Manfaat Serai Untuk Kecantikan Juga Kesehatan

Nikekuko - Serai atau sereh merupakan bumbu masakan yang memiliki rasa dan aroma khas. Selain untuk penyedap masakan , serai juga mempunyai manfaat untuk kecantikan.

 

 
Manfaat Serai bisa dengan merebusnya dengan teh dan menjadi minuman yang menyehatkan.

 

Dalam serai, terkandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, diantaranya yaitu kalori, karbohidrat, protein, lemak, asam folat, vitamin B3, B6, B2, B1, A, C, sodium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, selenium, dan zinc.

 

Serai juga mempunyai sifat anti jamur, anti bakteri, anti depresan, analgesik, antipiretik, dan antioksidan.

 

Selain itu, Serai juga mempunyai aroma yang istimewa yang bisa menyejukkan suasana dan memberikan efek tenang.

 

Berikut manfaat Serai.

 

1. Mengatasi gigi berlubang

Manfaat Serai mampu mengatasi gigi berlubang. Konsumsi teh serai bisa membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang.

 

Zat Antimikroba yang ada dalam Serai diyakini efektif dalam melawan bakteri berbahaya seperti streptococcus mutans, yakni bakteri penyebab kerusakan gigi.

 

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Serai memang cukup banyak bagi tubuh, satu diantaranya yaitu mampu membantu menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi serai juga memberikan efek diuretik yang membuat racun dan zat sampah keluar dari tubuh dengan cepat, yang nantinya bisa membantu proses penurunan berat badan.

 

3. Untuk Kesehatan Kulit

Serai dapat memurnikan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini mampu mengatasi masalah kulit seperti  eczema dan jerawat.

Selain itu, serai juga dapat membuat kulit bercahaya secara alami.

 

4. Mengatasi Ketombe

Minyak Serai dipercaya bisa mengatasi ketombe di kepala. Bisa digunakan minyak serai secara langsung pada kulit kepala untuk membasmi ketombe.

Namun, manfaat Serai Untuk mengatasi Ketombe belum tentu efektif terhadap semua orang, sehingga tidak ada jaminan bahwa ketombe akan hilang setelah menggunakan minyak serai.

 

5. Menghidari Gigitan Nyamuk

Aroma Serai yang segar memiliki efek menenangkan mungkin di sukai oleh manusia. Namun, wangi serai ternyata tidak disenangi oleh nyamuk.

Anda mengoleskan minyak serai secara berkala di kulit sehingga membuat kamu terhindar dari gigitan nyamuk.

 

6. Mengatasi Jerawat

Serai memiliki sifat antibakteri dan antimikrophobia sehingga bisa membantu mengatasi berbagai macam masalah jerawat, terutama yang disebabkan kotoran atau pun kuman.

Bagi yang sedang mengalami masalah kulit dengan timbulnya jerawat atau biang keringat di tubuh, kamu bisa mandi dengan menggunakan sabun serai.

Kandungan serai tersebut akan mebunuh kuman dan mempercepat proses penyembuhan jerawat dan juga biang keringat.