KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 6 SD Halaman 66 67 68 69 70 Buku Tema Aneka Tari Tradisional

 

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 6 SD Halaman 66 67 68 69 70 Buku Tema Aneka Tari Tradisional

 Halaman 66 - 67

Berhubungan dengan bacaan di atas, tuliskan kembali gagasan utama dari bacaan dan informasi penting yang mendukung gagasan utama tersebut.



Nama: Isi nama masing-masing siswa

Meja Gagasan Utama: Mengenal bulan dan pengaruh gravitasinya

Informasi Penting:
 

- Pada permukaan Bulan sedikit lebih cerah daripada aspal cair.

- Sedangkan posisi Bulan yang menonjol di langit.

- Mengakibatkan Pengaruh gravitasi Bulan sehingga terjadinya pasang surut di lautan.

-  Dengan jarak orbit Bulan dari Bumi sekitar tiga puluh kali dari diameter Bumi.

Ayo Mengamati
 

Anda sudah banyak melakukan kegiatan hari ini, baik yang Anda lakukan sendiri maupun yang Anda lakukan bersama kelompok Anda. Mengerjakan sebuah kegiatan secara individu dan berkelompok tentu saja berbeda tantangannya.  Dan ketika berkegiatan sendiri, Anda  harus melakukan semuanya sendiri. Tetapi, ketika melakukan kegiatan berkelompok, Anda harus mampu bekerja sama, berkolaborasi, dan berkoordinasi dengan yang lain.
 

Pada berkesenian pun ada kegiatan yang dilakukan secara individu ada juga yang dilakukan secara berkelompok. Tatkala menari, ada beberapa tarian yang dilakukan secara berkelompok,


Ayo, kita cari informasi tentang menari secara berkelompok!
 

Selanjutnya 4 contoh tari yang dilakukan secara kelompok.

Tari Bedhaya Ketawang dari Surakarta

Pada tari Bedhaya Ketawang merupakan tarian sakral yang dipentaskan dalam Istana Kasunanan Surakarta Jawa Tengah (Keraton Solo). Serta pementasannya dilakukan satu kali dalam setahun, yaitu ketika upacara penobatan raja baru atau peringatan penobatan raja (Sunan). Dan ada juga yang menyebut tarian ini sebagai tarian langit karena Tari Bedhaya Ketawang diiringi dengan musik pokok bentuk ketawang (Jawa) yang berarti langit. 

 

Tari Bedhaya Ketawang merupakan tarian sakral yang suci atau bersih karena memiliki persyaratan tertentu. Tak hanya itu, juga menyangkut pemujaan dan persembahan kepada sang Pencipta.
 

Seni Tari Bedhaya Ketawang diperagakan oleh sembilan orang penari wanita yang berbusana, tata rias serta gerak tarian yang sama. Dengan kualitas gerak halus cenderung lembut atau pelan dan diiringi seperangkat gamelan Jawa.

Tari Serimpi dari Jawa Tengah
Seni tari Serimpi merupakan tari klasik yang berasal dari Jawa Tengah. Dan tari klasik sendiri mempunyai arti sebuah tarian yang telah mencapai kristalisasi keindahan yang tinggi dan sudah ada sejak zaman masyarakat feodal serta lahir dan tumbuh di kalangan istana.
 

Seni tari Serimpi yang sudah banyak dipentaskan ini memiliki gerak lemah gemulai yang menggambarkan kesopanan dan kehalusan budi. Serta kelemah lembutan ragam gerak yang ditunjukkan dari gerakan yang pelan serta anggun dengan diiringi suara musik gamelan.

Sudah sejak zaman kuno, Tari Serimpi sudah memiliki kedudukan yang istimewa di keraton-keraton Jawa dan tidak dapat disamakan dengan tari yang lain karena sifatnya yang sakral. Dahulu, Tari Serimpi hanya boleh dipentaskan oleh orang-orang yang dipilih keraton.  Tari Serimpi memiliki tingkat kesakralan yang sama dengan pusaka atau bendabenda yang melambang kekuasaan raja yang berasal dari zaman Jawa Hindu, meskipun sifatnya tidak sesakral Tari Bedhaya.



 Tari Pakarena dari Sulawesi Selatan

Seni tari Pakarena merupakan tarian tradisional dari Sulawesi Selatan yang diiringi oleh alat musik 2 (dua) kepala drum (gandrang) dan sepasang instrumen alat semacam suling (puik-puik). Sedangkan tari Pakarena yang selama ini dimainkan oleh maestro Tari Pakarena, Maccoppong Daeng Rannu (alm), di Kabupaten Gowa, terdapat jenis Tari Pakarena lain yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Selayar, yaitu Tari Pakarena Gantarang. 

