Kuliner Khas Daerah Aceh

Nikekuko -  Makan khas Aceh memang beragam. Aceh terkenal dengan sebutan serambi Mekkah, selain itu Aceh juga menyimpan beragam pesona alam yang siap memanjakan mata para wisatawan.

Keberadaan pantai serta gugusan Pulau Weh memang membuat wilayah ini semakin menarik untuk di kunjungi.

Bukan hanya menghadirkan keindahan alam yang indah melainkan Aceh juga menyimpan beragam makanan khas Aceh yang terkenal lezatnya.

Apa saja makanan asli Aceh.

 

1. Mie Aceh

 

Kuliner  Khas  Daerah Aceh

 

Dari namanya sudah bisa diketahui jika makanan ini berasal dari Aceh. Memang benar, mie Aceh ini merupakan jenis makanan yang berasal dari Aceh dan terkenal hampir di seluruh Nusantara.

 

Mie Aceh ini dapat disajikan dengan dua jenis masakan, yaitu dengan digoreng ataupun disajikan dengan kuah.

 

Anda juga bisa memesan mie Aceh dengan rasa pedas atau gurih. Mie Aceh disajikan dengan tambahan lauk mulai dari sejenis seafood ataupun daging.

 

Bukan hanya bisa disajikan dalam digoreng atau berkuah saja, melainkan Anda juga bisa memesan mie Aceh dalam beberapa rasa diantaranya pedas dan gurih sesuai dengan selera masing-masing.

 

2. Kuah Pliek U Aceh

 

Kuliner  Khas  Daerah Aceh

 

Kuah Pliek U ini merupakan makanan khas Aceh yang berasal dari Aceh Barat. Kuah Pliek U juga termasuk dalam makanan yang cukup terkenal 

 

Bahkan sampai ada yang mengatakan jika berkunjung ke Aceh belum mencicipi makanan satu ini bisa dikatakan seperti belum berkunjung ke Aceh mengingat terkenalnya serta bisa ditemukan diberbagai rumah makan yang ada  di Aceh.

 

Kuah Pliek U ini diibaratkan seperti sebuah lambang kekerabatan serta keberagaman masyarakat yang ada di Aceh yang kemudian disatukan dalam sebuah kuali sehingga  akan menghasilkan citra rasa lezat dan unik.

 

Pada satu hidangan kuah Pliek U akan ditemukan beragam jenis sayuran yang ada di Aceh.

 

3. Gulai Kambing Aceh

 

Kuliner  Khas  Daerah Aceh

 

Jenis makanan asli Aceh berikutnya adalah. Gulai kambing ini merupakan makanan dari Aceh yang kerap disajikan serta dikonsumsi dalam keadaan hangat. Kelebihan dari Gulai Kambing ini terletak pada daging yang digunakan yaitu sangat empuk dan tidak berbau.

 

Selain itu tidak ketinggalan beberapa perasaan air jeruk nipis sehingga akan segar ketika dinikmati.

 

4. Timpah Aceh

 

Kuliner  Khas  Daerah Aceh

Makanan dari Aceh ini berbentuk kue. Timpahan merupakan kue yang terkenal sejak zaman dahulu.

Kue ini mempunyai cita rasa manis, memang sangat pas digunakan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Aceh.

Berkunjung ke Aceh kurang lengkap manakala tidak mencicipi Timpahan serta membawa pulang  untuk oleh-oleh.

Untuk rasanya, kue khas Aceh ini mempunyai rasa legit serta dibuat dengan bahan utama berupa olahan tepung ketan yang sudah diisi dengan nangka, buah pisang raja, selai, ubi dan labu.

Isian tersebut dibalut dengan menggunakan tepung serta dibungkus dalam kulit daun pisang. Yang membuat unik Timpahan ini mampu bertahan sampai tiga hari dengan aroma yang menggoda selera makan.

