Hubungan antara Akuntansi Manajemen dan akuntansi keuangan

hubungan antara akuntasi manajemen dan akuntasi keuangan


Nikekuko - Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba menguraikan tentang hubungan antara akutansi manajemen vs akutansi keuangan.


Apakah ada hubungannya, atau memang berbeda?

Akutansi keuangan dengan akutansi manajeman pada dasarnya sangat berbeda, dapat kita contohkan pada seorang yang memiliki anak kembar otentik, namun meskipun begitu, antara keduanya memiliki kesamaan setidaknya ada dua hal sifat yang melekat pada anak kembar tersebut:

  1. Akutansi keuangan dan akutansi manajemen sangat bergantung pada sistem informasi akuntasi, untuk menghindari nilai pemborosan (Uang). dua sistem ini mengumpulkan data berbeda untuk berjalan secara berdampingan, akuntansi manajemen memaksimalkan data akuntansi keuangan yang dihasilkan secara rutin, meskipun akutansi manajemen memperluas dan menambah data tersebut.
  2. Akuntansi manajemen dan Akutansi keuangan sangat bergantung pada konsep pertanggungjawaban atau kepengurusan. Akuntansi keuangan meliputi seluruh pengelola keuangan  dengan kepengurusan perusahaan sebagai suatu keseluruhan, sedangkan Akutansi manajemen berkaitan dengan kepengurusan bagian perusahaan, dan kaitan ini melibati sampai pada orang terakhir dalam organisasi yang memiliki tanggung jawab apapun tentang keluar masuknya suatu biaya.

Dari dua persamaan di atas dapat kita tarik kesimpulan sementara bahwa Akuntasi manajemen memiliki level di atas akuntansi keuangan, namun kedua sistem ini tidak dapat dipisahkan untuk keberlangsungan suatu organisasi atau perusahaan, Akuntansi keuangan hanya berfokus pada informasi keuangan secara teknis, sementara itu akuntansi manajemen harus mampu membuat informasi tersebut menjadi lebih luas agar bisa digunakan untuk di implementasikan oleh pihak pemilik perusahaan untuk menjaga bisnisnya tetap survive.


Terima kasih semoga bermanfaat.