Ciri-ciri Sahabat Sejati, Awas Jangan Salah Teman

Ciri-ciri Kawan Sejati, Awas Jangan Salah Teman
 

Nikekuko - Memiliki banyak teman memang menyenangkan. Namun terkadang kita pernah meragukan kesetiaan teman. Berharap  kita bisa mengujinya dengan satu dan lain cara.


Namun yang namanya teman sejati selalu bisa dilihat dari berbagai hal positif yang ditawarkan dalam sebuah persahabatan. Nah apa saja hal-hal tersebut?


  • Teman sejati itu jujur

Tanda-tanda utama teman sejati adalah dia pasti jujur. Ada pun dia tidak suka menceritakan semua aktivitas dan rahasianya dan itu tidak masalah. Terutama adalah dia berterus-terang mengenai siapa dirinya dan apa motivasinya. Apa bila ada sesuatu yang keliru, dia akan menjelaskannya.


  •  Teman sejati itu seru, unik dan menarik

Awal mulanya kita berteman dengan seseorang karena dia seru, unik,dan menarik. Yang berarti mereka teman yang cocok dan punya minat yang sama. Berteman dengan mereka secara suka rela dan ikhlas bukan karena terpaksa.

 

  • Teman sejati itu memberi perhatian dan mau beradaptasi

 

Sebagai teman yang baik paling tidak menjadi pendengar yang baik. Teman yang baik akan  memperhatikan bagaimana hal sehari-hari yang aneka macam mempengaruhi kita. 

Teman yang dikatakan baik  tidak bisa membaca pikiran tapi tahu kapan kita sedang berbahagia, sedih, bersemangat,atau cemas. 

Kalau sadar dirinya melakukan sesuatu yang mengganggu, dia akan berusaha mengubah perbuatannya atau paling tidak  mendiskusikannya.


  • Teman sejati itu mendukung dan cita-cita

 Apa yang paling kita inginkan dalam hidup teman sejati selalu mengetahui . Teman sejati selalu tahu apa yang sangat  kita  cita-citakan dan membantu menjadi orang seperti yang kita inginkan. 

Teman sejati tidak akan berusaha mengubah atau menyeret kita ke dalam situasi yang membuat tidak nyaman. Teman sejati juga tidak akan membuat kita melakukan sesuatu yang membuat kita berisiko kehilangan sesuatu yang penting.

 

  • Teman sejati itu dapat dipercaya

 

Dia tidak akan berusaha mencuri pasangan, rezeki, maupun kepribadian kita. Teman sejati tidak akan menggosipkan kita terus-menerus atau berusaha merusak reputasi kita. 

Teman sejati  akan memberi tahu ketika mencemaskan kondisi kita lalu melakukan hal terbaik untuk terus menemani kita melewati kesulitan.

 

  • Kawan/Teman sejati itu menunjukkan dengan jelas bahwa dia peduli

 

Semua orang punya cara tersendiri untuk memberitahukan bahwa dia peduli pada kita. Banyak teman yang memberi pelukan erat, ada juga teman yang suka menggoda. 

Pemberi arah yang penting bahwa seseorang peduli adalah dia sering bicara dan secara umum tahu apa yang sedang kita alami. Kawan/teman sejati dia juga menunjukkan minatnya dengan perubahan yang terjadi dalam hidup kita.

 

  • Kawan/Teman sejati itu ada bersama kamu di saat senang dan susah

 

Keiklasan dan kesabaran serta kesetiaan adalah ciri yang dicantumkan hampir oleh semua orang ketika diminta menuliskan apa yang mereka cari dari seorang teman. 

Dia yang setia akan tetap di sisi apa pun masalah yang kita alami, orang tua bercerai, pasangan mencampakkan, atau kita sedang tak punya uang. 

Kalau kita pindah bekerja atau rumah, dia melakukan hal terbaik untuk terus berhubungan.


  • Kawan/Teman sejati itu menerima apa adanya, bahkan jika kita bukan siapa-siapa

Di lingkungan persahabatan, menerima dan setia itu saling berkaitan. 

Dia menerima tanpa banyak protes dan tahu cara mengatasi kekurangan dan keanehan kita. 

Kawan/Teman sejati juga  sabar ketika kita membuat kesalahan, bahkan yang fatal. Teman sejati akan belajar memaafkan ketika kita menyakitinya.