 

5. Dendeng Aceh

 

Kuliner  Khas  Daerah Aceh

 

Sama halnya dengan Tumpiah, dendeng Aceh juga diperuntukkan sebagai oleh-oleh khas Aceh. 

 

Dendeng Aceh ini terbuat dari daging sapi yang sudah diiris tipis kemudian dikeringkan serta dicampur dengan beragam bumbu dan rempah pilihan untuk membuat cita rasa serta aroma semakin memikat.

 

Dendeng Aceh terdiri dari dari beberapa rasa diantaranya gurih dan manis. Dendeng Aceh ini sangat nikmat bila disajikan bersama nasi.

 

Dan bisa didapatkan dendeng Aceh dibeberapa toko yang tersebar di wilayah Aceh.

 

6. Keumamah Ikan Aceh

 

Kuliner  Khas  Daerah Aceh

Nama makanan ini masih asing terdengar di telinga. Keumamah merupakan masakan terbuat dari olahan bahan ikan Tuna yang prosesnya direbus dan di keringkan dan diiris untuk dijadikan sebagai menu masakan lezat.

Keumamah juga bisa Anda bahwa pulang ketika sudah di keringkan bahkan bisa bertahan dalam jangka waktu berminggu-minggu serta akan tetap lezat ketika diolah.

 

Untuk menambah cita rasa, keumamah ini dimasak bersama dengan hidangan pelengkap yang di tambahkan dengan beberapa bumbu serta rempah pilihan lain seperti santan kelapa, kentang dan cabai hijau.

 

7. Boh Rom Rom Aceh

 

Kuliner  Khas  Daerah Aceh

Boh Rom Rom Aceh juga termasuk dalam jenis makanan yang cocok digunakan sebagai oleh-oleh.

 

Boh Rom Rom ini hadir dengan rasa bentuk serta rasa unik yang enak dan legit.Bohromrom juga dikenal dengan sebutan kue duel beudeh yang disajikan dengan cita rasa manis serta teksturnya lembut.

 

Boh Rom Rom ini hadir dengan rasa bentuk serta rasa unik yang enak dan legit. boh Rom Rom sendiri dibuat dengan tepung ketan, garam, gula jawa atau gula merah dan air. Tidak lupa taburan  parutan kelapa.

 

Proses pembuatan kue ini juga termasuk mudah, dimana hanya perlu mencampurkan tepung ketan dan air panas dan a lanjunya diaduk hingga rata.

 

8. Meuseukat

 

Kuliner  Khas  Daerah Aceh

 

Meuseukat yaitu jenis makanan tradisional dari Aceh yang terkenal karena desain serta yang legit dan lezat.

 

Kebanyakan, Meuseukat ini memiliki bentuk mirip dengan sosok Aceh. Bahan utama yang digunakan adalah tepung terigu serta campuran nanas.

 

Namun, kue ini agak sulit ditemukan karena melalui proses pemesanan terlebih dahulu.

 

9. Martabak Aceh

 

Kuliner  Khas  Daerah Aceh

Martabak memang setiap kota memiliki keunikan sendiri. Martabak Aceh sendiri menggunakan toping dari bawang merah dan campuran cabe hijau.

 

Selain itu martabak Aceh biasanya di sajikan dengan kuah pedas yang sangat cocok untuk menemani santai Anda.

 

10. Ungkot Kemamah

 

Kuliner  Khas  Daerah Aceh

 

Makanan khas Aceh satu ini memang melegedaris sejak dahulu menjadi primadona setiap keluarga.

 

Ungkot Kemamah sendiri terbuat dari ikan Tuna rebus kemudian dibentuk kecil-kecil dan diberi dengan kuah santan yang kental.

 

Untuk bahan pendukung lainnya supaya rasa dan pedasnya nikmat menggunakan cabe hijau, kentang, daun salam, dan bumbu rahasia nenek moyang yang terjaga sampai saat sekarang.