10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer

Nikekuko - Jambi menyuguhkan potensi wisata yang memukau dan istimewa.

Mulai dari menjelajah cagar alam, panti pasir putih hingga danau dengan pemandangannya yang mempesona, bisa Anda dapatkan di Jambi. Berikut ulasan wisata yang perlu dikunjungi.

 

1. Pulau Penyu

 

10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer


Menikmati ekosistem pulau tak berpenghuni, dengan hamparan pasirnya yang cantik serta melihat lebih dekat kehidupan penyu di habitat aslinya menjadi satu hal yang tak terlupakan. Hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan menjelajahi tempat wisata di pesisir timur Jambi, yaitu Pulau Penyu.

 

Pulau kecil ini merupakan salah satu tempat yang disukai para penyu untuk menyimpan telur-telurnya karena dirasa lebih aman sebab tak dihuni oleh manusia. Tak heran mengapa, karena akses menuju pulau cantik ini belum terkomandir. Sehingga jarang ada. Orang datang.

 

Sehingga Anda bisa menikmati pulau eksotis ini bagaikan pulau pribadi, tak hanya pantai berpasir putihnya, dipulau ini juga dihiasi bebatuan serta laguna dalam yang menyebutnya makin memukau.

 

Alamat lokasi Pulau Penyu. Dijalan kecamatan Sadu, kabupaten Tanjung Jabung Timur, provinsi Jambi.

 

2. Danau Sipin

 

10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer

 

Letaknya yang berada di pusat kota Jambi membuatnya menjadi destinasi favorit untuk menghabiskan waktu santai.

 

Menikmati sunset sambil mengelilingi danau yang tengahnya banyak kerambah ikan yang dijajakan di sekitar danau oleh yang punya keramba.

 

Alamat lokasinya kecamatan Telanai Pura, kota Jambi, provinsi Jambi.

 

3. Bukit Ngarau Merangin

 

10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer

 

Ingin melihat pemandangan Jambi dari sudut yang berbeda?.  Maka jangan lewatkan kesempatan berkunjung ketempat wisata di Jambi yang satu ini. Di Merangin ada bukit Ngarau yang akan menawarkan pesona Jambi dan. Kota-kota disekitarnya yang begitu memukau dari ketinggian. Saat berada di puncak bukit, Anda akan di suguhi pemandangan alam yang sungguh indah meresapi sejuknya udara segar pegunungan. Serta tempat spot fhoto kekinian.

 

Alamat lokasinya Kecamatan Tabir Ulu, kabupaten Merangin, provinsi Jambi.

 

4. Air Terjun Pancuran Rayo

 

10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer


 

Jika berkunjung ke Jambi, rasanya akan rugi jika tak menyempatkan mampir ke kebupaten Kerinci untuk menikmati air terjun Pancuran Rayo yang nan elok keindahannya.

 

Alamat lokasinya berada di kecamatan Danau Keliling. Air terjun dengan ketinggian 150 meter ini disebut salah satu Air terjun yang tertinggi dipulau Sumatra.

 

Tak heran jika percikan airnya begitu deras bak gemuruh ketika mengantam bebetuan dibawahnya, sungguh pesona alam yang elok nan indah. Tempat wisata ini cukup tersembunyi dengan askes jalan yang berliku khas daerah lereng gunung menjadikannya begitu menantang untuk di jelajahi.

 

Alamat lokasinya, Dusun Baru Pulau Tengah, kecamatan keliling, kabupaten Kerinci provinsi Jambi.

 

5. Candi Muaro Jambi

 

10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer

Salah satu lagi destinasi menarik yang sarat dengan nilai historis yang tidak  boleh terlewatkan, candi Muaro Jambi.

 

Dengan luas area kompleks candi kurang lebih sekitar 3.981 hektar membuatnya menjadi salah satu kompleks candi Hindu - Buddha yang terluas di Asia Tenggara.

 

Berjarak sekitar 26 km dari pusat kota Jambi, destinasi ini bisa ditempuh dengan waktu tak kurang  dari 45 menit dengan perjalanan darat. Akses jalan yang cukup memadai membuat tempat wisata di Jambi ini mudah dijangkau. Tak heran jika banyak saat libur atau akhir pekan tempat ini selalu ramai dengan pengunjung.

 

Alamat lokasinya Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

 

6. Danau Gunung Tujuh 

 

10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer

Bila gunung Semeru punya Ranu Kumbolo, maka Jambi ada Danau Gunung Tujuh yang berada di kawasan gunung tujuh. Menawarkan dengan keindahan air yang biru jika di lihat di kejauhan terlihat menawan dan mempesona.

