Kuliner Khas Bengkulu Selatan-Manna

Daerah Bengkulu Selatan kabupaten Manna terkenal dengan masakan yang menggunakan Santan sebagai proses di dalam pemasakannya.

Ada beberapa masakan  yang terkenal di daerah Bengkulu Selatan diantaranya, gulai teghung (terong) , gulai lepang (timun), gulai kambas, gulai bungo sesilo (bunga kates/pepaya), serta gulai ikan palau. yuk kita kulik apa-apa saja masakan khas daerah Bengkulu Selatan-Manna.


1. Cak Uncung 

Bahan pembuatannya menggunakan bahan dasar pisang Serindit yang terkenal disana. Tetapi boleh juga diganti pisang lain, beras ketan yang bisanya di sebut padi pulut. Daun pisang serta garam sedikit.

Prosesnya kedua bahan pisang dan beras ketan (padi pulut) di campur sampai merata. Daun pisang kita layugh (di layukan)  supaya daunnya tidak pecah dalam proses pembukusan. Dibentuk kerucut dan masukan adonan tadi jangan lupa diberi garam sedikit supaya guri tetapi bukan asin. Selanjutnya proses pengukusan didalam dandang.


2. Gegelang

Kuliner khas Bengkulu Selatan Gegelang  yang lezat. Berbahan dasar Beras Ketan yang di haluskan menjadi tepung , kelapa dan gula merah, serta minyak untuk menggorenganya. Tepung ketan di uleni dengan air dan masukan kelapa parut di beri gula merah secukupnya garam secukupnya. 

Selanjutnya proses pencetakan dengan dibuat lingkaran kecil kecil, lalu digoreng dengan api kecil gampangkan rasanya jangan ditanya lezat dan wangi yang khas.


3. Gulai Lelecap

Gulai lelacap


Bahan dasarnya menggunakan dari siput, luenca dan santan sebagai kuanya, serta bumbunya bumbu nenek moyang kita cabe, laos, serai, kunyit, bawang merah dan putih, jahe,  salam, daun jeruk, tumis bumbunya didihkan santannya masukan semua luenca dan siput dan boleh masukan kacang panjang peramenya masak sampai matang.Sangat lezatt.


4. Juada kedurang

Kuliner ini berbahan dasar dari Pisang Kepok (pisang apa aja boleh) selanjutynya tepung beras, tapai ketan hitam, air secukupnya dan sedikit kapur sirih, garam secukupnya.

Prosesnya siapkan semua bahan, air secukupnya masukan garam kapur sirih aduk agar supaya semua larut sempurna. Lalu masukan ke dalam tepung tuangkan sedikit demi sedikit hingga adonan pas, tidak terlalu encer atau pun terlalu kental. Panaskan minyak goreng, kupas pisang, belah pisang menyerupai kipas goreng keminyak hangat. Goreng hingga garing kekuning keemasan. Fungsi kapur sirih untuk membuat kriuk-kriuk renyah pada tepungnya. Hidangkan dengan Tapai Ketan.

Sensasi  memakan pisang goreng bersamaan dengan tapai ketan mempunyai keunikan citarasa yang khas tidak percaya boleh dicoba.