Beda Jenisnya, Beda Pula Manfaatnya Kurma yang Ada di Indonesia

Nikekuko - Buah kurma merupakan buah yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, terutama saat bulan Ramadan. Memahami dan menilik  jenis kurma di Indonesia dan manfaatnya untuk kesehatan.


Jenis kurma di Indonesia jumlahnya cukup beragam. Saat ini  tak hanya  berasal dari Timur Tengah saja.Namun Idonesia juga memiliki jenis kurma yang tumbuh subur meskipun iklim diIndonesia iklim tropis.


Setiap jenis kurma kaya akan manfaat. Masing-masing buah kurma tinggi nilai gizi seperti vitamin, serat, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini bermanfaat menjaga kesehatan tubuh.
Berikut jenis kurma di Indonesia dan manfaatnya.


1.Kurma ajwa

 

Beda Jenisnya, Beda Pula Manfaatnya Kurma yang Ada di Indonesia

 

Kurma nabi atau yang sering disebut Kurma ajwa  adalah salah satu kurma yang terkenal dan banyak dicari di Indonesia. Yang berasal dari wilayah Arab Saudi bagian barat.


Keistimewaan  kurma ajwa adalah memiliki warna hitam dengan rasa yang tidak terlalu manis. Kurma ajwa lebih lembut teksturnya ketika digigit


Manfaat kurma ajwa

 

Menurut hasil penelitian King Saud University, kurma ajwa bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan sel.  Komposi kandungan glikosida dan flavonoid pada kurma ajwa yang tinggi berguna sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas.


Kurma ajwa juga disebut bermanfaat menjaga kesehatan otak. Kurma ajwa memiliki gula yang bersifat monosakarida juga bisa dikonsumsi bagi penderita diabetes tipe-2.
 

2. Kurma Sukari

 

Beda Jenisnya, Beda Pula Manfaatnya Kurma yang Ada di Indonesia

 

 Varietas kurma di Indonesia yang juga banyak disukai adalah kurma sukari. Justru disebut sebagai kurma keluarga kerajaan Arab Saudi kurma Sukari. Yang berasal dari daerah budidaya di Al Qaseem, Arab Saudi.

Rasa yang legit, manis serta daging yang lembut ada pada kurma Sukari.
 

Manfaat Kurma Sukari

Disinyalir National Center for Biotechnology Information, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kurma sukari bermanfaat sebagai antioksidan.
 

Kandungan gula alami seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa dalam kurma sukari mudah dicerna sehingga bisa meningkatkan energi.
Buah kurma sukari juga mengandung vitamin A yang berperan menjaga sistem imunitas tubuh.Kandungan kurma sukari juga mengandung nutrisi penting lainnya magnesium, florida, zat besi serta asam amino.
 

3. Kurma barhi
 

Beda Jenisnya, Beda Pula Manfaatnya Kurma yang Ada di Indonesia

Buah kurma barhi atau berhee merupakan jenis kurma di Indonesia yang berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara.

 

Struktur kurma barhi lebih kecil dan memiliki tekstur yang renyah dengan lapisan kulitnya yang tipis. Daging kurma barhi terasa lembut.
 

Manfaat Kurma Barhi
 

Komposisi nutrisi kurma barhi hampir sama dengan jenis kurma lain yaitu kaya akan serat, zat besi, kalium, vitamin B, flavonoid, dan antioksidan. 

 

Kurma barhi yaitu flavonoid yang merupakan antioksidan, bermanfaat mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, serta kanker.

 

Di dalam dunia kesehatan seperti kurma barhi ini berguna dalam mengontrol gula darah karena adanya pemanis alami.
 

4. Kurma medjool
 


Di Indonesia yang juga populer adalah jenis kurma medjool. Banyak datang dari Maroko dan juga mulai ditanam di Amerika Serikat hingga Afrika kurma medjool ini.
Tekstur kurma medjool sedikit lebih besar dari jenis kurma lain dengan warna yang gelap. Cita rasa kurma medjool cenderung seperti karamel.
 

Beda Jenisnya, Beda Pula Manfaatnya Kurma yang Ada di Indonesia

Manfaat kurma medjool
 

Disinyalir Healthline, kurma medjool mengandung karbohidrat, gula, serat, kalium, protein, lemak, zat besi, dan tembaga.
Kurma medjool sangat bermanfaat   baik untuk kesehatan jantung. Komposisi antioksidan dalam kurma medjool dan serat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).
Makan rutin kurma medjool juga dapat melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi.
 

5. Kurma deglet noor
 

 

Beda Jenisnya, Beda Pula Manfaatnya Kurma yang Ada di Indonesia

 Manfaat kurma baik untuk kesehatan.Tak semua jenis kurma memiliki rasa manis. Tipe kurma deglet noor memiliki rasa yang tidak terlalu manis dengan ukuran lebih kecil dan berwarna kuning cerah.Pengembang biakan/budidaya kurma deglet noor menyebar dari Aljazair, Tunisia, Libya, hingga Amerika Serikat.
 

Manfaat kurma deglet noor
 

Penelitihan kesehaatan dunia menunjukkan rutin mengonsumsi kurma deglet noor terbukti bermanfaat menjaga kesehatan tubuh.
 

Disinyalir dari Health Benefits Times, kandungan serat kurma deglet noor dapat mencegah sembelit serta baik untuk kesehatan usus.
 

Pada penelitian kesehatan pada penderita disfungsi seksual juga menunjukkan bahwa serbuk kurma yang mengandung estradiol dan flavonoid berfungsi meningkatkan kesuburan.
 

Itulah 5 jenis kurma di Indonesia dan manfaatnya.  Mengonsumsi kurma secara rutin untuk mendapatkan manfaat tersebut bisa Anda lakukan saat ini untuk hidup lebih sehat.