Keistimewaan Kangkung bagi Kesehatan, Menyehatkan Mata dan Jantung

 

Keistimewaan Kangkung bagi Kesehatan, Menyehatkan Mata dan Jantung

Nikekuko -  Ipomoea aquatica adalah nama ilmiah dari Kangkung merupakan jenis sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Banyak disukai oleh banyak kalangan  masyarakat dan disenamgi oleh para ibu rumah tangga karena  sangat mudah untuk  diolah dengan cara ditumis atau pun direbus.


Pada pertumbuhannya, kangkung membutuhkan banyak air.
Sayuran Kangkung memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Kemudian  daunnya mengandung banyak vitamin dan kaya antioksidan serta mineral.


Tetapi, kangkung mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, yaitu akan berpengaruh keadaan konsenterasi mata  menjadi mengantuk.


Pengaruh  tersebut berasal dari kandungan senyawa-senyawa yang menekan susunan syaraf pusat. Kandungan senyawa itulah yang menyebabkan efek sedasi atau anestesi.


Walaupun begitu, kangkung tetaplah sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan menjadi favorit, satu di antaranya lantaran harganya yang terjangkau serta mudah didapatkan di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan.


Selanjutnya ini manfaat kangkung bagi kesehatan.


  • Mengandung Iodium dan Seng Tinggi


Mengandung  zat yodium dan seng dalam setiap 1 ons kangkung dapat mencapai hingga 2,2 mili gram. Oleh karena  itu, cukup potensial menjadi metode alternatif untuk menyembuhkan anemia.


Selanjutnya, dapat digunakan untuk menstabilkan darah hemoglobin sehingga Anda tidak merasa pusing atau lemah. 

Tensi darah Anda akan selalu normal dan stabil ketika Anda memasukkan kangkung ke dalam menu harian Anda.

 

  • Membantu Sistem Pencernaan

 

Bagi yang susah BAB atau sembelit, akan jauh lebih baik bagi Anda untuk mengonsumsi banyak sayuran, terutama kangkung yang kaya serat dan vitamin. 

Sayur Kangkung memiliki lebih banyak vitamin dan serat yang sangat penting untuk memperlancar sistem pencernaan Anda.


Tetapi, Anda perlu memperhatikan masakan yang terbuat dari bayam termasuk bayam air/ kangkung lebih baik tidak dihangatkan setelah delapan jam sejak dimasak karena akan mengandung racun yang akan menginfeksi dan berbahaya bagi tubuh dan perut Anda.

 

  • Banyak Mineral untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

 

Sayur Kangkung mengandung banyak air untuk membantu ginjal Anda menyaring darah.  Kandungan air yang ada pada sayur kangkung adalah sekitar 82 gram untuk setiap 100 gram. Begitu sangat sehat dan baik bagi ginjal Anda untuk bekerja secara optimal dan menyaring darah di sepanjang pembuluh darah.

  • Sumber Nutrisi

 

Nutrisi sangat baik untuk kesehatan mata. Misalnya sayuran lain yang mengandung vitamin A tinggi, kangkung mengandung beta karoten yang akan mencerahkan mata Anda.
Manfaat lainnya adalah menjaga mata agar tidak memiliki penglihatan yang rendah. Oleh sebab itu, mulailah masukkan kangkung ke menu harian Anda.

 
  •  Pencegahan Radikal Bebas

Keistimewaan kangkung selanjutnya ialah mencegah radikal bebas. Sel-sel dapat dihancurkan dengan banyak mengonsumsi kangkung radikal bebas yang mengendap di dalam tubuh.


Dengan Anda  mengkonsumsinya setiap hari sebagai pilihan menu harian karena kandungan vitamin C dan antioksidan, yang akan membantu Anda menyerap racun dan membuangnya dari tubuh.


Tidak dianjurkan dalam pengolahannya terlalu lama memasak kangkung, cukup kukus atau rebus saja. Dengan cara itu secara alami akan membersihkan tubuh dari racun berat yang terkandung di dalam tubuh.

 

  •  Daya Kekebalan Tubuh

Kalau Anda atau keluarga Anda sering menderita demam atau mudah sakit, hal itu berarti sistem kekebalan Anda buruk. Dengan cara mencegahnya, Anda dapat memanfaatkan kangkung.
 

Sayur kangkung dapat memperbaiki kekebalan tubuh karena mengandung vitamin B1, B2, B3, dan B6 yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh agar diregenerasi dengan baik.


oleh sebab itu Anda dapat mengonsumsi kangkung air minimal empat kali seminggu untuk memiliki sistem kekebalan yang lebih baik.


  • Mencegah Kanker

 

Mengatasi  lebih baik daripada mengobati. Di saat Anda masih muda dan sehat, Anda perlu mencegah diri supaya terhindar dari kanker dan tetap mempertahankan gaya hidup sehat.


Namun,Anda harus mengikuti peraturan kesehatan dan jangan mengabaikan efek kanker bagi tubuh Anda karena itu bukan penyakit yang mudah dan sederhana.


Banyak sekali manfaat kangkung di antaranya, dapat mencegah Anda terkena kanker karena mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan mineral yang akan mencegah kanker masuk ke tahap yang lebih buruk.


Sayur kangkung diakui sebagai satu di antara sayuran terbaik untuk menyembuhkan dan mencegah kanker.


  • Menyehatkan Jantung


Kebiasaan  hidup yang tidak sehat dapat memicu serangan jantung dan membuat potensi yang lebih besar untuk menderita serangan jantung. Oleh sebab itu, mulai konsumsi kangkung setiap hari untuk menyembuhkan dan mencegah serangan jantung.


Sayur Kangkung memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang dapat menjaga kesehatan jantung dan menjaganya agar bebas dari penyumbatan kolesterol.

 

  • Mengurangi Tensi Darah Tinggi


Keistimewaan  kangkung selanjutnya ialah mengurangi tekanan darah tinggi. Sayur Kangkung kaya akan kalium. Sayur Kangkung juga memiliki mineral seimbang yang sangat berguna untuk hipertensi dan stroke.


Zat Asam folat yang dikandung kangkung akan membantu Anda mengurangi tekanan darah tinggi dan mengendurkan pembuluh darah yang akhirnya akan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.