 

Latar belakang dinamakan sebagai Tari Pakarena Gantarang karena tarian ini berasal dari sebuah perkampungan yang merupakan pusat kerajaan di Pulau Selayar pada masa lalu, yaitu Gantarang Lalang Bata. Dengan tarian yang dimainkan oleh empat orang penari perempuan, pertama kali ditampilkan pada abad ke 17 tepatnya tahun 1903 saat Pangali Patta Raja dinobatkan sebagai Raja di Gantarang Lalang Bata.

Tari Gantar dari Kalimantan Timur

Berdasarkan cerita yang ada, Tari Gantar ditarikan pada saat upacara adat tertentu. Mempunyai versi cerita lain yang mengatakan bahwa Tari Gantar merupakan tarian yang dipentaskan pada saat upacara pesta tanam padi. Properti yang digunakan adalah sebuah tongkat panjang kurang lebih 60 cm dan ujungnya dihiasi rumbai-rumbai. Serta digunakan Tongkat panjang  dalam menari berfungsi untuk melubangi tanah.
 

Sedangkan Bambu yang pendek digunakan untuk menaburkan benih padi pada lubangannya. Susunan gerak hentakan kaki menggambarkan cara menutup lubang pada tanah yang telah ditaburi benih padi.



Menurut  informasi yang kamu peroleh tentang contoh-contoh tarian yang ditarikan secara berkelompok, buatlah kartu informasi yang berisi tentang informasi dari tari-tarian tersebut.

Jawaban:

1. Tari Bedhaya Ketawang

- Tari Bedhaya Ketawang merupakan tarian sakral yang dipentaskan dalam istana Kasunanan Surakarta Jawa Tengah (Keraton Solo).

- Pada pementasannya dilakukan satu kali dalam setahun, yaitu ketika upacara penobatan raja baru atau peringatan penobatan raja (Sunan).

- Tari Bedhaya Ketawang merupakan tarian sakral yang suci atau bersih karena memiliki persyaratan tertentu.

- Tari Bedhaya Ketawang diperagakan oleh sembilan orang penari wanita yang berbusana, tata rias serta gerak tarian yang sama.

- Pada kualitas gerak halus cenderung lembut atau pelan dan diiringi seperangkat gamelan Jawa.

2.  Tari Serimpi

-  Tari Serimpi merupakan tari klasik yang berasal dari Jawa Tengah.

-  Tari Serimpi arti sebuah tarian yang telah mencapai kristalisasi keindahan yang tinggi dan sudah ada sejak zaman masyarakat feodal serta lahir dan tumbuh di kalangan istana.

- Sudah sejak zaman kuno, Tari Serimpi sudah memiliki kedudukan yang istimewa di keraton-keraton Jawa dan tidak dapat disamakan dengan tari yang lain karena sifatnya yang sakral.

- Tari Serimpi mempunyai tingkat kesakralan yang sama dengan pusaka atau benda benda yang melambang kekuasaan raja yang berasal dari zaman Jawa Hindu, meskipun sifatnya tidak sesakral Tari Bedhaya.

3. Tari Pakarena

- Tari Pakarena merupakan tarian tradisional dari Sulawesi Selatan yang diiringi oleh alat musik 2 (dua) kepala drum (gandrang) dan sepasang instrumen alat semacam suling (puik-puik).

- Latar belakang dinamakan sebagai Tari Pakarena Gantarang karena tarian ini berasal dari sebuah perkampungan yang merupakan pusat kerajaan di Pulau Selayar pada masa lalu, yaitu Gantarang Lalang Bata.

-  Pada Tarian yang dimainkan oleh empat orang penari perempuan, pertama kali ditampilkan pada abad ke 17 tepatnya tahun 1903 saat Pangali Patta Raja dinobatkan sebagai Raja di Gantarang Lalang Bata.

4. Tari Gantar

- Berdasarkan cerita yang ada, Tari Gantar ditarikan pada saat upacara adat tertentu. Di ketahui versi cerita lain yang mengatakan bahwa Tari Gantar merupakan tarian yang dipentaskan pada saat upacara pesta tanam padi.

- Serta di gunakan tongkat panjang dalam menari berfungsi untuk melubangi tanah.

- Contoh gerak hentakan kaki menggambarkan cara menutup lubang pada tanah yang telah ditaburi benih padi.

*) Disclaimer : Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.***