Pernikahan di India, Unik Manusia dengan Anjing atau Pohon

 

Pernikahan di India Unik Manusia dengan Anjing atau Pohon

Nikekuko - Negara India adalah destinasi dengan segudang tradisi unik. Kalau beruntung saat jalan-jalan ke pelosok india , Anda bisa melihat orang menikah dengan anjing, atau pohon.

 

Menyusuri  Jharkhand, 400 km arah barat dari Kolkata, terdapat sebuah tradisi pernikahan unik disana. Manusia bisa menikahi anjing. Bukan menikah sungguhan, tapi itu ritual yang dipercaya dapat membuang sial, dan menumbuhkan keberuntungan dimasa depan.

 

Kepercayaan ini turun temurun dipercaya oleh masyarakat Hindu setempat. Konsep seperti ini jika yang menikah adalah perempuan, anjingnya harus lah jantan. Begitupun sebaliknya.

 

Menikahi anjing dapat dipercaya dapat menghilangkan sial dan keburukan yang ada di diri seseorang. Mereka percaya, kesialan tersebut akan dipindahkan ke tubuh anjing. Setelah menikah dengan anjing pun, mereka diperbolehkan untuk menikah dengan manusia, karena tujuan utamanya yang merupakan membuang sial.

 

Dari berbagai sumber yang ditelusur, ada lah tradisi lain, yaitu menikahi pohon. Istilah ini dinamakan 'Kumbh Vivah'. Biasanya, orang yang harus menikah dengan pohon yaitu orang 'Manglik', yang merupakan kondisi kombinasi astrologi Hindu, saat planet Mars terletak dalam posisi yang unik.

 

Perempuan yang lahir dalam astrologi Manglik inilah yang di anggap sial, sehingga ia harus membuang kesialannya dengan menikahi pohon. Kalau tidak laki-laki akan mendapatkan sial, atau yang paling parah yaitu meninggal.

 

Umumnya, pernikahan dengan pohon ini banyak ditemui di  negara bagian Bihar, India Utara. Tepatnya berada di desa Dharhara.

 

Setelah menikah dengan pohon pun, ia dapat menikah dengan pasangan yang dipilihnya, tidak jauh berbeda dengan menikahi anjing. Intinya, untuk membuang kesialan dan nasib buruk yang akan terjadi.