Daftar Suku Bangsa di Indonesia

 

Daftar Suku Bangsa di Indonesia
 

 

Nikekuko - Indonesia merupakan negara yang sangat beragam. Indonesia memiliki suku bangsa atau etnik dan ras yang tersebar di wilayah Indonesia. Merujuk pada stasistik BPS (Badan Pusat Statistik) 2010, Indonesia mempunyai kurang lebih 1.340 suku bangsa. Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, dari jumlah suku yang terdata itu, suku Jawa merupakan kelompok yang  terbanyak di Indonesia. Dengan jumlah mencapai 41% dari jumlah populasi di Indonesia.

 

Sedangkan provinsi dengan populasi yang paling sedikit yaitu Kalimantan dan Papua. Pembagian kelompok suku di Indonesia tidak mutlak dan tidak jelas. Ini disebabkan karena perpindahan penduduk, pencampuran budaya, dan pengaruh eksternal. Ratusan suku tersebar di wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dilansir dari beberapa sumber Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia merupakan negara majemuk. Karena mempunyai penduduk berjumlah 260 juta yang terdiri dari 714 suku dan tinggal menetap di 17 ribu lebih pulau dari Sabang sampai Merauke, dan dari Minahasa sampai pulau Rote. Dilansir dari Encyclopedia Britannica - 2015, suku bangsa atau ertnik yaitu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasi dirinya dengan sesama. Kesamaan suku didasarkan pada garis keturunan. Kesukuan ditentukan dari tradisi keturunan, bahasa, budaya, dan idiologi yang sama.

 

Jenis suku bangsa di Indonesia dengan jumlah anggota terbanyak, yaitu.

1. Suku Jawa 

 

Suku  Jawa menjadi suku yang terbesar di Indonesia dan pulau Jawa. Paling banyak di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Disana orang Jawa hidup dengan kearifan lokal dan kesakralan adat budayanya. Di Suku Jawa ada kurang lebih 95.215.022 anggota atau 40,22% dari total penduduk Indonesia.

 

2. Suku Batak 

Merupakan kelompok kolektif yang terdiri dari beberapa suku yang berasal dari wilayah Sumatera Utara.

Di sana ada beberapa dari suku Batak, seperti Suku Batak Toba, Batak Pakpa, Batak Mandailing, dan Batak Karo. Jumlah anggota suku Batak  kurang lebih 8.466.969 orang atau 3,58% dari jumlah penduduk Indonesia.

3. Suku Dayak

 

Suku Dayak yaitu salah satu suku yang banyak mendiami Pulau Kalimantan. Disana masih kental dengan adat istiadat. Mulai dari kesenian, ritual atau kebudayaannya. Anggota suku Dayak mencapai kurang lebih 3.009.494 atau 1,27% dari jumlah penduduk Indonesia.

 

4. Suku Asmat

Suku Asmat merupakan suku terbesar di Papua. Suku Asmat memiliki kearifan lokal yang luar biasa, karena sangat menghormati alam dan kehidupan para pendahulunya. Populasi suku Asmat terbagi dalam dua bagian.

Yakini masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dan tinggal di pedalaman. Cara hidup , dialek, dan struktur sosial di kedua bagian tersebut berbeda.

 

5. Suku  Minahasa

Suku Minahasa yaitu salah satu suku yang terbesar di Sulawesi. Suku ini Keberadaannya sudah cukup lama. Anggota suku Minahasa sekitar 1.237.177 atau 0,52% dari jumlah penduduk Indonesia.

6. Suku Melayu

 

Suku Melayu merupakan sebuah kelompok etnik dari orang-orang  Austranesia khususnya yang mendiami Semenanjung Malaya.

Penduduk suku ini tersebar hingga keluar Sumatera dengan mengikuti perkembangan Kerajaan Sriwijaya. Jumlah suku Melayu kurang lebih 5.365.399 orang atau 2,27% dari jumlah penduduk Indonesia.

7. Suku Sunda

 

Suku Sunda merupakan kelompok etnis yang berasal dari barat pulau Jawa tepatnya di Provinsi Jawa Barat. Mereka juga tersebar di wilayah lain, seperti Banten, Jakarta dan wilayah barat di provinsi Jawa Tengah. Anggota suku Sunda cukup besar, mencapai 39.701.670 orang atau 15,5% dari total penduduk Indonesia.

8. Suku Madura

 

Suku Madura berada di provinsi Jawa Timur tepatnya di pulau Madura dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Mereka adalah salah satu etnis terbesar di Indonesia. Orang  suku Madura di kenal dengan bahasa yang blak- blakan. Selain itu orangnya dikenal disiplin, hemat dan rajin bekerja. Anggota suku Madura berkisaran 7.178.356 orang atau 3,03%  dari total penduduk Indonesia.

9. Suku Betawi

 

Suku Betawi mayoritas penduduknya tinggal di pulau Jawa tepatnya di DKI. Jakarta. Mereka adalah keturunan penduduk yang bermukim di Batavia sejak abad ke- 17. Jumlah anggotanya cukup banyak sekitar 6.807.968 orang atau 2,88% dari jumlah penduduk Indonesia.

10. Suku Bugis

 

Suku Bugis anggota suku Bugis mencapai 6.359.700 orang atau  2,69% dari jumlah penduduk Indonesia. Mereka adalah kelompok etnis yang berasal dari Sulawesi Selatan.