Aneka Ragam Penyerahan Sirih Menurut Adat Rejang

bakul sirih bekulu
Tempat sirih peralatan "Bekulo"



1. Sirih Umeak Bugei

Penyerahan sirih dari kedua orang tua calon mempelai kepada kedua BMA atau ketua batin, guna melaksanakan perasanan anaknya penyerahaan ini dilakukan diruangan tengah jangan diruangan tamu.


2. Sirih Minta Izin

Sirih tua atau tua batin menghadap raja atau tua kutei untuk meminta izin membuka acara atau menyampaikan pesan yang tertentu menurut adat istiadat.

3. Sirih Serah Kumet

Sirih kerja dari ahli rumah melalui tua batin kepada ketua kutei,supaya dapat diumumkan kepada masyarakat yang hadir untuk melaksanakan pekerjaan bimbang secara bersama-sama.


4.Sirih Mampar Sayap

Sirih ini mengakui kesalahaan yang terjadi baik disengaja atau tidak disengaja apapun yang terjadi, semacam pepatah adat mengatakan tangan mencencang bahu memikul dalam artikata merasa tanggung jawab atas kesalahannya.


5.Sirih Penyerahan

Sirih ini menepati janji,pada hari penyerahan pengantin laki-laki kepada kutei pengantin wanita dan kepada orng tuanya.


6.Sirih Bekadeak Bekadau

Sirih ini memberi tahukan apa saja pekerjaan kepada ketua kutei supaya perangkat desa/Lurah mengetahuinya apa yang akan kita rencanakan supaya masyarakat tidak kaget.

7.Sirih Pindah Baso

Sirih ini adalah ucapan terima kasih kepada paitia kerja kutei masyarakat karib berabad yang telah bersusah payah mengerjakan pelaksanaan perayaan atau bimbang dan langsung membubarkan panitia, kedua pengantin memindah baso.