Tips Memilih Smartphone

 

Tips Memilih Smartphone

Nikekuko - Berbagai macam tipe dan jenis smartphone yang tersedia saat ini dengan harga berbeda dan sistem operasi berbeda.  Hal semacam ini bisa membuat masyarakat yang belum memiliki smartphone kebingungan. 

Hal ini sebenarnya ada langkah-langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk membeli smartphone yang sesuai dengan kebutuhan kita dan anggaran uang yang kita miliki, adalah 

- menentukan sistem operasi (operating system atau OS), 

- lalu pilih fitur-fitur dan 

- harga yang sesuai supaya kalian bisa menemukan model yang tepat. 

Jika kalian memahami langkah-langkah ini, diharapkan kalian bisa memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan, dengan harga yang tidak menguras kantong.

Pilih operating system (OS)


1. Pelajarilah beberapa perbedaan dasar di antara berbagai OS:


-iOS biasanya dipakai oleh iPhone, iPad dan iPod milik Apple. OS ini dikenal karena mudah digunakan, fitur keamanannya dan integrasi yang mudah dengan produk Apple lainnya.

- Integrasi dengan layanan Google ada pada Android, kemudahannya untuk diubah-ubah dan harganya yang murah.

- Buatan Microsoft jarang digunakan pada Windows Phone, menekankan integrasi dengan produk-produk Microsoft. Ada beberpaa model, smartphone dengan Windows Phone memiliki kamera yang canggih.

-  Bandingkan  dan lihat tampilan masing-masing OS dan pilihlah yang kalian anggap paling menarik.

2. Tentukan kisaran harga

 
Pada smartphone dengan iOS (iPhone) biasanya lebih mahal dibandingkan Android. Dimana para produsen smartphone, Apple dan Samsung menjual smartphone dengan harga mahal mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 10 juta.


Terkadang smartphone dibundling atau dijual secara paket dengan kartu dari operator seluler tertentu. Harganya lebih murah, tapi hanya bisa digunakan dengan kartu dari operator seluler itu alias dikunci.


3. Pertimbangkan perangkat lain yang kalian gunakan

Apabila kalian sudah memiliki tablet atau komputer atau laptop, hal ini bisa menjadi pertimbangkan. 

Pakailah smartphone dengan OS yang bisa dipasangkan dengan komputer atau laptop dengan mudah. Beberapa yang dipunyai  smartphone yang memang mudah dipasangkan dengan komputer atau laptop tertentu. Contohnya iPad dan Mac bisa dipasangkan dengan mudah dengan iPhone.
 

Kalau Anda sering memakai produk Google (Gmail, Gmaps, Chrome dll) smartphone Android mungkin menjadi pilihan yang tepat karena terintergrasi dengan layanan Google.


4. Pilih fitur-fitur yang dibutuhkan

- Pada semua OS memiliki fitur-fitur tertentu yang berbeda. Jenis fitur-fitur dasar yang biasanya ditawarkan adalah email, browsing, dan peta.

- Fitur-fitur ekslusif seperti Siri, scan sidik jari, chat FaceTime dan dukungan iCloud dimiliki oleh iOS
 

- Pengaturan dan pengubahan tampilan home yang mudah, kemudahan menginstal aplikasi pihak ketiga yang dimiliki oleh Android punya Google Now. Kebanyakan smartphone Android punya sensor sidik jari, penyimpanan awan untuk foto, dukungan Google Drive dll.

- Pada Windows Phone punya Cortana, dan terintergrasi dengan layanan seperti Word, Excel, PowerPoint dan PDF.


5. Pilihlah aplikasi yang ingin digunakan


Hampir pada setiap aplikasi populer seperti Microsoft Office, Gmail, Google Maps tersedia untuk berbagai OS. Namun ada juga aplikasi yang bersifat ekslusif untuk OS tertentu (iMessage, Facetime dan Google Now misalnya).  Sehingga iOS dan Android dikenal memiliki banyak aplikasi.


Memilih model smartphone

1. Pilih ukuran layar 

Menentukan  ukuran layar diukur dari ujung ke ujung secara diagonal. Yang akhirnya ukuran layar tergantung pada selera masing-masing orang. Pada  layar kecil berarti gampang dimasukkan ke kantong dan lebih murah.  Sedangkan layar yang lebih besar cocok untuk menonton video.


2. Model lama atau baru


Pada smartphone model baru biasanya lebih cepat dan kuat tapi lebih mahal. Sedangkan smartphone model lama lebih murah tapi biasanya susah menjalankan aplikasi baru.

3. Pilih ukuran tempat penyimpanan


Ruang  penyimpanan internal (internal memory) pada smartphone diukur dalam GB atau gigabytes. Digunakan untuk menyimpan file (foto, video, aplikasi) di memori internal. Besar kecilnya memori internal ini menentukan harga smartphone.
 

Dianjurkan untuk memilih ukuran minimal 8 GB mengingat semakin canggih teknologi sekarang ini membuat aplikasi dan OS berukuran besar. Jika kalian memilih memori internal di bawah 8GB, kemungkinan kalian hanya bisa menyimpan sedikit file dan menginstal sedikit aplikasi karena sebagian besar memori dipakai untuk memasang OS. Pada memori berukuran 16GB diperkirakan bisa menyimpan 10 ribu foto atau 4000 lagu.

Disamping  tempat penyimpanan internal, beberapa model Android mendukung tempat penyimpanan eksternal berupa microSD.  Sedangkn file-file yang disimpan bisa dipindah ke tempat penyimpanan eksternal. Sedangkan  iPhone tidak mendukung microSD.

4. Pertimbangkan kualitas kamera

Keunggulan kamera yang ditawarkan berbeda tergantung brand dan model smartphone. Bertambah tinggi kualitas kamera yang ditawarkan semakin mahal harga smartphone itu. Hal ini melihat atau mengukur kualitas kamera, kalian bisa mencari di internet contoh hasil foto yang diambil smartphone model tertentu.

Rata-rata smartphone modern dilengkapi dengan kamera depan dan belakang dan mendukung aksesoris kamera.

5. Pertimbangkan daya tahan baterai


Kecanggihan  baterai berkembang secara perlahan-lahan. Pada smartphone model baru biasanya menawarkan baterai berdaya tahan lama. Beda hal cara penggunaan kita menentukan berapa lama baterai bertahan. Kalau  kita gemar menelepon, bermain game dan berada di daerah yang miskin sinyal, baterai smartphone mudah terkuras.

Umumnya  baterai smartphone bisa digunakan selama 8-18 jam sebelum harus diisi kembali. Biasanya model smartphone Android mahal tidak mendukung penggantian baterai.  Pada iPhone juga tidak mendukung penggantian baterai untuk model lama ataupun baru.

Ada  pula smartphone Android model baru memakai teknologi quick charge atau pengisian baterai cepat. kecanggihan ini bisa mengisi baterai berukuran besar dengan cepat.