Kadar dan Karat Emas Paling Sempurna untuk Perhiasan

emas perhiasan


Nikekuko - Banyak orang menyangka kalau semakin tinggi karat perhiasan emas mereka maka semakin bagus dan bergengsi pula perhiasannya. Namun anggapan ini tak selamanya benar. Memang benar kalau semakin murni emas harganya akan semakin mahal dan gengsi Anda jadi lebih tinggi.


Hanya saja, hal ini tak berarti emas yang semakin murni, kasarnya tinggi dan karat besar pasti menjamin perhiasan lebih bagus kualitasnya. Salah- salah justru malah rugikan Anda.

"Kalau pilih perhiasan dari emas murni, apalagi ditambah berlian  dengan desain berlian yang di apait emas, pasti resiko hilangnya berlian semakin tinggi," kata Tanya Alissia, GM Marketing Communication The Palace.


Ternyata, semakin tinggi kadar emas dalam sebuah perhiasan justru makain "buruk"  untuk perhiasan, maka perhiasan akan semakin lunak.

Lunak yang di maksud tertentu saja bukan lunak atau empuk seperti makanan. Namun, yang dimaksud adalah tak kuat menahan adanya tambahan detail yang di berikan. Selain itu, logam mulia ini juga mudah berubah bentuk jika terkena panas. Karena sifatnya yang lunak ini, emas harus di campur dengan logam lainnya agar jadi lebih kuat, bisa dibentuk dan bisa mempertahankan bentuk dengan kuat.

"Emas yang paling cocok untuk di buat perhiasan adalah emas dengan kadar 75%. Sedangkan karatnya adalah 18 - 22 karat," ujarnya.


Perhiasan emas 75 karat ini berarti, perhiasan tersebut mengandung emas 75% dan 35% sisanya adalah kandungan logam lainnya.


Emas 75% , 18-22karat adalah kombinasi sempurna yang bisa mempertahankan bentuk perhiasan dengan cantik. " Emas 24 karat atau emas murni itu lunak '' ujar Tanya.