 

Berada di puncak Gunung Tujuh dengan ketinggian 2.005 mdpl membuat danau ini jadi salah satu danau kaldera tertinggi yang ada di Asia Tenggara. Karena lokasinya yang berada di puncak gunung menjadikannya tempat wisata di Jambi ini begitu elok dan menawan hati yang membuat mata terpesona akan keindahannya.

 

Alamat lokasinya Desa Pelompek, kecamatan Ayu Ari, kabupaten kerinci, Jambi.

 

7. Air Terjun  Renah Sungai Besar

 

10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer

Jambi dianugerahi alam yang begitu menakjubkan, tak heran jika kemudian banyak yang tertarik untuk mengeksplorasinya. Salah satunya sabagai kawasan wisata, seperti di Ranah Sungai Besar misalnya yang memiliki air terjun yang indah dan masih alami.

 

Volume airnya yang deras membuat air terjun ini begitu mempesona ditambah dengan airnya yang sejuk dan dikelilingi panorama alam nan asri membuat siapapun betah berlama-lama di sini untuk menghilangkan penad selama rutinitas yang kita jalani.

 

Alamat lokasinya Renah Sungai Besar, Libur Lubuk Mengkuang, kabupaten Bungo, Jambi.

 

8. Jembatan Pedestarian dan Menara Gentala Arasy

 

10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer

Tak cuma alamnya yang indah, Jambi juga punya ikon wisata kota yang tak kalah menarik e bahkan jadi destinasi wajib setiap warganya. Dimana lagi kalau bukan di jembatan Pedestarian dan Menara Gentala Arasy atau yang kerap kali disebut jembatan Gentala Arasy saja.

 

Dua deatiasi ini memang berdekatan sehingga membuatnya kerap disebut dengan satu nama saja. Meskipun demikian pesonanya tak pernah luntur, terlabih uniknya jembatan yang memiliki panjang kurang lebih 540meter yang dibangun di atas sungai Batang Hari ini terlihat bagitu magah dan indah.

 

Sayang jika sudah ke Jambi tak menyempatkan menyusuri keindahannya. Ditambah adanya Menara Gentala Arasy yang berada salah satu ujung jembatan membuat tempat wisata di Jambi ini begitu sayang jika hanya dilihat sambil lalu.

 

Belum lagi nilai sejarah yang ada ditempat tersebut, tak hanya memuaskan ingin memuaskan keinginan jalan-jalan tetapi juga sekaligus sebagai sarana belajar tentang sejarah.

 

Terutama sejarah tentang Jambi dan perkembangan sejarah agama-agama disana.


Alamat lokasinya Sungai Buluh, Muara Bulian, kabupaten Batang Hari, Jambi.

 

9. Air Terjun Talang Kemulun

 

10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer

 

Meski lokasinya tak terlalu jauh dari pusat kota, tempat wisata di Jambi yang satu ini belum terlalu banyak diketahui. Tak heran jika suasana Air Terjun Talang Kemulun masih begitu asri dan alami hampir seperti air terjun milik pribadi. Sehingga berlibur di tempat yang satu ini saat liburan bisa jadi alternatif menghilangkan stress.

 

Pemandangan air terjun yang berundak-undak dan tertutup rerumputan ilalang membuatnya begitu indah dan mempesona. Volume air yang tak terlalu deras membuatnya terbilang aman untuk dieksplora lebih dekat. Walaupun demikian Anda harus tetap waspada ketika menikmati eksotisme air terjun ini.

 

Alamat lokasinya, Danau Kerinci, Talangan Kemulun, Danau Kerinci, kabupaten Kerinci, Jambi.

 

10. Jambi Paradise

 

10 Tempat Wisata di Jambi yang Populer

 

 

Selanjutnya ada Jambi Paradise yang jadi destinasi asik kekinian. Dengan luas kurang lebih 4hektar, tempat wisata ini menawarkan banyak aktivitas seru yang menarik.

 

Dari seru-seruan di taman labirin, bermain flat fox, bersepeda hingga naik perahu mengelilingi danau buatan, dan masih banyak lagi. Memasuki area Jambi Paradise Anda akan disambut dengan untaian tanaman yang merambat di sebuah lorong,  tak hanya itu, ditepi danau juga disediakan gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan danau.

 

Alamat lokasinya, Acai, Talang Belido, Mekar Jaya, Desa, kabupaten Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

 

Menjelajahi Jambi ternyata mengasyikan, tapi jagan lupa jangan buang sampah sembarangan cintailah alam, maka alam akan bersinergi dengan kita.