7 Kuliner Menarik Khas Sumatera Utara

 Nikekuko - Sumatera Utara memiliki banyak ragam makanan khas. Setiap suku dan daerah punya Kuliner khas masing-masing.

 

Jika kamu sering berkunjung ke daerah pegunungan ini atau sedang merencanakan liburan kesini, sebaiknya kamu harus mencicipi makanan khas Sumatera Utara. Agar nanti tidak menjadi penasaran.

 

Berikut daftar kuliner yang harus Anda coba.

 

1. Dekke Na Niura

 

7 Kuliner Menarik Khas Sumatera Utara

Masakan yang berbahan utama ikan mas  ini  awalnya hanya dimasak saat acara adat saja karena sejarahnya juga Dekke Na Niura ini dahulu masakan bagi para kaum raja-raja suku Batak, tetapi seiring waktu dan perkembangan zaman semua kalangan sudah bisa menikmatinya.

 

Proses pembuatan masakan ini cukup sederhana yaitu hanya mengoleskan bumbu dan asam keatas ikan yang sudah dibersihkan, memang agak aneh tapi rasanya nikmat dan lezat.

 

2. Arsik

 

7 Kuliner Menarik Khas Sumatera Utara

 

Sekilas mirip dengan Dekke Na Niura tapi ini berbeda, berbahan utama ikan mas juga dan ditambah bumbu khas daerah Tapanuli. Perbedaan Arsik ini dengan Dekke Na Niura teletak pada proses pembuatannya, setelah ikan dicampur dengan bumbu lain kemudian di masak dengan sedikit minyak dan air kemudian ditunggu sampai air mengering dan bumbu meresap baru kemudian bisa di sajikan.

 

Rasa bumbu khas yang meresap membuat Anda ingin terus menikmati masakan ini.

 

3. Mie Gomak

 

7 Kuliner Menarik Khas Sumatera Utara

 

Bagi masyarakat Sumatera Utara, mie Gomak mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka karena, mie tradisional ini banyak dijual di rumah makan di Sumatra Utara. Bahkan sering di sebut sebagai spageti khasnya Batak Toba.

 

Proses pembuatan mie yang satu ini cukup sederhana yaitu hanya mencampurkan mie  spageti yang sudah direbus dengan bumbu khas daerah yang membuat rasa mie yang satu ini berbeda.

 

4. Dali Ni Horbo

 

7 Kuliner Menarik Khas Sumatera Utara

Makanan yang satu ini sangat unik karena menggunakan bahan utama susu kerbau yang dibekukan. Proses memasaknya hampir sama dengan memasak Arsik yaitu dengan mencampurkan susu yang sudah dibekukan dengan bumbu khas daerah Sumatra Utara dan salah satunya yaitu andaliman.

Kalau sekarang kamu sedang berkunjung di daerah Sumatra Utara sebaiknya coba lah makan ini dijamin ketagihan.

 

5. Ombus-Ombus

 

7 Kuliner Menarik Khas Sumatera Utara

Ombus-Ombus yaitu kue khas dari salah satu kota kecil di Sumatera Utara bernama Siborong-borong, kue ini sering di jumpai saat pada pesta adat sebagai santapan bersama kopi. Kopi ini terbuat dari tepung beras dicampur gula merah kemudian dibungkus pakai daun pisang lalu dikukus hingga matang, kue ini begitu nikmat apalagi dimakan saat masih hangat membuat rasa khas kue ini ini begitu terasa.

 

6. Bika Ambon

 

7 Kuliner Menarik Khas Sumatera Utara

Untuk masakan yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi Anda karena memang sudah terkenal seluruh Nusantra.

 

Bika Ambon memiliki bentuk yang unik sehingga menambah daya tarik dan penasaran seseorang pada saat pertama kali melihatnya.

 

Jika Anda belum pernah menyantap makanan yang satu ini sebaiknya saat Anda berkunjung ke Sumatera Utara khususnya kota Medan segera membelinya, makanan yang satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk kerabat keluarga.

 

7. Lappet

 

7 Kuliner Menarik Khas Sumatera Utara
  

Sama seperti Ombus-Ombus, lappet juga merupakan kue tradisional dari Sumatera Utara dan bahan untuk membuatnya juga mirip yaitu tepung beras, kelapa dan gula merah kemudian dJuggkus pakai daun pisang lalu dikukus hingga matang. Perbedaannya hanya pada bentuk karena campuran pada saat pembuatan Lappet menggunakan Santan kelapa saja.

Lappet juga sangat cocok sebagai cemilan saat minum kopi ataupun teh bersama keluarga, selain itu kue ini. Juga punya variasi rasa lho.!!!