Pengertian tentang Email dan Sejarahnya

pengertian tentang email dan sejarahnya
Sejarah Email dan Pengertiannya
Nikekuko- Email merupakan kepanjangan kata dari Elektronik Mail atau dalam pengertian kita sehari-hari bisa juga disebut Surat Elektronik (Surel) yang menjadi sarana dalam mengirim surat yang proses melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang intinya memiliki akses internet. Nah kalau kita mengirim surat biasa, kita akan dikenakan biaya (Membeli Perangko) namun pada Surat Elektronik hanya dibutuhkan sambungan internet (full kan quota internet anda).

 

Fungsi Email

Email merupakan alamat resmi yang diberikan mamang google kepada kita di dunia maya (seperti alamat kotak surat yang sering nongkrong di depan rumah kita), melalui email ini kita dapat terhubung pada setiap kegiatan yang beruhungan dengan internet pada umumnya, seperti sarana mendaftar akun facebook, twitter, dan akun media sosial lainnya. Untuk mengakses akun tersebut kita butuh alamat email, bahkan setiap kita akan membeli Android, email ini wajib kita miliki untuk mengaktifkan seluruh fitur yang ada di dalam android tersebut. Email juga berfungsi sebagai sarana pengiriman dokumen elektronik berbentuk file, baik itu foto, video, rekaman audio dll.

Sejarah Email

Diawali pada tahun 1971, seorang Insinyur bernama Ray Tomlinson yang  ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG, program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama beberapa dekade, dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif, apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan dari mesin satu kemesin yang lainnya, dengan format text kemudian mesin dua memberi respon komunikasi kepada mesin satu juga dalam bentuk text, yang merupakan komunikasi timbal balik antara kedua mesin tersebut.

 

Ray kemudian melakukan exsperimen pada proyek ini,dengan menggunakan sebuah program  SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Kemudian ia melanjutkan percobaannya itu dengan menggunakan file protokol, yang kemudian di kenal dengan nama CYPNET, hingga program SNDMSG mampu mengirim pesan ke komputer lain dalam satu jaringan ARPAnet, sejak  percobaan tersebut berhasil kemudian akhirnya tertulis dalam sejarah terciptanya sebuah e-mail, pesan e-mail yang pertama kali didunia adalah QWERTYUIOP" (format pengetikan yang ada di android kalian saat ini).

Satu tahun kemudian, Ray kemudian mengenalkan icon "@" sebagai identitas e-mail, yang bertujuan untuk memisah user (pengguna) id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "Pada".

EUDORA merupakan merupakan salah satu program email pertama dan yang  terbesar untuk dapat digunakan oleh umum, email ini pertama kali pada tahun 1988 oleh Eteve Dorner. Bertepatan pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois, Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika, Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Awal kemunculannya email ini dapat dimiliki secara gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora kemudian menjadi produk professional.
Seperti Google saat ini, pada masanya Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena merasa lebih baik dari Eudora, tetapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser. 

 

Perkembangannya email saat ini sangat umum untuk digunakan pada dunia digital saat ini, email sangat dibutuhkan untuk perangkat elektronik yang berbasiskan internet seperti android, laptop. Pengguna internet saat ini wajib memiliki email, untuk memberikan infomasi alamat dan kontak kita kepada pengguna lainnya. Kesannya bila kita tidak memiliki email maka kita tidak akan mendapatkan informasi lebih dari internet itu sendiri. (Lilo)