Negara Dengan Waktu Puasa Terlama dan Tercepat di Dunia

 

Negara Dengan Waktu Puasa Terlama dan Tercepat di Dunia


 

Nikekuko - Bulan Ramadhan merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Beruntung buat kalian yang tinggal di Indonesia, karena di Indonesia kalian hanya menjalankan puasa selama 11-12 jam sehari. Tapi, kalian tahu nggak yah ?

 

Ternyata ada loh negara-negara di dunia yang memiliki waktu puasa terlama, bahkan ada yang hampir 24 jam melakukan puasa dalam sehari. Penasaran  negara mana saja.

 

Berikut Negara-negara yang memiliki waktu Puasa Terlama di Dunia.

 

1. Finlandia

Finlandia menjadi negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Negara yang terletak di Benua Eropa bagian Utara ini berpuasa selama 22-23 jam sehari.

 

Muslim di Finlandia mulai berpuasa dari jam 1 pagi dan waktu berbuka puasanya jam 12 di keesokan harinya. Kebayangkan bagaimana sulitnya muslim Finlandia menghadapi puasa terlama di dunia.

 

2. Islandia

Negara yang terkenal dengan keindahan Auroranya ini   mempunyai waktu puasa terlama juga. Muslim di Islandia harus berpuasa selama 22 jam.

 

3. Swedia

 

Muslim di Swedia juga mempunyai tantangan yang sama seperti negara minoritas muslim lainnya. Di Swedia, warga muslim  disana menjalankan puasa selama hampir 20 jam.

 

4. Alaska

 

Ada yang unik dengan salah satu negara bagian Amerika Serikat satu ini. Alaska memang menjadi salah satu negara yang mempunyai waktu berpuasa paling lama di dunia, tetapi Alaska juga bisa menjadi salah satu negara dengan waktu puasa tercepat di dunia. Kok bisa?  Yeah.. saat musim panas, muslim di Alaska harus menjalani puasanya selama 20 jam sehari, tetapi kalau Ramadhan datang saat musim dingin, umat muslim Alaska hanya menjalankan puasa selama 5  jam saja dalam sehari.

 

5. Inggris

 

Inggris juga masuk dalam negara dengan waktu berpuasa lama. Negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth ini memiliki waktu puasa selama 19 jam. Kurang lebih tiga juta umat muslim di Inggris mulai makan sahur sekitar jam 2 pagi dan berbuka puasa sekitar jam 9 malam.

 

6. Jerman

 

Tidak jauh berbeda dengan negara Inggris, di Jerman masyarakat muslimnya harus menjalani puasa selama 19 jam dalam sehari. Negara yang terletak di Eropa negara Barat ini mulai berpuasa jam 4 pagi  sama dengan waktu di Indonesia. Yang membedakannya Indonesia berbuka sekitar jam 6  sore, sedangkan di Jerman waktu berbukanya yaitu jam 10 malam. 


7. Rusia

 

Negara  berbentuk federasi yang membentang di sebelah timur Eropa dan Utara Asia ini memiliki waktu berpuasa terlama juga. Muslim di kota Moskow harus menjalani puasanya selama 19 jam. Tetapi untuk kota Murmansk, muslim di sana menjalankan puasanya selama 20 jam.

 

8. Kanada

 

Negara yang terletak di benua Amerika dan hampir berdampingan dengan bagian Utara bumi yang mempunyai waktu puasa selama 19 jam. Muslim di Kanada memulai sahur sekitar jam 3 pagi dan berbuka puas jam 9 malam. Namun, beberapa negara di Kanada memiliki waktu puasa yang berbeda. Muslim di kota Toronto menjalankan puasanya selama 16 jam, sedangkan muslim di kota Edmonton menjalani puasa 19 jam.

 

9. Turki

 

Sama dengan Negara Kanada, di Turki umat muslim disana menjalankan puasa selama 19 jam. Muslim di Turki mulai sahur pada jam 3 pagi dan berbuka 9 malam. Tetapi, yang membuat Turki berbeda dengan negara lain yaitu Turki memiliki masyarakat yang mayoritas beragama Islam. Jadi berpuasa di Turki rasanya tidak terlalu berat soalnya masyarakat Turki juga banyak menjalankan puasa.

 

Kita yang tinggal di Indonesia harusnya bersyukur   dan tidak bolong- bolong puasanya, karena hanya 12 jam saja.

 

Berikut Negara-negara di Dunia dengan Waktu  Puasa Tercepat  

 

1. Antartika

 

Antartika yaitu merupakan daerah yang memiliki waktu puasa tercepat di dunia, yakini kurang lebih hanya 8 jam. Waktu imsak di Antartika yaitu jam 06:30 pagi, sedangkan waktu berbuka puasa yaitu jam 15:48.

 

2. Chili

 

Chili terletak di Amerika Serikat menjadi negara kedua dengan waktu puasa tersingkat. Umat muslim di Chili menjalankan puasa setiap harinya kurang lebih hanya 9 jam. 

 

3. Argentina

 

Hampir sama dengan Chili, Argentina puasa juga berjalan kurang lebih 9 jam saja.

 

4. Afrika Selatan

 

Negara selanjutnya yaitu Afrika Selatan dengan waktu puasa kurang lebih 10 jam 30 menit saja. Meski cukup sebentar, umat muslim disana harus ekstra menahan cobaan saat berpuasa, dikarenakan cuaca yang sangat panas.

 

5. Brazil

 

Di Brazil, waktu puasa berlangsung kurang lebih 11 jam saja.

 

6. Australia Barat

 

Benua Australia tidak terlalu jauh dengan Indonesia. Di Australia Barat waktu lama puasanya sekitar 11 jam 59 menit saja.

 

7. Kepulauan Komoro

 

Kepulauan Komoro memiliki waktu puasa sekitar 12 jam 30 menit. Kepulauan Komoro yang terletak di samudera Hindia ini adalah salah satu negara dengan jumlah umat muslim yang banyak. Situasi saat Ramadan di sini juga hampir mirip dengan di Indonesia.