10 Tempat Wisata di Sumatera Barat

Nikekuko -  Sumatera Barat memang sudah menjadi destinasi wisata yang sering kali dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, dan banyak dari mereka yang rela untuk berkunjung hanya untuk melihat keindahan alam tempat wisata di Sumatra Barat. Pulau Sumatra masih memiliki banyak sekali tempat wisata yang asri dan alami yang tak boleh terlewatkan untuk dijelajahi. Sehingga selain tempat wisata yang sudah dikenal, banyak juga tempat wisata tersembunyi yang masih belum banyak pengunjung dan belum kenal. Hal inilah yang menjadikan pulau Sumatra menjadi tempat yang miliki daya tarik dan keindahan tersendiri.

 

10 Tempat- tempat wisata di Sumatra Barat yang wajib dikunjungi.

 

1. Pulau Pasumpahan

 

10 Tempat Wisata di Sumatera Barat
 

Kota Padang memang merupakan tempat yang sering kali terpikirkan oleh para wisatawan jika mendengar Sumatera Barat. Namun, selain kota Padang, ada satu pulau yang wajib Anda kunjungi para pecinta alam jika berkunjung ke Sumatera Barat, yaitu Pulau Pasumpahan.

 

Indonesia memang sudah dikenal dengan banyaknya pulau-pulau indah, sehingga bisa dibilang, Indonesia memiliki keunggulan lebih dari sektor pariwisata, dan salah satunya adalah pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan beberapa tahun terakhir ini sudah sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan karena spot divingnya yang indah. Bukannya hanya itu, pulau Pasumpahan juga menawarkan keindahan alam yang sangat memukau. Pantai pasir putih, Samudera terbuka, dan lautan jernih yang biru membuat tempat ini sangat wajib dikunjungi bagi para pecinta alam.

 

2. Pemandian Tirta Alami

 

10 Tempat Wisata di Sumatera Barat

 

Terletak di tengah pegunungan lalu dikelilingi dengan berbagai pepohonan yang rimbun dan indah, Pemandian Tirta Alami merupakan salah satu objek wisata alami yang terdapat di Sumatra Barat. Tempat ini merupakan spot yang sangat cocok digunakan para pengunjung yang sedang penyegaran suasana dan ingin menenangkan diri.

 

3. Lembah  Anai

 

. Lembah  Anai

 

Sumatera Barat juga memiliki objek wisata terkenal sekaligus menjadi ikon kota tersebut, yaitu Lembah Anai. Lembah Anai merupakan tempat yang sangat indah dan cantik, sehingga sangat disayangkan jika Anda tidak menyempatkan diri untuk datang kesini.

Air terjun yang terdapat di Lembah Anai disinyalir berasal dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju patahan Anai. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang senang berfhoto, karena selain adanya air terjun, disini juga terdapat kereta api peninggalan jaman Belanda dan batu-batuan besar.

 

4. Lembah Harau

 

. Lembah  Anai

 

Selain lembah Anai, terdapat juga tempat menawan yang harus Anda kunjungi di Sumatra Barat, Lembah Harau . Lembah Harau merupakan Lembah tinggi dan curam yang cukup berbahaya, namun memiliki pemandangan yang indah yang tak kalah dengan Lembah Anai. Lembah Harau juga sering digunakan spot lokasi panjat tebing.

 

Para pengunjung  akan mendapati banyak sekali air terjun yang indah yang sangat cantik dan memukau mata. Disanapun para pengunjung bisa menikmati  pemandangan dan bermain-main di lintas sungai air terjun Lembah Harau.

 

5. Puncak Lawang

 

. Lembah  Anai

Di Sumatra Barat, terdapat sebuah pegunungan yang puncaknya bahkan sudah dikenal oleh dunia, puncak tersebut dinamakan  Puncak Lawang yang letaknya sekitar 20 km dari kota Bukit Tinggi. Disini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Bukit Tinggi dari Puncak Lawang, Anda bisa melihat hutan yang mengelilingi kota Bukit Tinggi dan Danau Maninjau dari ketinggian.

