Saat ini sedang dibangun dua waduk yang berada di kawasan Bogor, dan dua waduk ini kalau selesai Insya Allah di bulan Desember ini selesai maka waduk ini akan membantu menahannya,"ujar Anies.

Dan Anies juga berencana untuk membangun saringan raksasa di sungai yang diperuntukkan supaya sampah dari luar Jakarta tidak dapat masuk ke sungai, karena dia melihat pintu air manggarai yang menahan volume sampah mencapai 170 ton dalam kurun waktu 24 jam.

Good Job Anies,.