Aneh Tapi Nyata, Hanya di India adanya Pernikahan Katak

Nikekuko - Tradisi unik juga ada di India. Bukan manusia yang menikah, melainkan sepasang katak.  Konon katanya, pernikahan ini dilakukan untuk meminta hujan.

Aneh Tapi Nyata, Hanya di India adanya Pernikahan Katak

 

India adalah negara yang punya tradisi dan ritual yang menarik untuk kita ketahui, dan bagi sebagian orang merasa unik. Misalnya pernikahan katak ini.

 

Pernikahan katak ini sudah menjadi tradisi yang di lakukan oleh warga desa Bordolini yang terletak di wilayah Assam, India. Ritual pernikahan katak dilangsungkan ketika musim kemarau panjang dan hujan tak kunjung datang.

 

Sepasang katak yang sudah terpilih akan diberi nama sesuai dengan kisah Ramayana. Yang jantan akan diberi nama Rama, sedangkan pasangan katak betinanya akan diberi nama Shinta.

 

Setelah diberi nama, sepasang katak ini akan melewati proses pernikahan tradisional Hindu layaknya sepasang manusia. Sepasang katak ini akan dimandikan, dibersihkan, diberi pakaian (kain sari) dan juga dikalungi bunga. Bahkan, katak ini juga diolesi sindoor, makeup khas India layaknya pengantin  manusia.

 

Kemudian, para petani desa akan mengadakan pesta untuk merayakan "pernikahan katak" Mereka juga menari dan bernyanyi seperti di film-film India yang ada di televisi yang pernah kita tonton.

 

Setelah pesta usai, pengantin katak ini akan di arak menuju ke rawa-rawa. Pasangan katak ini kemudian akan dilepaskan kembali ke habitatnya. Setalah rangkaian prosesi selesai, para petani akan berdoa kepada Dewa Indra supaya kekeringan di desa mereka berakhir.  Unik, kan!! !!!?