 

6. Istana Pagaruyung

 

Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung merupakan salah satu objek wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Istana ini juga sudah sangat sering dikunjungi oleh wisatawan karena memang, disini Anda bisa belajar dan melihat berbagai peninggalan dari kerajaan Sumatera Barat, hal inilah yang menjadikan istana Pagaruyung merupakan salah satu objek wisata unggulan di Sumatra Barat.

 

7. Jam Gadang

 

Istana Pagaruyung

 

 

Meskipun jam Gadang bukan objek wisata alam, namun tidak lengkap rasanya jika mengunjungi jam Gadang. Jam Gadang merupakan objek wisata yang sangat wajib dikunjungi dan memang tempat ini sudah sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan. Terletak di Bukit Tinggi, lebih tepatnya di tengah Alun-alun Bukit Tinggi. Jam Gadang sudah menjadi ikon dan lambang kota Padang, jika usahakan Anda mengunjungi objek wisata ini dan naik ke tingkat atas jam Gadang untuk bisa menikmati keindahan kota.

 

8. Air Nyarai

 

Istana Pagaruyung

 

Banyaknya hutan yang terdapat di Sumatra Barat tentu saja membuat banyak sekali pemandian alami yang tercipta, dan salah satu pemandian alamnya yaitu Air Nyarai. Terletak di jantung Hutan Gamaran, Air Nyarai harus di tempuh oleh para pengunjung dengan cara berjalan kaki menuju ke dalam hutan. Disepanjang perjalananpun  Anda akan menjumpai banyak sekali Lubuak atau kolam alami, seperti Lubuak Lalang, Lubuak Ngungun dan Lubuak Batu Taduang.

 

9. Pantai Pemutusan

 

Istana Pagaruyung

 

Pantai Pemutusan merupakan salah satu objek wisata yang sering kali di kunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Pantai ini merupakan satu-satunya jalan menuju beberapa pulau kecil yang terdapat di pesisir Sumatera Barat. Memang tempat ini memiliki pantai dengan pasir putih yang sangat indah, namun objek wisata yang sebenarnya bukanlah pantai tersebut, namun keindahan bawah laut pantai Pemutusan lah yang membuat tempat ini sering dijadikan objek foto untuk mempromosikan Sumatra Barat.

 

Tempat ini bisa dibilang Merupakan tempat surganya bagi para wisatawan dan penyelam, karena disini Anda bisa melihat dan menikmati bentangan besar trumbu karang. 

 

Disekitar pantai  Pemutusan pun terdapat beberapa  pulau kecil yang bisa dikunjungi menggunakan perahu dengan keindahan bawah lautnya sangat indah. Terdapat juga hotel dan resort di sekitar pantai Pemutusan yang bisa digunakan para pengunjung untuk beristirahat. Kemajuan di bidang pariwisata dan keindahan alam inilah yang membuat Pantai Pemutusan sangat dikenal di dunia.

 

10. Pantai Pagang

 

Istana Pagaruyung

Jika Anda traveling karena menginginkan ketenangan dan mendamaikan hati, maka Pantai Pagang lah yang harus Anda kunjungi, Berbeda dengan Pantai Pemutusan yang dikenal wisatawan Sebagai tempat bermain-main dan bersenang, Pantai Pagang sangat cocok dikunjungi para wisatawan yang ingin beristirahat dan terbebas dari kepenatan perkotaan. Keindahan pantai ini pun tak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Bahkan disini juga Anda akan mendapati beberapa resort sederhana yang bisa digunakan para pengunjung untuk beristirahat.

 

Inilah 10 tempat wisata di Sumatra Barat yang paling rekomendasi buat pecinta alam. Keindahan alam yang dimiliki oleh Sumatra Barat memang sangat  wajib untuk di jelajahi bagi kalian para pencinta alam. Sehingga jangan pernah melewatkan 10 Tempat Wisata Sumatra Barat.